Penerapan pembelajaran kooperatif NHT dipadu dengan STAD pada mata pelajaran biologi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-MIPA 2 SMA Negeri 1 Tumpang / Serly Frida Silvia Rizki

Main Author: Rizki, Serly Frida Silvia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/24987/
Daftar Isi:
  • RizkiSerlyFridaSilvia.2014.PenerapanPembelajaranKooperatifNHTDipadudenganSTADpadaMataPelajaranBiologiuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasX-MIPA2SMANegeri1Tumpang.SkripsiProgramStudiPendidikanBiologiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.(2)Dr.MurniSaptasariM.Si.KataKunciNumberedHeadsTogetherStudentTeamsAchievementDivisionsMotivasiHasilBelajar.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasX-MIPA2SMANegeri1Tumpangdiketahuibahwasiswakurangperhatiankurangsenangdankurangtermotivasi.BerdasarkanhasilobservasijugadiketahuibahwaguruhanyamenggunakanmetodepembelajaranThinkPairShare(TPS)dantidakmenerapkanmetodepembelajaranyangbervariasi.Kurangnyamotivasisiswatersebutberimbaspadarendahnyahasilbelajarsiswa.SalahsatucarauntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganmenerapkanpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogetherdipadudenganStudentTeamsAchievementDivisions.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswadanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas.Tahappenelitiantindakankelasadalahperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.PenelitiansiklusIdilakukanpadamateriPlantaesedangkansiklusIIdilakukanpadamateriAnimalia.Teknikpengumpulandatayangdigunakanberupaangketdantes.Motivasibelajarsiswadiukurmenggunakanangketmotivasibelajarsiswa.Hasilbelajarkognitifsiswadiukurmenggunakantesyangdilaksanakansetiapakhirsiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasidanhasilbelajarsiswameningkat.Berdasarkanangketmotivasibelajarsiswameningkatdari5129%sebelumdilakukantindakanmenjadi7817%setelahdilakukantindakanataumengalamipeningkatansebesar2688%.Hasilbelajarkognitifsiswamengalamipeningkatansebesar1111%.PadatesakhirsiklusIketuntasanklasikalsiswasebesar8333%sedangkanpadatesakhirsiklusIIketuntasanklasikalsiswasebesar9444%.KesimpulanyangdapatdiambiladalahpenerapanpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogetherdipadudenganStudentTeamsAchievementDivisionsdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasX-MIPA2SMANegeri1Tumpang.