Pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan variasi permainan untuk kelas VIII G di SMP Negeri 9 Malang / Fajar Kurniawan
Main Author: | Kurniawan, Fajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50350/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKurniawanFajar.2016.PengembanganPembelajaranLompatJauhGayaMenggantungMenggunakanVariasiPermainanUntukKelasVIIIGDiSMPNegeri9Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SitiNurrochmahM.Kes(II)Drs.SupriatnaM.Pd.KataKuncipengembanganpembelajaranlompatjauhvariasipermainanPembelajaranlompatjauhgayamenggantungdenganmenggunakanvariasipermainanmerupakansalahsatusolusiefektifuntukmenjawabmasalahkebosanansiswa.HasilobservasidiketahuibahwadalampembelajaranlompatjauhgayamenggantunguntukkelasVIIIGdiSMPNegeri9Malangbelummenggunakanvariasipermainanhalinidiperkuatdenganhasilanalisiskebutuhandiketahuidari28siswabahwa22siswa(79%)menyatakanbahwasiswabosanjikatidakdiberikanvariasipermainan23siswa(82%)menyatakanbahwatidakpernahdiberikanvariasipermainanolehpendidik24siswa(86%)menyatakanbahwaperludiberikanvariasipermainandalampembelajaranlompatjauhgayamenggantungdan26siswa(928%)menyatakanbahwasetujuprodukinidikemasberupamediaaudiovisual(VCD).TujuandaripenelitianpengembanganinisendiriadalahmengembangkansebuahprodukberupapembelajaranlompatjauhgayamenggantungmenggunakanvariasipermainanuntukkelasVIIIGdiSMPNegeri9Malangsekaligusmengujikelayakanprodukhasilpengembangandanhasilpengembanganyangdikemasdalambentukmediaaudiovisual(VCD).Penelitianinimerupakanjenispenelitiandanpengembanganyangmengacupadateori(ResearchandDevelopment)BorgdanGalldariyangsemula10langkahyangdikemukakanolehBorgdanGall(1983775)namunpenelitisederhanakanmenjadi7langkahkarenaketerbatasanwaktutenagasertabiaya.Padadesainujicobamengalamibeberapatahapyaitutahapevaluasiahlidenganmelibatkan1ahlipembelajaranatletik1ahlipermainan1ahlimediadanahlipendidikanjasmanidankesehatan.Sedangkanujicobakelompokkecildilakukanoleh12pesertadidikdanujicobakelompokbesardilakukan32pesertadidik.Untukpengumpulandatapenelitimenggunakaninstrumenberupaangket.Hasilevaluasiahlidiperolehahlipembelajaranatletik8431%(cukupvalid)ahlipermainanadalah8823%(sangatvalid)ahlimediaadalah7571%(cukupvalid)ahlipendidikanjasmanidankesehatanadalah9416%(sangatvalid).Untukujicobakelompokkecilsendiridiperolehpersentasesebesar8823%(sangatvalid)danuntukujicobakelompokbesardiperolehpersentasesebesar8696%(sangatvalid).Berdasarkanhasilpenelitiandiharapkanprodukyangdikembangkandapatditerapkanuntuksemuasekolah-sekolahkhususnyadalampembelajaranlompatjauh.Sertaseiringperkembanganjamandiharapkanpenyebarluasanprodukinibisadiungggahkemediasosialsepertiyoutube.