Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-H SMPN 1 Singosari / Yulia Eka Fitriyanti
Main Author: | Fitriyanti, Yulia Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24672/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFitriyantiYuliaEka.2009.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanKetuntasanHasilBelajarSiswaKelasVII-HSMPN1Singosari.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pd.(II)Dra.MurniSaptasariM.Si.KatakunciProblemBasedLearningkemampuanberpikirkritisketuntasanhasilbelajarSMPNegeriISingosaritelahmenerapkanKurikulumTingkatSatuanPen-didikan(KTSP)sejaktahun2006.BerdasarkanhasilobservasipenelitiselamamelakukanPPLdiSMPNegeri1SingosaripenerapanpembelajaranyangsesuaidengankarakteristikKTSPbelumterlaksanasecaramaksimal.Modelpembelajar-anyangbiasaditerapkandiSMPNegeriISingosarimasihbersifatteachercen-teredsehinggasiswatidakmemilikikesempatanuntukmengembangkanpenge-tahuandankemampuanberpikirkritisnya.Halinidibuktikandenganjawabanulanganhariansiswayangseringmunculhanyabersifattransferpengetahuansajadanbelummampumenuntunsiswakearahberpikirkritis.Untukmemperbaikikondisitersebutmakadisusunsuatupembelajaranyanginovatifdankreatif.Sa-lahsatumodelpembelajaranyangdapatdipergunakanadalahmodelPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning).ProblemBasedLearning/PBLme-rupakansuatumodelpembelajaranyangmenggunakanmasalahdunianyataseba-gaisuatukonteksbagisiswauntukbelajartentangcaraberpikirkritisdankete-rampilanpemecahanmasalahsertauntukmemperolehpengetahuandankonsepyangpentingdarimateripelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanketuntasanhasilbelajarsiswakelasVII-HSMPNISingosarimelaluipenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasVII-HSMPNegeriISingosariyangberjum-lah36siswayangterdiridari20siswaputridan16siswaputra.Datadalampene-litianiniberupakemampuanberpikirkritisdanketuntasanhasilbelajarsiswayangdiperolehdaripengambilandataberupahasiltestulisakhirsiklusterhadapsiswapadasiklusIdansiklusII.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelPBLpadamatapelajaranBiologikhususnyamateripencemaranlingkungandapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasVII-HSMPN1Singosaridengantingkatkenaikan158atausebesar69%yangdiikutidengankenaikanketuntasanhasilbelajarsiswasebesar674%.Berdasarkanhasilpembahasandapatdisarankanbagipenelitiuntukmeningkatkanketerampilandalammemotivasisiswaagarlebihaktifuntukbertanyamenjawabdanberpendapatsertameningkatkanketerampilandalammemberikanpertanyaanyangtidakmenimbulkanjawabanserentak.BagiguruyangkemampuanberpikirkritissiswanyamasihkurangsupayamenerapkanmodelpembelajaranPBLuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.