Penerapan pembelajaran kooperatif NHT dipadu dengan STAD pada mata pelajaran biologi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-MIPA 2 SMA Negeri 1 Tumpang / Serly Frida Silvia Rizki
Main Author: | Rizki, Serly Frida Silvia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24987/ |
Daftar Isi:
- RizkiSerlyFridaSilvia.2014.PenerapanPembelajaranKooperatifNHTDipadudenganSTADpadaMataPelajaranBiologiuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasX-MIPA2SMANegeri1Tumpang.SkripsiProgramStudiPendidikanBiologiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.(2)Dr.MurniSaptasariM.Si.KataKunciNumberedHeadsTogetherStudentTeamsAchievementDivisionsMotivasiHasilBelajar.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasX-MIPA2SMANegeri1Tumpangdiketahuibahwasiswakurangperhatiankurangsenangdankurangtermotivasi.BerdasarkanhasilobservasijugadiketahuibahwaguruhanyamenggunakanmetodepembelajaranThinkPairShare(TPS)dantidakmenerapkanmetodepembelajaranyangbervariasi.Kurangnyamotivasisiswatersebutberimbaspadarendahnyahasilbelajarsiswa.SalahsatucarauntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganmenerapkanpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogetherdipadudenganStudentTeamsAchievementDivisions.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswadanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas.Tahappenelitiantindakankelasadalahperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.PenelitiansiklusIdilakukanpadamateriPlantaesedangkansiklusIIdilakukanpadamateriAnimalia.Teknikpengumpulandatayangdigunakanberupaangketdantes.Motivasibelajarsiswadiukurmenggunakanangketmotivasibelajarsiswa.Hasilbelajarkognitifsiswadiukurmenggunakantesyangdilaksanakansetiapakhirsiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasidanhasilbelajarsiswameningkat.Berdasarkanangketmotivasibelajarsiswameningkatdari5129%sebelumdilakukantindakanmenjadi7817%setelahdilakukantindakanataumengalamipeningkatansebesar2688%.Hasilbelajarkognitifsiswamengalamipeningkatansebesar1111%.PadatesakhirsiklusIketuntasanklasikalsiswasebesar8333%sedangkanpadatesakhirsiklusIIketuntasanklasikalsiswasebesar9444%.KesimpulanyangdapatdiambiladalahpenerapanpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogetherdipadudenganStudentTeamsAchievementDivisionsdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasX-MIPA2SMANegeri1Tumpang.