Implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen / Yoga Danu Pradana

Main Author: Pradana, Yoga Danu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55814/
ctrlnum 55814
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/55814/</relation><title>Implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen / Yoga Danu Pradana</title><creator>Pradana, Yoga Danu</creator><subject>HM Sociology</subject><description>iABSTRAKPradanaYogaDanu.2018.ImplementasiModelPembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)untukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswaPadaMataPelajaranSosiologiKelasXIISSMANegeri1Turen.SkripsiJurusanSosiologiProgramStudiPendidikanSosiologiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.NurHadiM.Pd.M.Si.KataKunciPembelajaranSosiologiMotivasiBelajarImplementasiModelPembelajaranSTADKaraktersiswadalamprosesbelajarbersifatheterogen.Modelpembelajaranyanginovatifdapatdiimplementasikankedalamkelasyangheterogenkarenadapatmendorongsiswabelajarsecaraoptimalmenyenangkandanlebihaktifdalamprosesbelajarmengajar.SalahsatumodelpembelajaraniniadalahmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)yaitusiswadibagimenjadibeberapakelompokyangterdiriatas4-5oranganggotauntukmengetahuikemampuansiswayangheterogen.Denganmodelpembelajaraninidiharapkandapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah1)BagaimanapelaksanaankegiatanpembelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1TurendenganmenggunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dan2)BagaimanaimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswapadamatapelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1Turen.Dengantujuanpenelitianadalah1)MendeskripsikanpelaksanaankegiatanpembelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1TurendenganmenggunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dan2)MengetahuipeningkatanmotivasibelajarsiswadenganimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)padamatapelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1Turen.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelasyangdilaksanakansebanyakduasiklus.Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahpendekatankuantitatifdankualitatif.DarihasilpenelitianmenunjukkanbahwaimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Peningkatanmotivasibelajarsiswadapatdiketahuidarirata-ratapresentasepratindakansebesar6912%kemudianrata-ratapresentasepadasiklusIsebesar7510%danpadasiklusIIrata-ratapresentasenyasebesar8162%.SehinggaterdapatpeningkatanmotivasibelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIsebanyak625%.Berdasarkanpenelitianinimakadisarankankepadagurumatapelajaransosiologidapatdijadikansebagaibahanmasukandalammerencanakanprosespembelajaransosiologi.Bagipenelitiselanjutnyahasiltemuaninidapatdijadikansebagaibahanpertimbangandanrefleksiuntukdigunakanpengembanganhasilpenelitian.HalinibertujuansebagailangkahpenyempurnaanimplementasimodelpembelajaranSTADdalamberbagaimaterimatapelajaransosiologiataubidangilmuyanglain.</description><date>2018-12-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Pradana, Yoga Danu (2018) Implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen / Yoga Danu Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>55814</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Pradana, Yoga Danu
title Implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen / Yoga Danu Pradana
publishDate 2018
topic HM Sociology
url http://repository.um.ac.id/55814/
contents iABSTRAKPradanaYogaDanu.2018.ImplementasiModelPembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)untukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswaPadaMataPelajaranSosiologiKelasXIISSMANegeri1Turen.SkripsiJurusanSosiologiProgramStudiPendidikanSosiologiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.NurHadiM.Pd.M.Si.KataKunciPembelajaranSosiologiMotivasiBelajarImplementasiModelPembelajaranSTADKaraktersiswadalamprosesbelajarbersifatheterogen.Modelpembelajaranyanginovatifdapatdiimplementasikankedalamkelasyangheterogenkarenadapatmendorongsiswabelajarsecaraoptimalmenyenangkandanlebihaktifdalamprosesbelajarmengajar.SalahsatumodelpembelajaraniniadalahmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)yaitusiswadibagimenjadibeberapakelompokyangterdiriatas4-5oranganggotauntukmengetahuikemampuansiswayangheterogen.Denganmodelpembelajaraninidiharapkandapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah1)BagaimanapelaksanaankegiatanpembelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1TurendenganmenggunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dan2)BagaimanaimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswapadamatapelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1Turen.Dengantujuanpenelitianadalah1)MendeskripsikanpelaksanaankegiatanpembelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1TurendenganmenggunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dan2)MengetahuipeningkatanmotivasibelajarsiswadenganimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)padamatapelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1Turen.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelasyangdilaksanakansebanyakduasiklus.Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahpendekatankuantitatifdankualitatif.DarihasilpenelitianmenunjukkanbahwaimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Peningkatanmotivasibelajarsiswadapatdiketahuidarirata-ratapresentasepratindakansebesar6912%kemudianrata-ratapresentasepadasiklusIsebesar7510%danpadasiklusIIrata-ratapresentasenyasebesar8162%.SehinggaterdapatpeningkatanmotivasibelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIsebanyak625%.Berdasarkanpenelitianinimakadisarankankepadagurumatapelajaransosiologidapatdijadikansebagaibahanmasukandalammerencanakanprosespembelajaransosiologi.Bagipenelitiselanjutnyahasiltemuaninidapatdijadikansebagaibahanpertimbangandanrefleksiuntukdigunakanpengembanganhasilpenelitian.HalinibertujuansebagailangkahpenyempurnaanimplementasimodelpembelajaranSTADdalamberbagaimaterimatapelajaransosiologiataubidangilmuyanglain.
id IOS13003.55814
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:14:05Z
last_indexed 2021-11-04T07:14:05Z
recordtype dc
_version_ 1752721928569749504
score 17.13294