Analisis faktor-faktor atribut produk yang dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan handphone blackberry (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Indra Kurniawan

Main Author: Kurniawan, Indra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/31648/
Daftar Isi:
  • KurniawanIndra.2012.AnalisisFaktor-FaktorAtributProdukyangDipertimbangkanKonsumenDalamMenggunakanHandphoneBlackBerry.SkripsiProgramStudiS1Manajemen.FakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusHermawanM.Si.GradDipMGT.MBus(II)Dr.H.SuhartoS.M.M.Pd.M.M.KataKunciAnalisisFaktorAtributProdukPerkembanganteknologimenjadikanhandphonesebagaisolusiberkomunikasiyangmobiledanefisien.RIM(ResearchInMotion)selakuprodusenhandphoneBlackBerrymerupakanprodusenyangmemilikikeunikantersendiripadaatribut-atributyangdiberikanpadaproduknyasehinggadapatmempengaruhikonsumenuntukmenggunakanhandphoneBlackBerry.Tujuanyanghendakdicapaidalampenelitianiniialahuntukmengetahuidanmenganalisisfaktor-faktoratributprodukyangdipertimbangkankonsumendalammenggunakanhandphoneBlackBerrydanuntukmengetahuifaktor-faktoratributprodukyangdominandipertimbangkankonsumendalammenggunakanhandphoneBlackBerry.Berdasarkanpermasalahandantujuanpenelitianrancanganpenelitianiniadalahjenispenelitiandeskriptifkuantitatif.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiankuantitatifkarenapenelitianinibermaksuduntukmemahamifenomenatentangapayangdialamiolehsubyekpenelitiandanuntukmengetahuigambaranmengenaisuatuvariabeltanpamembuatperbandinganataumenghubungkandenganvariabellain.Variabeldalampenelitianiniadalahpelayananpendukungmutudanmerek.SedangkanTeknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahanalisisfaktordenganmenggunakanprogramSPSSforWindowsversi17.0.PopulasidalampenelitianiniadalahmahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangyangberjumlah3792mahasiswa.Populasidalampenelitianinitermasukpopulasiyangdapatditentukan(finitepopulation).UntukmengetahuijumlahsampelyangdibutuhkanpenelitimenggunakanrumusDanieldanTerrel.Dariperhitungandiperolehsebanyak100responden.Teknikpengambilansampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahdenganmenggunakanteknikmultistagesamplingyangterdiridari2tahapanyaitu(1)Denganteknikpengambilanproportionalsamplingterlebihdahuluuntukmenentukanjumlahsampeltiapjurusan(2)Kemudiansetelahsampeltiapjurusandiketahuimakapengambilansampelberikutnyadenganmenggunakanteknikaccidentalsampling.AngketdalampenelitianinitermasukdalamkuesionertertutupmenggunakanskalaLikertdengan5(lima)pilihanjawaban.12288122881228812288Hasilanalisismenunjukkanbahwaterdapat3faktoratributproduk.Faktor1terdiridari7indikatoryaitumerekmencerminkanbudayamasakiniyangmodernmerekmemberikankesanmahaldanbermututinggimanfaatsesuaidenganharapankelengkapanlayanansesuaidengankebutuhanmasakinipemakaianhandphoneBlackBerrykarenamereknyaterkenaldanreputasimerekdariprodusenberkualitastinggimeningkatkanprestisedanfasiltassesuaiharapan.Denganeigenvaluesebesar428danmampumenjelaskankeanekaragamanvariancesebesar2517%.HalinimenunjukkanbahwamerekmerupakansalahsatualasanmahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangmenggunakanhandphoneBlackBerry.Kesimpulandaripenelitianini(1)deskripsifaktor-faktoratributprodukyangdipertimbangkankonsumenadalahsebagaiberikut(a)Faktorpelayananpendukungmemilikinilairata-rata370dantergolongdalamklasifikasitinggiyangberartibahwarespondenmerasapuasdenganpelayananpendukungdariRIMselakuprodusenBlackBerry(b)Faktormutumemilikinilairata-rata391dantergolongdalamklasifikasitinggiyangberartibahwamutusalahsatupendorongmahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang(c)Faktormerekmemilikinilairata-rata375dantergolongdalamklasifikasitinggiyangberartibahwamerekhandphoneBlackBerrydiminatiolehmahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang(2)Faktor-faktoryangdipertimbangkanmahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangdalammenggunakanhandphoneBlackBerryadalahFaktor1merupakanfaktoratributprodukyangpalingdipertimbangkanmahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangdalammenggunakanhandphoneBlackBerry.Halinidapatdilihatbahwafaktor1memilikieigenvalueyangpalingbesaryaitu428danmampumenjelaskankeanekaragamanvariancesebesar2517%.Saranyangdapatdiberikanadalah(1)DarihasilpenelitianmenunjukkanmerekadalahfaktorutamaatributprodukyangdipertimbangkankonsumendalammenggunakanhandphoneBlackBerrypihakRIMharusterusmembangundanmenjagamerekBlackBerry.Tentusajajugadilakukandenganmemperbaikikualitas/mutuyangtelahadayangtelahmemberikanperananyangbesardalampertimbangankonsumenmenggunakanhandphoneBlackBerry.Sehinggadiharapkandapatmenarikkonsumenbarudanmempertahankankonsumenyangtelahada.Selainmeningkatkanpelayanandanfasilitasyangadauntukmenjagapersainganusahasejenisyangsemakinketatdancanggih(2)Saranbagipenelitiyangakandatangyaitu(a)UntukmendapatkanhasilyanglebihumummengenaifaktoratributprodukyangdipertimbangkandalammenggunakanhandphoneBlackBerrymakaperludilakukanpenelitianlanjutandenganmelakukananalisispadatempatyangberbedasehinggadapatmemberikangambaranhasilpenelitiansecaralebihumum(b)Untukmencariproporsitidakdiasumsikantetapitetapdihitungmelaluistudipendahuluan.