Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang untuk kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen / Nora Hardiana

Main Author: Hardiana, Nora
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/35219/
ctrlnum 35219
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/35219/</relation><title>Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang untuk kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen / Nora Hardiana</title><creator>Hardiana, Nora</creator><description>viRINGKASANHardianaNora.2018.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisMultimediaInteraktifPadaMateriJurnalPenyesuaianPerusahaanDagangUntukKelasXAkuntansidiSMKKepanjen.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SunaryantoM.Ed.KataKunciPengembanganmediapembelajaraninteraktifPerkembanganteknologiberpengaruhterhadapseluruhaspekkehidupanmanusia.Padabidangpendidikanteknologidapatdimanfaatkansebagaimediapembelajaran.Guruharusdapatmenggunakanmediapembelajaranyangkreatifdaninovatif.Pemanfaatanmediapembelajarandapatmembantugurudalammenyampaikaninformasimaterikepadapesertadidik.Multimediainteraktifmerupakansalahsatumediapembelajaranberbasisteknologiyangdapatdimanfaatkanolehguru.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanmediapembelajaraninteraktifpadamaterijurnalpenyesuaianperusahaandagangkelasXSMKjurusanakuntansisertauntukmengujivaliditaskelayakandanefektivitasmediainteraktiftersebutdalampembelajaran.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandanpengembangan(ResearchdanDevelopment).Metodeyangdigunakanyaitueksperimenuntukmengujitingkatefektifitasmediadenganmelakukanpengukuranterhadapkelompokeksperimendankelompokkontrol.ModeldaripenelitianyangdigunakanmengacukepadamodelBorgandGall.Proseduryangdilakukantelahdimodifikasimeliputipengumpulaninformasiperencanaanprodukpengembanganprodukujivaliditasprodukrevisiprodukkesatuujicobalapanganrevisiprodukkeduadanprodukakhir.ValidasiprodukmelibatkansatudosenTEPUMsatuguruakuntansidiSMKKepanjenpesertadidikkelasX3akuntansidiSMKKepanjen.Penilaianprodukdilakukandengancarapenilaianmenggunakanangketsertapretestposttestyangdiberikanuntukmengetahuiefektivitaspenggunaanmediapembelajaraninteraktif.Produkmediapembelajaraninteraktifmenyajikanmaterijurnalpenyesuaiansecarajelasdanmemberikansoallatihandalambentukpilihangandaessaydankuis.Berdasarkanpenilaianprodukdiketahuibahwatampilandankonsepmediainteraktiftelahsesuaisertadapatmemudahkanpesertadidikdalambelajar.Hasilujiefektivitasprodukyangdilakukandenganmenggunakanujipairedsamplet-testmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikandibuktikandengannilaisig.2tailedsebesar0000.KesimpulandaripenelitianiniadalahpemanfaatanmediapembelajaraninteraktifyangdikemasdalamCDinteraktifdapatmenggunakankomputerataulaptop.Penggunaanmediasebagaimediapembelajaranolehpesertadidikdapatdilakukansaatdikelasmaupundiluarkelas.Pengembanganselanjutnyadiharapkandapatmemanfaatkanmediapembelajaraninteraktifkedalamandroidagarlebihmenarik.</description><date>2018-12-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Hardiana, Nora (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang untuk kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen / Nora Hardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>35219</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Hardiana, Nora
title Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang untuk kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen / Nora Hardiana
publishDate 2018
url http://repository.um.ac.id/35219/
contents viRINGKASANHardianaNora.2018.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisMultimediaInteraktifPadaMateriJurnalPenyesuaianPerusahaanDagangUntukKelasXAkuntansidiSMKKepanjen.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SunaryantoM.Ed.KataKunciPengembanganmediapembelajaraninteraktifPerkembanganteknologiberpengaruhterhadapseluruhaspekkehidupanmanusia.Padabidangpendidikanteknologidapatdimanfaatkansebagaimediapembelajaran.Guruharusdapatmenggunakanmediapembelajaranyangkreatifdaninovatif.Pemanfaatanmediapembelajarandapatmembantugurudalammenyampaikaninformasimaterikepadapesertadidik.Multimediainteraktifmerupakansalahsatumediapembelajaranberbasisteknologiyangdapatdimanfaatkanolehguru.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanmediapembelajaraninteraktifpadamaterijurnalpenyesuaianperusahaandagangkelasXSMKjurusanakuntansisertauntukmengujivaliditaskelayakandanefektivitasmediainteraktiftersebutdalampembelajaran.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandanpengembangan(ResearchdanDevelopment).Metodeyangdigunakanyaitueksperimenuntukmengujitingkatefektifitasmediadenganmelakukanpengukuranterhadapkelompokeksperimendankelompokkontrol.ModeldaripenelitianyangdigunakanmengacukepadamodelBorgandGall.Proseduryangdilakukantelahdimodifikasimeliputipengumpulaninformasiperencanaanprodukpengembanganprodukujivaliditasprodukrevisiprodukkesatuujicobalapanganrevisiprodukkeduadanprodukakhir.ValidasiprodukmelibatkansatudosenTEPUMsatuguruakuntansidiSMKKepanjenpesertadidikkelasX3akuntansidiSMKKepanjen.Penilaianprodukdilakukandengancarapenilaianmenggunakanangketsertapretestposttestyangdiberikanuntukmengetahuiefektivitaspenggunaanmediapembelajaraninteraktif.Produkmediapembelajaraninteraktifmenyajikanmaterijurnalpenyesuaiansecarajelasdanmemberikansoallatihandalambentukpilihangandaessaydankuis.Berdasarkanpenilaianprodukdiketahuibahwatampilandankonsepmediainteraktiftelahsesuaisertadapatmemudahkanpesertadidikdalambelajar.Hasilujiefektivitasprodukyangdilakukandenganmenggunakanujipairedsamplet-testmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikandibuktikandengannilaisig.2tailedsebesar0000.KesimpulandaripenelitianiniadalahpemanfaatanmediapembelajaraninteraktifyangdikemasdalamCDinteraktifdapatmenggunakankomputerataulaptop.Penggunaanmediasebagaimediapembelajaranolehpesertadidikdapatdilakukansaatdikelasmaupundiluarkelas.Pengembanganselanjutnyadiharapkandapatmemanfaatkanmediapembelajaraninteraktifkedalamandroidagarlebihmenarik.
id IOS13003.35219
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:11:14Z
last_indexed 2021-11-04T07:11:14Z
recordtype dc
_version_ 1752722185252765696
score 17.538404