Pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan variasi permainan untuk kelas VIII G di SMP Negeri 9 Malang / Fajar Kurniawan
Main Author: | Kurniawan, Fajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50350/ |
ctrlnum |
50350 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/50350/</relation><title>Pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan variasi permainan untuk kelas VIII G di SMP Negeri 9 Malang / Fajar Kurniawan</title><creator>Kurniawan, Fajar </creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>ABSTRAKKurniawanFajar.2016.PengembanganPembelajaranLompatJauhGayaMenggantungMenggunakanVariasiPermainanUntukKelasVIIIGDiSMPNegeri9Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SitiNurrochmahM.Kes(II)Drs.SupriatnaM.Pd.KataKuncipengembanganpembelajaranlompatjauhvariasipermainanPembelajaranlompatjauhgayamenggantungdenganmenggunakanvariasipermainanmerupakansalahsatusolusiefektifuntukmenjawabmasalahkebosanansiswa.HasilobservasidiketahuibahwadalampembelajaranlompatjauhgayamenggantunguntukkelasVIIIGdiSMPNegeri9Malangbelummenggunakanvariasipermainanhalinidiperkuatdenganhasilanalisiskebutuhandiketahuidari28siswabahwa22siswa(79%)menyatakanbahwasiswabosanjikatidakdiberikanvariasipermainan23siswa(82%)menyatakanbahwatidakpernahdiberikanvariasipermainanolehpendidik24siswa(86%)menyatakanbahwaperludiberikanvariasipermainandalampembelajaranlompatjauhgayamenggantungdan26siswa(928%)menyatakanbahwasetujuprodukinidikemasberupamediaaudiovisual(VCD).TujuandaripenelitianpengembanganinisendiriadalahmengembangkansebuahprodukberupapembelajaranlompatjauhgayamenggantungmenggunakanvariasipermainanuntukkelasVIIIGdiSMPNegeri9Malangsekaligusmengujikelayakanprodukhasilpengembangandanhasilpengembanganyangdikemasdalambentukmediaaudiovisual(VCD).Penelitianinimerupakanjenispenelitiandanpengembanganyangmengacupadateori(ResearchandDevelopment)BorgdanGalldariyangsemula10langkahyangdikemukakanolehBorgdanGall(1983775)namunpenelitisederhanakanmenjadi7langkahkarenaketerbatasanwaktutenagasertabiaya.Padadesainujicobamengalamibeberapatahapyaitutahapevaluasiahlidenganmelibatkan1ahlipembelajaranatletik1ahlipermainan1ahlimediadanahlipendidikanjasmanidankesehatan.Sedangkanujicobakelompokkecildilakukanoleh12pesertadidikdanujicobakelompokbesardilakukan32pesertadidik.Untukpengumpulandatapenelitimenggunakaninstrumenberupaangket.Hasilevaluasiahlidiperolehahlipembelajaranatletik8431%(cukupvalid)ahlipermainanadalah8823%(sangatvalid)ahlimediaadalah7571%(cukupvalid)ahlipendidikanjasmanidankesehatanadalah9416%(sangatvalid).Untukujicobakelompokkecilsendiridiperolehpersentasesebesar8823%(sangatvalid)danuntukujicobakelompokbesardiperolehpersentasesebesar8696%(sangatvalid).Berdasarkanhasilpenelitiandiharapkanprodukyangdikembangkandapatditerapkanuntuksemuasekolah-sekolahkhususnyadalampembelajaranlompatjauh.Sertaseiringperkembanganjamandiharapkanpenyebarluasanprodukinibisadiungggahkemediasosialsepertiyoutube.</description><date>2017-03-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Kurniawan, Fajar (2017) Pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan variasi permainan untuk kelas VIII G di SMP Negeri 9 Malang / Fajar Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>50350</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Kurniawan, Fajar |
title |
Pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan variasi permainan untuk kelas VIII G di SMP Negeri 9 Malang / Fajar Kurniawan |
publishDate |
2017 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://repository.um.ac.id/50350/ |
contents |
ABSTRAKKurniawanFajar.2016.PengembanganPembelajaranLompatJauhGayaMenggantungMenggunakanVariasiPermainanUntukKelasVIIIGDiSMPNegeri9Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SitiNurrochmahM.Kes(II)Drs.SupriatnaM.Pd.KataKuncipengembanganpembelajaranlompatjauhvariasipermainanPembelajaranlompatjauhgayamenggantungdenganmenggunakanvariasipermainanmerupakansalahsatusolusiefektifuntukmenjawabmasalahkebosanansiswa.HasilobservasidiketahuibahwadalampembelajaranlompatjauhgayamenggantunguntukkelasVIIIGdiSMPNegeri9Malangbelummenggunakanvariasipermainanhalinidiperkuatdenganhasilanalisiskebutuhandiketahuidari28siswabahwa22siswa(79%)menyatakanbahwasiswabosanjikatidakdiberikanvariasipermainan23siswa(82%)menyatakanbahwatidakpernahdiberikanvariasipermainanolehpendidik24siswa(86%)menyatakanbahwaperludiberikanvariasipermainandalampembelajaranlompatjauhgayamenggantungdan26siswa(928%)menyatakanbahwasetujuprodukinidikemasberupamediaaudiovisual(VCD).TujuandaripenelitianpengembanganinisendiriadalahmengembangkansebuahprodukberupapembelajaranlompatjauhgayamenggantungmenggunakanvariasipermainanuntukkelasVIIIGdiSMPNegeri9Malangsekaligusmengujikelayakanprodukhasilpengembangandanhasilpengembanganyangdikemasdalambentukmediaaudiovisual(VCD).Penelitianinimerupakanjenispenelitiandanpengembanganyangmengacupadateori(ResearchandDevelopment)BorgdanGalldariyangsemula10langkahyangdikemukakanolehBorgdanGall(1983775)namunpenelitisederhanakanmenjadi7langkahkarenaketerbatasanwaktutenagasertabiaya.Padadesainujicobamengalamibeberapatahapyaitutahapevaluasiahlidenganmelibatkan1ahlipembelajaranatletik1ahlipermainan1ahlimediadanahlipendidikanjasmanidankesehatan.Sedangkanujicobakelompokkecildilakukanoleh12pesertadidikdanujicobakelompokbesardilakukan32pesertadidik.Untukpengumpulandatapenelitimenggunakaninstrumenberupaangket.Hasilevaluasiahlidiperolehahlipembelajaranatletik8431%(cukupvalid)ahlipermainanadalah8823%(sangatvalid)ahlimediaadalah7571%(cukupvalid)ahlipendidikanjasmanidankesehatanadalah9416%(sangatvalid).Untukujicobakelompokkecilsendiridiperolehpersentasesebesar8823%(sangatvalid)danuntukujicobakelompokbesardiperolehpersentasesebesar8696%(sangatvalid).Berdasarkanhasilpenelitiandiharapkanprodukyangdikembangkandapatditerapkanuntuksemuasekolah-sekolahkhususnyadalampembelajaranlompatjauh.Sertaseiringperkembanganjamandiharapkanpenyebarluasanprodukinibisadiungggahkemediasosialsepertiyoutube. |
id |
IOS13003.50350 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:13:16Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:13:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752721978379206656 |
score |
17.538404 |