Implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen / Yoga Danu Pradana
Main Author: | Pradana, Yoga Danu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55814/ |
ctrlnum |
55814 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/55814/</relation><title>Implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen / Yoga Danu Pradana</title><creator>Pradana, Yoga Danu</creator><subject>HM Sociology</subject><description>iABSTRAKPradanaYogaDanu.2018.ImplementasiModelPembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)untukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswaPadaMataPelajaranSosiologiKelasXIISSMANegeri1Turen.SkripsiJurusanSosiologiProgramStudiPendidikanSosiologiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.NurHadiM.Pd.M.Si.KataKunciPembelajaranSosiologiMotivasiBelajarImplementasiModelPembelajaranSTADKaraktersiswadalamprosesbelajarbersifatheterogen.Modelpembelajaranyanginovatifdapatdiimplementasikankedalamkelasyangheterogenkarenadapatmendorongsiswabelajarsecaraoptimalmenyenangkandanlebihaktifdalamprosesbelajarmengajar.SalahsatumodelpembelajaraniniadalahmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)yaitusiswadibagimenjadibeberapakelompokyangterdiriatas4-5oranganggotauntukmengetahuikemampuansiswayangheterogen.Denganmodelpembelajaraninidiharapkandapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah1)BagaimanapelaksanaankegiatanpembelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1TurendenganmenggunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dan2)BagaimanaimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswapadamatapelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1Turen.Dengantujuanpenelitianadalah1)MendeskripsikanpelaksanaankegiatanpembelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1TurendenganmenggunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dan2)MengetahuipeningkatanmotivasibelajarsiswadenganimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)padamatapelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1Turen.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelasyangdilaksanakansebanyakduasiklus.Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahpendekatankuantitatifdankualitatif.DarihasilpenelitianmenunjukkanbahwaimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Peningkatanmotivasibelajarsiswadapatdiketahuidarirata-ratapresentasepratindakansebesar6912%kemudianrata-ratapresentasepadasiklusIsebesar7510%danpadasiklusIIrata-ratapresentasenyasebesar8162%.SehinggaterdapatpeningkatanmotivasibelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIsebanyak625%.Berdasarkanpenelitianinimakadisarankankepadagurumatapelajaransosiologidapatdijadikansebagaibahanmasukandalammerencanakanprosespembelajaransosiologi.Bagipenelitiselanjutnyahasiltemuaninidapatdijadikansebagaibahanpertimbangandanrefleksiuntukdigunakanpengembanganhasilpenelitian.HalinibertujuansebagailangkahpenyempurnaanimplementasimodelpembelajaranSTADdalamberbagaimaterimatapelajaransosiologiataubidangilmuyanglain.</description><date>2018-12-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Pradana, Yoga Danu (2018) Implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen / Yoga Danu Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>55814</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Pradana, Yoga Danu |
title |
Implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen / Yoga Danu Pradana |
publishDate |
2018 |
topic |
HM Sociology |
url |
http://repository.um.ac.id/55814/ |
contents |
iABSTRAKPradanaYogaDanu.2018.ImplementasiModelPembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)untukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswaPadaMataPelajaranSosiologiKelasXIISSMANegeri1Turen.SkripsiJurusanSosiologiProgramStudiPendidikanSosiologiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.NurHadiM.Pd.M.Si.KataKunciPembelajaranSosiologiMotivasiBelajarImplementasiModelPembelajaranSTADKaraktersiswadalamprosesbelajarbersifatheterogen.Modelpembelajaranyanginovatifdapatdiimplementasikankedalamkelasyangheterogenkarenadapatmendorongsiswabelajarsecaraoptimalmenyenangkandanlebihaktifdalamprosesbelajarmengajar.SalahsatumodelpembelajaraniniadalahmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)yaitusiswadibagimenjadibeberapakelompokyangterdiriatas4-5oranganggotauntukmengetahuikemampuansiswayangheterogen.Denganmodelpembelajaraninidiharapkandapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah1)BagaimanapelaksanaankegiatanpembelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1TurendenganmenggunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dan2)BagaimanaimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswapadamatapelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1Turen.Dengantujuanpenelitianadalah1)MendeskripsikanpelaksanaankegiatanpembelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1TurendenganmenggunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dan2)MengetahuipeningkatanmotivasibelajarsiswadenganimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)padamatapelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1Turen.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelasyangdilaksanakansebanyakduasiklus.Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahpendekatankuantitatifdankualitatif.DarihasilpenelitianmenunjukkanbahwaimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Peningkatanmotivasibelajarsiswadapatdiketahuidarirata-ratapresentasepratindakansebesar6912%kemudianrata-ratapresentasepadasiklusIsebesar7510%danpadasiklusIIrata-ratapresentasenyasebesar8162%.SehinggaterdapatpeningkatanmotivasibelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIsebanyak625%.Berdasarkanpenelitianinimakadisarankankepadagurumatapelajaransosiologidapatdijadikansebagaibahanmasukandalammerencanakanprosespembelajaransosiologi.Bagipenelitiselanjutnyahasiltemuaninidapatdijadikansebagaibahanpertimbangandanrefleksiuntukdigunakanpengembanganhasilpenelitian.HalinibertujuansebagailangkahpenyempurnaanimplementasimodelpembelajaranSTADdalamberbagaimaterimatapelajaransosiologiataubidangilmuyanglain. |
id |
IOS13003.55814 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:14:05Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:14:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752721928569749504 |
score |
17.13294 |