Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang untuk kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen / Nora Hardiana
Main Author: | Hardiana, Nora |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/35219/ |
ctrlnum |
35219 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/35219/</relation><title>Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang untuk kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen / Nora Hardiana</title><creator>Hardiana, Nora</creator><description>viRINGKASANHardianaNora.2018.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisMultimediaInteraktifPadaMateriJurnalPenyesuaianPerusahaanDagangUntukKelasXAkuntansidiSMKKepanjen.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SunaryantoM.Ed.KataKunciPengembanganmediapembelajaraninteraktifPerkembanganteknologiberpengaruhterhadapseluruhaspekkehidupanmanusia.Padabidangpendidikanteknologidapatdimanfaatkansebagaimediapembelajaran.Guruharusdapatmenggunakanmediapembelajaranyangkreatifdaninovatif.Pemanfaatanmediapembelajarandapatmembantugurudalammenyampaikaninformasimaterikepadapesertadidik.Multimediainteraktifmerupakansalahsatumediapembelajaranberbasisteknologiyangdapatdimanfaatkanolehguru.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanmediapembelajaraninteraktifpadamaterijurnalpenyesuaianperusahaandagangkelasXSMKjurusanakuntansisertauntukmengujivaliditaskelayakandanefektivitasmediainteraktiftersebutdalampembelajaran.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandanpengembangan(ResearchdanDevelopment).Metodeyangdigunakanyaitueksperimenuntukmengujitingkatefektifitasmediadenganmelakukanpengukuranterhadapkelompokeksperimendankelompokkontrol.ModeldaripenelitianyangdigunakanmengacukepadamodelBorgandGall.Proseduryangdilakukantelahdimodifikasimeliputipengumpulaninformasiperencanaanprodukpengembanganprodukujivaliditasprodukrevisiprodukkesatuujicobalapanganrevisiprodukkeduadanprodukakhir.ValidasiprodukmelibatkansatudosenTEPUMsatuguruakuntansidiSMKKepanjenpesertadidikkelasX3akuntansidiSMKKepanjen.Penilaianprodukdilakukandengancarapenilaianmenggunakanangketsertapretestposttestyangdiberikanuntukmengetahuiefektivitaspenggunaanmediapembelajaraninteraktif.Produkmediapembelajaraninteraktifmenyajikanmaterijurnalpenyesuaiansecarajelasdanmemberikansoallatihandalambentukpilihangandaessaydankuis.Berdasarkanpenilaianprodukdiketahuibahwatampilandankonsepmediainteraktiftelahsesuaisertadapatmemudahkanpesertadidikdalambelajar.Hasilujiefektivitasprodukyangdilakukandenganmenggunakanujipairedsamplet-testmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikandibuktikandengannilaisig.2tailedsebesar0000.KesimpulandaripenelitianiniadalahpemanfaatanmediapembelajaraninteraktifyangdikemasdalamCDinteraktifdapatmenggunakankomputerataulaptop.Penggunaanmediasebagaimediapembelajaranolehpesertadidikdapatdilakukansaatdikelasmaupundiluarkelas.Pengembanganselanjutnyadiharapkandapatmemanfaatkanmediapembelajaraninteraktifkedalamandroidagarlebihmenarik.</description><date>2018-12-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Hardiana, Nora (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang untuk kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen / Nora Hardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>35219</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Hardiana, Nora |
title |
Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang untuk kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen / Nora Hardiana |
publishDate |
2018 |
url |
http://repository.um.ac.id/35219/ |
contents |
viRINGKASANHardianaNora.2018.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisMultimediaInteraktifPadaMateriJurnalPenyesuaianPerusahaanDagangUntukKelasXAkuntansidiSMKKepanjen.SkripsiJurusanAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SunaryantoM.Ed.KataKunciPengembanganmediapembelajaraninteraktifPerkembanganteknologiberpengaruhterhadapseluruhaspekkehidupanmanusia.Padabidangpendidikanteknologidapatdimanfaatkansebagaimediapembelajaran.Guruharusdapatmenggunakanmediapembelajaranyangkreatifdaninovatif.Pemanfaatanmediapembelajarandapatmembantugurudalammenyampaikaninformasimaterikepadapesertadidik.Multimediainteraktifmerupakansalahsatumediapembelajaranberbasisteknologiyangdapatdimanfaatkanolehguru.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanmediapembelajaraninteraktifpadamaterijurnalpenyesuaianperusahaandagangkelasXSMKjurusanakuntansisertauntukmengujivaliditaskelayakandanefektivitasmediainteraktiftersebutdalampembelajaran.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandanpengembangan(ResearchdanDevelopment).Metodeyangdigunakanyaitueksperimenuntukmengujitingkatefektifitasmediadenganmelakukanpengukuranterhadapkelompokeksperimendankelompokkontrol.ModeldaripenelitianyangdigunakanmengacukepadamodelBorgandGall.Proseduryangdilakukantelahdimodifikasimeliputipengumpulaninformasiperencanaanprodukpengembanganprodukujivaliditasprodukrevisiprodukkesatuujicobalapanganrevisiprodukkeduadanprodukakhir.ValidasiprodukmelibatkansatudosenTEPUMsatuguruakuntansidiSMKKepanjenpesertadidikkelasX3akuntansidiSMKKepanjen.Penilaianprodukdilakukandengancarapenilaianmenggunakanangketsertapretestposttestyangdiberikanuntukmengetahuiefektivitaspenggunaanmediapembelajaraninteraktif.Produkmediapembelajaraninteraktifmenyajikanmaterijurnalpenyesuaiansecarajelasdanmemberikansoallatihandalambentukpilihangandaessaydankuis.Berdasarkanpenilaianprodukdiketahuibahwatampilandankonsepmediainteraktiftelahsesuaisertadapatmemudahkanpesertadidikdalambelajar.Hasilujiefektivitasprodukyangdilakukandenganmenggunakanujipairedsamplet-testmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikandibuktikandengannilaisig.2tailedsebesar0000.KesimpulandaripenelitianiniadalahpemanfaatanmediapembelajaraninteraktifyangdikemasdalamCDinteraktifdapatmenggunakankomputerataulaptop.Penggunaanmediasebagaimediapembelajaranolehpesertadidikdapatdilakukansaatdikelasmaupundiluarkelas.Pengembanganselanjutnyadiharapkandapatmemanfaatkanmediapembelajaraninteraktifkedalamandroidagarlebihmenarik. |
id |
IOS13003.35219 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:11:14Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:11:14Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752722185252765696 |
score |
17.538404 |