Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat tinggi melalui metode bermain pada siswa kelas IV di SDN Sumberdawesari II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Kusrini

Main Author: Kusrini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/49641/
ctrlnum 49641
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/49641/</relation><title>Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat tinggi melalui metode bermain pada siswa kelas IV di SDN Sumberdawesari II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Kusrini</title><creator>Kusrini</creator><description>KatakunciMetodebermainsiswaaktifpembelajaranlompattinggiLompattinggimerupakansalahsatucabangatletikyangdiajarkandisekolahdasar.Berdasarkanhasildataobservasiawalyangdilakukandiperolehdata/informasibahwamasihbanyaksiswayangtidakaktifdalampembelajaran.PembelajaranlompattinggipadaSDNegeriSumberdawesariIIKecamatanGratiKabupatenPasuruanmasihseringmenggunakanmetodeceramahuntukmenyampaikanmateridanmodellinguntukmemberikancontohkepadasiswa.Denganmetodeceramahdanmodelingbanyaksiswayangtidakseriusdalammengikutipelajaran.Merekakebanyakanasyikbermainsendiritanpamemperhatikanguruyangsedangberceramahdidepankelas.Untukitudalampenelitianiniditerapkanpembelajarandenganmenggunakanmetodebermain.Pembelajarandenganmertodeinimempunyaiciriyaitusiswamerasasenangbersemangatmengikutipelajarandantekundalammengikutipembelajaran.Denganmetodeinidiharapkansemuasiswadapatlebihaktifdalammengikutipembelajaranlompattinggi.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikeaktifansiswadalammengikutipembelajaranlompattinggidikelasIVSDNegeriSumberdawesariII.Dandiharapkanpulapembelajaraniniakanlebihmenarikdandapatberhasildilaksanakanolehpeneliti.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari1pertemuandengan4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNegeriSumberdawesariII.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasidokumentasidancatatanlapangan.Hasilobservasiawalpadapenelitianinimenunjukkanketidaktuntasanpadapembelajaranlompattinggikarenasiswalebihbanyakyangduduk-dudukdantidakmenghiraukanmateriyangdiberikanolehgurusebanyak6842%menjadi9615%.NamunpadasiklusIdanIIsudahdapatdiketahuibahwaterjadipeningkatankeaktifanyangsangatberartibagigurupendidikanjasmaniyaituindikatorsenangdari6933%menjadi8266%semangat7066%menjadi80%dantekun7266%menjadi84%.Olehkarenaitudapatdisimpulkanbahwadenganmetodebermaindanpenerapanbentuk-bentukpermainanyangdilakukangurudapatmeningkatkankeaktifansiswakelasIVSDNegeriSumberdawesariIIKecamatanGratiKabupatenPasuruan.</description><date>2012-03-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Kusrini (2012) Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat tinggi melalui metode bermain pada siswa kelas IV di SDN Sumberdawesari II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Kusrini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>49641</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Kusrini
title Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat tinggi melalui metode bermain pada siswa kelas IV di SDN Sumberdawesari II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Kusrini
publishDate 2012
url http://repository.um.ac.id/49641/
contents KatakunciMetodebermainsiswaaktifpembelajaranlompattinggiLompattinggimerupakansalahsatucabangatletikyangdiajarkandisekolahdasar.Berdasarkanhasildataobservasiawalyangdilakukandiperolehdata/informasibahwamasihbanyaksiswayangtidakaktifdalampembelajaran.PembelajaranlompattinggipadaSDNegeriSumberdawesariIIKecamatanGratiKabupatenPasuruanmasihseringmenggunakanmetodeceramahuntukmenyampaikanmateridanmodellinguntukmemberikancontohkepadasiswa.Denganmetodeceramahdanmodelingbanyaksiswayangtidakseriusdalammengikutipelajaran.Merekakebanyakanasyikbermainsendiritanpamemperhatikanguruyangsedangberceramahdidepankelas.Untukitudalampenelitianiniditerapkanpembelajarandenganmenggunakanmetodebermain.Pembelajarandenganmertodeinimempunyaiciriyaitusiswamerasasenangbersemangatmengikutipelajarandantekundalammengikutipembelajaran.Denganmetodeinidiharapkansemuasiswadapatlebihaktifdalammengikutipembelajaranlompattinggi.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikeaktifansiswadalammengikutipembelajaranlompattinggidikelasIVSDNegeriSumberdawesariII.Dandiharapkanpulapembelajaraniniakanlebihmenarikdandapatberhasildilaksanakanolehpeneliti.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari1pertemuandengan4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNegeriSumberdawesariII.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasidokumentasidancatatanlapangan.Hasilobservasiawalpadapenelitianinimenunjukkanketidaktuntasanpadapembelajaranlompattinggikarenasiswalebihbanyakyangduduk-dudukdantidakmenghiraukanmateriyangdiberikanolehgurusebanyak6842%menjadi9615%.NamunpadasiklusIdanIIsudahdapatdiketahuibahwaterjadipeningkatankeaktifanyangsangatberartibagigurupendidikanjasmaniyaituindikatorsenangdari6933%menjadi8266%semangat7066%menjadi80%dantekun7266%menjadi84%.Olehkarenaitudapatdisimpulkanbahwadenganmetodebermaindanpenerapanbentuk-bentukpermainanyangdilakukangurudapatmeningkatkankeaktifansiswakelasIVSDNegeriSumberdawesariIIKecamatanGratiKabupatenPasuruan.
id IOS13003.49641
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:13:07Z
last_indexed 2021-11-04T07:13:07Z
recordtype dc
_version_ 1752721982051319808
score 17.538404