Pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan variasi permainan untuk kelas VIII G di SMP Negeri 9 Malang / Fajar Kurniawan

Main Author: Kurniawan, Fajar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/50350/
ctrlnum 50350
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/50350/</relation><title>Pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan variasi permainan untuk kelas VIII G di SMP Negeri 9 Malang / Fajar Kurniawan</title><creator>Kurniawan, Fajar </creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>ABSTRAKKurniawanFajar.2016.PengembanganPembelajaranLompatJauhGayaMenggantungMenggunakanVariasiPermainanUntukKelasVIIIGDiSMPNegeri9Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SitiNurrochmahM.Kes(II)Drs.SupriatnaM.Pd.KataKuncipengembanganpembelajaranlompatjauhvariasipermainanPembelajaranlompatjauhgayamenggantungdenganmenggunakanvariasipermainanmerupakansalahsatusolusiefektifuntukmenjawabmasalahkebosanansiswa.HasilobservasidiketahuibahwadalampembelajaranlompatjauhgayamenggantunguntukkelasVIIIGdiSMPNegeri9Malangbelummenggunakanvariasipermainanhalinidiperkuatdenganhasilanalisiskebutuhandiketahuidari28siswabahwa22siswa(79%)menyatakanbahwasiswabosanjikatidakdiberikanvariasipermainan23siswa(82%)menyatakanbahwatidakpernahdiberikanvariasipermainanolehpendidik24siswa(86%)menyatakanbahwaperludiberikanvariasipermainandalampembelajaranlompatjauhgayamenggantungdan26siswa(928%)menyatakanbahwasetujuprodukinidikemasberupamediaaudiovisual(VCD).TujuandaripenelitianpengembanganinisendiriadalahmengembangkansebuahprodukberupapembelajaranlompatjauhgayamenggantungmenggunakanvariasipermainanuntukkelasVIIIGdiSMPNegeri9Malangsekaligusmengujikelayakanprodukhasilpengembangandanhasilpengembanganyangdikemasdalambentukmediaaudiovisual(VCD).Penelitianinimerupakanjenispenelitiandanpengembanganyangmengacupadateori(ResearchandDevelopment)BorgdanGalldariyangsemula10langkahyangdikemukakanolehBorgdanGall(1983775)namunpenelitisederhanakanmenjadi7langkahkarenaketerbatasanwaktutenagasertabiaya.Padadesainujicobamengalamibeberapatahapyaitutahapevaluasiahlidenganmelibatkan1ahlipembelajaranatletik1ahlipermainan1ahlimediadanahlipendidikanjasmanidankesehatan.Sedangkanujicobakelompokkecildilakukanoleh12pesertadidikdanujicobakelompokbesardilakukan32pesertadidik.Untukpengumpulandatapenelitimenggunakaninstrumenberupaangket.Hasilevaluasiahlidiperolehahlipembelajaranatletik8431%(cukupvalid)ahlipermainanadalah8823%(sangatvalid)ahlimediaadalah7571%(cukupvalid)ahlipendidikanjasmanidankesehatanadalah9416%(sangatvalid).Untukujicobakelompokkecilsendiridiperolehpersentasesebesar8823%(sangatvalid)danuntukujicobakelompokbesardiperolehpersentasesebesar8696%(sangatvalid).Berdasarkanhasilpenelitiandiharapkanprodukyangdikembangkandapatditerapkanuntuksemuasekolah-sekolahkhususnyadalampembelajaranlompatjauh.Sertaseiringperkembanganjamandiharapkanpenyebarluasanprodukinibisadiungggahkemediasosialsepertiyoutube.</description><date>2017-03-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Kurniawan, Fajar (2017) Pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan variasi permainan untuk kelas VIII G di SMP Negeri 9 Malang / Fajar Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>50350</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Kurniawan, Fajar
title Pengembangan pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan variasi permainan untuk kelas VIII G di SMP Negeri 9 Malang / Fajar Kurniawan
publishDate 2017
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://repository.um.ac.id/50350/
contents ABSTRAKKurniawanFajar.2016.PengembanganPembelajaranLompatJauhGayaMenggantungMenggunakanVariasiPermainanUntukKelasVIIIGDiSMPNegeri9Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SitiNurrochmahM.Kes(II)Drs.SupriatnaM.Pd.KataKuncipengembanganpembelajaranlompatjauhvariasipermainanPembelajaranlompatjauhgayamenggantungdenganmenggunakanvariasipermainanmerupakansalahsatusolusiefektifuntukmenjawabmasalahkebosanansiswa.HasilobservasidiketahuibahwadalampembelajaranlompatjauhgayamenggantunguntukkelasVIIIGdiSMPNegeri9Malangbelummenggunakanvariasipermainanhalinidiperkuatdenganhasilanalisiskebutuhandiketahuidari28siswabahwa22siswa(79%)menyatakanbahwasiswabosanjikatidakdiberikanvariasipermainan23siswa(82%)menyatakanbahwatidakpernahdiberikanvariasipermainanolehpendidik24siswa(86%)menyatakanbahwaperludiberikanvariasipermainandalampembelajaranlompatjauhgayamenggantungdan26siswa(928%)menyatakanbahwasetujuprodukinidikemasberupamediaaudiovisual(VCD).TujuandaripenelitianpengembanganinisendiriadalahmengembangkansebuahprodukberupapembelajaranlompatjauhgayamenggantungmenggunakanvariasipermainanuntukkelasVIIIGdiSMPNegeri9Malangsekaligusmengujikelayakanprodukhasilpengembangandanhasilpengembanganyangdikemasdalambentukmediaaudiovisual(VCD).Penelitianinimerupakanjenispenelitiandanpengembanganyangmengacupadateori(ResearchandDevelopment)BorgdanGalldariyangsemula10langkahyangdikemukakanolehBorgdanGall(1983775)namunpenelitisederhanakanmenjadi7langkahkarenaketerbatasanwaktutenagasertabiaya.Padadesainujicobamengalamibeberapatahapyaitutahapevaluasiahlidenganmelibatkan1ahlipembelajaranatletik1ahlipermainan1ahlimediadanahlipendidikanjasmanidankesehatan.Sedangkanujicobakelompokkecildilakukanoleh12pesertadidikdanujicobakelompokbesardilakukan32pesertadidik.Untukpengumpulandatapenelitimenggunakaninstrumenberupaangket.Hasilevaluasiahlidiperolehahlipembelajaranatletik8431%(cukupvalid)ahlipermainanadalah8823%(sangatvalid)ahlimediaadalah7571%(cukupvalid)ahlipendidikanjasmanidankesehatanadalah9416%(sangatvalid).Untukujicobakelompokkecilsendiridiperolehpersentasesebesar8823%(sangatvalid)danuntukujicobakelompokbesardiperolehpersentasesebesar8696%(sangatvalid).Berdasarkanhasilpenelitiandiharapkanprodukyangdikembangkandapatditerapkanuntuksemuasekolah-sekolahkhususnyadalampembelajaranlompatjauh.Sertaseiringperkembanganjamandiharapkanpenyebarluasanprodukinibisadiungggahkemediasosialsepertiyoutube.
id IOS13003.50350
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:13:16Z
last_indexed 2021-11-04T07:13:16Z
recordtype dc
_version_ 1752721978379206656
score 17.538404