Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran IPS ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Trowulan Kabupaten Mojokerto / Rosalina Binarni

Main Author: Binarni, Rosalina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/39533/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBinarniRosalina.2016.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)PadaMataPelajaranIPSEkonomiUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIII-FSMPNegeri1TrowulanKabupatenMojokerto.Skripsi.ProgramStudiPendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SapirS.Sos.M.Si.(2)Dr.SugengHadiUtomo.M.Ec.KataKunciPembelajarankooperatifTipeStudentTeamsAchievementDivision(STAD)HasilBelajarPenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangbertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarekonomisiswadalampembelajaranIPSEkonomimelaluimodelpembelajarankooperatiftipeSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)padasiswakelasVIII-FSMPNegeri1TrowulanKabupatenMojokerto.PenelitianinidilakukansecarakolaboratifantaraguruIPSEkonomikelasVIII-FSMPNegeri1Trowulandenganpeneliti.Berdasarkanhasilobservasiawalyangdilakukanolehpenelitipadatanggal15September2015denganguruIPSEkonomiSMPNegeri1TrowulandiKabupatenMojokertodiketahuibahwasebagiansiswadikelasVIII-FnilaihasilbelajarIPSEkonomimasihdibawahnilaistandartketuntasanminimumyaitudibawah70.SebagianprosespembelajaranmasihdidominasigurudansiswamasihcenderungpasifsedangkankurikulumKTSPmenuntutagarsiswalebihaktifsedangkanguruhanyasebagaifasilitatorsaja.SebagiansiswamasihkesulitandalammenguasaimaterikarenasiswahanyamenggunakanLKSsebagaisumberbelajarmenyebabkanranahberpikirmerekakonvensionaldankurangaktif.Merekamalasuntukmencarisumberbelajarlainsehinggakesulitandalammengerjakansoal-soalyangmengandungunsuranalisis.UntukmengatasipermasalahantersebutdiperlukansuatumodelpembelajaranyangvariatifyaitudenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD(StudentTeamsAchievementDivision).TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiresponsiswaterhadappelaksanaanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIII-F.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangditempuhdalamduasiklus.Setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-FSMPNegeri1Trowulanyangberjumlah31siswa.Instrumendalampenelitianiniterdiridarisoaltesobservasiwawancaradandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadasiklusIterdapat22siswayangsudahmencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)dan9siswayangbelumtuntas.SedangkanpadasiklusIIjumlahsiswayangtuntasmeningkatmenjadi29siswadanyangtidaktuntasmenjadi2siswa.PelaksanaanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADjugamengalamipeningkatandari897%menjadi100%.DanpresentaseketercapaianhasilbelajarafektifsiswapadasaatpembelajaranSTADjugamengalamipeningkatan.PadasiklusIpresentaseketercapaianhasilbelajarafektifsiswasebesar7892%danpadasiklusIIpresentaseketercapaianhasilbelajarafektifsiswasebesar8903%.8195