Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat tinggi melalui metode bermain pada siswa kelas IV di SDN Sumberdawesari II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Kusrini

Main Author: Kusrini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/49641/
Daftar Isi:
  • KatakunciMetodebermainsiswaaktifpembelajaranlompattinggiLompattinggimerupakansalahsatucabangatletikyangdiajarkandisekolahdasar.Berdasarkanhasildataobservasiawalyangdilakukandiperolehdata/informasibahwamasihbanyaksiswayangtidakaktifdalampembelajaran.PembelajaranlompattinggipadaSDNegeriSumberdawesariIIKecamatanGratiKabupatenPasuruanmasihseringmenggunakanmetodeceramahuntukmenyampaikanmateridanmodellinguntukmemberikancontohkepadasiswa.Denganmetodeceramahdanmodelingbanyaksiswayangtidakseriusdalammengikutipelajaran.Merekakebanyakanasyikbermainsendiritanpamemperhatikanguruyangsedangberceramahdidepankelas.Untukitudalampenelitianiniditerapkanpembelajarandenganmenggunakanmetodebermain.Pembelajarandenganmertodeinimempunyaiciriyaitusiswamerasasenangbersemangatmengikutipelajarandantekundalammengikutipembelajaran.Denganmetodeinidiharapkansemuasiswadapatlebihaktifdalammengikutipembelajaranlompattinggi.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikeaktifansiswadalammengikutipembelajaranlompattinggidikelasIVSDNegeriSumberdawesariII.Dandiharapkanpulapembelajaraniniakanlebihmenarikdandapatberhasildilaksanakanolehpeneliti.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari1pertemuandengan4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNegeriSumberdawesariII.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasidokumentasidancatatanlapangan.Hasilobservasiawalpadapenelitianinimenunjukkanketidaktuntasanpadapembelajaranlompattinggikarenasiswalebihbanyakyangduduk-dudukdantidakmenghiraukanmateriyangdiberikanolehgurusebanyak6842%menjadi9615%.NamunpadasiklusIdanIIsudahdapatdiketahuibahwaterjadipeningkatankeaktifanyangsangatberartibagigurupendidikanjasmaniyaituindikatorsenangdari6933%menjadi8266%semangat7066%menjadi80%dantekun7266%menjadi84%.Olehkarenaitudapatdisimpulkanbahwadenganmetodebermaindanpenerapanbentuk-bentukpermainanyangdilakukangurudapatmeningkatkankeaktifansiswakelasIVSDNegeriSumberdawesariIIKecamatanGratiKabupatenPasuruan.