Pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan nasabah PT. Asuransi Raksa Pratikara dalam memilih perusahaan asuransi (studi pada kantor pemasaran PT. Asuransi Raksa Pratikara Malang) / Helmy Syarif Hendriyanto

Main Author: Hendriyanto, Helmy Syarif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/30624/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHendriyantoHelmyS.2009.PengaruhFaktorPribadiTerhadapKeputusanNasabahPT.AsuransiRaksaPratikaradalammemilihPerusahaanAsuransiStudiPadaKantorPemasaranPT.AsuransiRaksaPratikaraMalang.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DjokoDwiKusumajantoM.Si.(II)MadziatulChuriyahS.Pd.M.M.KataKunciFaktorPribadiKeputusanPembelianPT.AsuransiRaksaPratikaraKebutuhankonsumenakanrasaamanbaikuntukmasasekarangmaupunyangakandatangtidakakanadahabisnya.Produk-produkyangberfungsiuntukmemberikanrasaamandanjaminanpadamasyarakatselaluberkembangdisesuaikandenganperkembanganjaman.Halinitidaklainkarenarasaamandanjaminanakankeberlangsungansuatukehidupanadalahhalmutlakyangselaludiinginkanmanusia.Kitatahubahwasemakinmajusuatunegaramakamasyarakatsemakinsadarkebutuhanakanasuransi.Indonesiasebagainegarasecangberkembangtentumendapatkandampakdarisemakinsadarnyamasyarakatdalammembeliprodukprodukasuransisepertiasuransipendidikanasuransikendaraanbermotorasuransikesehatandanlain-lain.Sehinggakesadaranyangtimbuldarimasyarakatmendorongmerekauntukmembeliproduk-produkasuransisebagaipenjaminmasadepanmereka.Faktor-faktoryangmempengaruhimasyarakatuntukmemilihperusahaanasuransitentunyasangatberagammulaidarifaktorindividu/pribadifaktorsosialfaktorekonomifaktorbudayafaktorpolitikdanlain-lain.BerdasarkanhaltersebutmakapenelitianinidilakukanyaituuntukmengetahuipengaruhfaktorpribaditerhadapkeputusannasabahPT.AsuransiRaksaPratikaradalammemilihperusahaanasuransibaiksecaraparsialmaupunsimultan.JenispenelitianiniadalahKuantitatifdenganvariabelbebasadalahFaktorPribadi(X)yangterdiriatasUsiadanTahapSikulsHidupKeluarga(X1)LingkunganEkonomidanPekerjaan(X2)GayaHidup(X3)KepribadiandanKonsepDiri(X4)danvariabelterikatKeputusanKonsumendalamMemilihPerusahaanAsuransi(Y).Populasipenelitianinitermasukinfinitepopulationataupopulasitidakterhingga.Sedangkanjumlahsampelberjumlah110responden.TeknikpengambilansampelmenggunakanteknikAccidentalSamplingdenganinstrumenpengumpulandatamelaluiangket/kuesioner.SkalapengukuranmenggunakanskalaLikertdengan5(lima)opsijawaban.Untukmengujikelayakaninstrumendigunakanujivaliditasdanreliabilitas.TeknikanalisisyangdipilihadalahAnalisisRegresiLinierGandadanUjiAsumsiKlasik.PengolahandatadilakukandenganbantuansoftwareSPSS13.00forwindows.Berdasarkanhasilpenelitiandidapatkankesimpulansebagaiberikut1.TerdapatpengaruhpositifyangsignifikansecaraparsialantaraUsiadanTahapSiklusHidupKeluargaterhadapKeputusanNasabahPT.AsuransiRaksaPratikaradalamMemilihPerusahaanAsuransidengannilaib10443(nolkomaempatratusempatpuluhtiga)thitung3582(tigakomalimaratusdelapanpuluhdua)dansignifikant0001(nolkomanolnolsatu).2.DidapatkanjugapengaruhpositifyangsignifikansecaraparsialantaraLingkunganEkonomidanPekerjaanterhadapKeputusanNasabahPT.AsuransiRaksaPratikaradalamMemilihPerusahaanAsuransidengannilaib20472(nolkomaempatratustujuhpuluhdua)thitung3615(tigakomaenamratuslimabelas)dansignifikant0000(nolkomanolnolnol).3.TerdapatpengaruhpositifyangsignifikansecaraparsialantaraGayaHidupterhadapKeputusanNasabahPT.AsuransiRaksaPratikaradalamMemilihPerusahaanAsuransidengannilaib30384(nolkomatigaratusdelapanpuluhempat)thitung3340(tigakomatigaratusempatpuluh)dansignifikant0001(nolkomanolnolsatu).4.DidapatkanjugapengaruhpositifyangsignifikansecaraparsialantaraKepribadiandanKonsepDiriterhadapKeputusanNasabahPT.AsuransiRaksaPratikaradalamMemilihPerusahaanAsuransidengannilaib40370(nolkomatigaratustujuhpuluh)thitung3307(tigakomatigaratustujuh)dansignifikant0001(nolkomanolnolsatu).5.TerdapatpengaruhsecarasimultanantaraUsiadanTahapSiklusHidupKeluargaLingkunganEkonomidanPekerjaanGayaHidupdanKepribadiandanKonsepDiriterhadapKeputusanNasabahPT.AsuransiRaksaPratikaradalamMemilihPerusahaanAsuransidengannilaifhitung190522(sembilanpuluhkomalimaratusduapuluhdua)signifikant0000(nolkomanolnolnol)dannilaikoefisiendeterminasi(R2)sebesar0775(nolkomatujuhratustujuhpuluhlima)BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankankepadaPT.AsuransiRaksaPratikaradapatmempertimbangkanstrategi-strategipemasaranyangdapatmenjadikanfaktorpribadikonsumensebagaisalahsatuhalpentingyangharusdipertimbangkandalammenyusunstrategi-strategipemasaran.PadaKantorPemasaranPT.AsuransiRaksaMalanghendaknyapembagiantugasterutamadalampelayananklaimnasabahdapatlebihdifokuskanlagisehinggaprosesdalamklaimasuransiyangdilakukanolehnasabahdapatberjalandengancepat.Karenahaliniakanberpengaruhpadanamabaikperusahaansecaraumumdimatakonsumen/nasabah.PadaKantorPemasaranPT.AsuransiRaksaPratikaraMalanghendaknyadilakukanpenambahanjumlahkaryawankhususnyapadabagianmarketingyangbertugasmelayanisetiapklaimkeluhanmaupunpertanyaan-pertanyaanyangdiajukannasabahataucalonnasabahmengingatwilayahyangditanganiKantorPemasaranPT.AsuransiRaksaPratikaraMalangcukupluas.Sehinggadenganbertambahnyajumlahkaryawanakanmendorongsemakincepatnyapelayananterhadapnasabah.