Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang untuk kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen / Nora Hardiana

Main Author: Hardiana, Nora
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/35219/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANHardianaNora.2018.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisMultimediaInteraktifPadaMateriJurnalPenyesuaianPerusahaanDagangUntukKelasXAkuntansidiSMKKepanjen.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SunaryantoM.Ed.KataKunciPengembanganmediapembelajaraninteraktifPerkembanganteknologiberpengaruhterhadapseluruhaspekkehidupanmanusia.Padabidangpendidikanteknologidapatdimanfaatkansebagaimediapembelajaran.Guruharusdapatmenggunakanmediapembelajaranyangkreatifdaninovatif.Pemanfaatanmediapembelajarandapatmembantugurudalammenyampaikaninformasimaterikepadapesertadidik.Multimediainteraktifmerupakansalahsatumediapembelajaranberbasisteknologiyangdapatdimanfaatkanolehguru.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanmediapembelajaraninteraktifpadamaterijurnalpenyesuaianperusahaandagangkelasXSMKjurusanakuntansisertauntukmengujivaliditaskelayakandanefektivitasmediainteraktiftersebutdalampembelajaran.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandanpengembangan(ResearchdanDevelopment).Metodeyangdigunakanyaitueksperimenuntukmengujitingkatefektifitasmediadenganmelakukanpengukuranterhadapkelompokeksperimendankelompokkontrol.ModeldaripenelitianyangdigunakanmengacukepadamodelBorgandGall.Proseduryangdilakukantelahdimodifikasimeliputipengumpulaninformasiperencanaanprodukpengembanganprodukujivaliditasprodukrevisiprodukkesatuujicobalapanganrevisiprodukkeduadanprodukakhir.ValidasiprodukmelibatkansatudosenTEPUMsatuguruakuntansidiSMKKepanjenpesertadidikkelasX3akuntansidiSMKKepanjen.Penilaianprodukdilakukandengancarapenilaianmenggunakanangketsertapretestposttestyangdiberikanuntukmengetahuiefektivitaspenggunaanmediapembelajaraninteraktif.Produkmediapembelajaraninteraktifmenyajikanmaterijurnalpenyesuaiansecarajelasdanmemberikansoallatihandalambentukpilihangandaessaydankuis.Berdasarkanpenilaianprodukdiketahuibahwatampilandankonsepmediainteraktiftelahsesuaisertadapatmemudahkanpesertadidikdalambelajar.Hasilujiefektivitasprodukyangdilakukandenganmenggunakanujipairedsamplet-testmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikandibuktikandengannilaisig.2tailedsebesar0000.KesimpulandaripenelitianiniadalahpemanfaatanmediapembelajaraninteraktifyangdikemasdalamCDinteraktifdapatmenggunakankomputerataulaptop.Penggunaanmediasebagaimediapembelajaranolehpesertadidikdapatdilakukansaatdikelasmaupundiluarkelas.Pengembanganselanjutnyadiharapkandapatmemanfaatkanmediapembelajaraninteraktifkedalamandroidagarlebihmenarik.