Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat tinggi melalui metode bermain pada siswa kelas IV di SDN Sumberdawesari II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Kusrini
Main Author: | Kusrini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49641/ |
ctrlnum |
49641 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/49641/</relation><title>Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat tinggi melalui metode bermain pada siswa kelas IV di SDN Sumberdawesari II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Kusrini</title><creator>Kusrini</creator><description>KatakunciMetodebermainsiswaaktifpembelajaranlompattinggiLompattinggimerupakansalahsatucabangatletikyangdiajarkandisekolahdasar.Berdasarkanhasildataobservasiawalyangdilakukandiperolehdata/informasibahwamasihbanyaksiswayangtidakaktifdalampembelajaran.PembelajaranlompattinggipadaSDNegeriSumberdawesariIIKecamatanGratiKabupatenPasuruanmasihseringmenggunakanmetodeceramahuntukmenyampaikanmateridanmodellinguntukmemberikancontohkepadasiswa.Denganmetodeceramahdanmodelingbanyaksiswayangtidakseriusdalammengikutipelajaran.Merekakebanyakanasyikbermainsendiritanpamemperhatikanguruyangsedangberceramahdidepankelas.Untukitudalampenelitianiniditerapkanpembelajarandenganmenggunakanmetodebermain.Pembelajarandenganmertodeinimempunyaiciriyaitusiswamerasasenangbersemangatmengikutipelajarandantekundalammengikutipembelajaran.Denganmetodeinidiharapkansemuasiswadapatlebihaktifdalammengikutipembelajaranlompattinggi.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikeaktifansiswadalammengikutipembelajaranlompattinggidikelasIVSDNegeriSumberdawesariII.Dandiharapkanpulapembelajaraniniakanlebihmenarikdandapatberhasildilaksanakanolehpeneliti.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari1pertemuandengan4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNegeriSumberdawesariII.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasidokumentasidancatatanlapangan.Hasilobservasiawalpadapenelitianinimenunjukkanketidaktuntasanpadapembelajaranlompattinggikarenasiswalebihbanyakyangduduk-dudukdantidakmenghiraukanmateriyangdiberikanolehgurusebanyak6842%menjadi9615%.NamunpadasiklusIdanIIsudahdapatdiketahuibahwaterjadipeningkatankeaktifanyangsangatberartibagigurupendidikanjasmaniyaituindikatorsenangdari6933%menjadi8266%semangat7066%menjadi80%dantekun7266%menjadi84%.Olehkarenaitudapatdisimpulkanbahwadenganmetodebermaindanpenerapanbentuk-bentukpermainanyangdilakukangurudapatmeningkatkankeaktifansiswakelasIVSDNegeriSumberdawesariIIKecamatanGratiKabupatenPasuruan.</description><date>2012-03-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Kusrini (2012) Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat tinggi melalui metode bermain pada siswa kelas IV di SDN Sumberdawesari II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Kusrini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>49641</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Kusrini |
title |
Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lompat tinggi melalui metode bermain pada siswa kelas IV di SDN Sumberdawesari II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Kusrini |
publishDate |
2012 |
url |
http://repository.um.ac.id/49641/ |
contents |
KatakunciMetodebermainsiswaaktifpembelajaranlompattinggiLompattinggimerupakansalahsatucabangatletikyangdiajarkandisekolahdasar.Berdasarkanhasildataobservasiawalyangdilakukandiperolehdata/informasibahwamasihbanyaksiswayangtidakaktifdalampembelajaran.PembelajaranlompattinggipadaSDNegeriSumberdawesariIIKecamatanGratiKabupatenPasuruanmasihseringmenggunakanmetodeceramahuntukmenyampaikanmateridanmodellinguntukmemberikancontohkepadasiswa.Denganmetodeceramahdanmodelingbanyaksiswayangtidakseriusdalammengikutipelajaran.Merekakebanyakanasyikbermainsendiritanpamemperhatikanguruyangsedangberceramahdidepankelas.Untukitudalampenelitianiniditerapkanpembelajarandenganmenggunakanmetodebermain.Pembelajarandenganmertodeinimempunyaiciriyaitusiswamerasasenangbersemangatmengikutipelajarandantekundalammengikutipembelajaran.Denganmetodeinidiharapkansemuasiswadapatlebihaktifdalammengikutipembelajaranlompattinggi.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikeaktifansiswadalammengikutipembelajaranlompattinggidikelasIVSDNegeriSumberdawesariII.Dandiharapkanpulapembelajaraniniakanlebihmenarikdandapatberhasildilaksanakanolehpeneliti.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari1pertemuandengan4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasIVSDNegeriSumberdawesariII.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasidokumentasidancatatanlapangan.Hasilobservasiawalpadapenelitianinimenunjukkanketidaktuntasanpadapembelajaranlompattinggikarenasiswalebihbanyakyangduduk-dudukdantidakmenghiraukanmateriyangdiberikanolehgurusebanyak6842%menjadi9615%.NamunpadasiklusIdanIIsudahdapatdiketahuibahwaterjadipeningkatankeaktifanyangsangatberartibagigurupendidikanjasmaniyaituindikatorsenangdari6933%menjadi8266%semangat7066%menjadi80%dantekun7266%menjadi84%.Olehkarenaitudapatdisimpulkanbahwadenganmetodebermaindanpenerapanbentuk-bentukpermainanyangdilakukangurudapatmeningkatkankeaktifansiswakelasIVSDNegeriSumberdawesariIIKecamatanGratiKabupatenPasuruan. |
id |
IOS13003.49641 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:13:07Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:13:07Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752721982051319808 |
score |
17.538404 |