Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-H SMPN 1 Singosari / Yulia Eka Fitriyanti

Main Author: Fitriyanti, Yulia Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24672/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFitriyantiYuliaEka.2009.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanKetuntasanHasilBelajarSiswaKelasVII-HSMPN1Singosari.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pd.(II)Dra.MurniSaptasariM.Si.KatakunciProblemBasedLearningkemampuanberpikirkritisketuntasanhasilbelajarSMPNegeriISingosaritelahmenerapkanKurikulumTingkatSatuanPen-didikan(KTSP)sejaktahun2006.BerdasarkanhasilobservasipenelitiselamamelakukanPPLdiSMPNegeri1SingosaripenerapanpembelajaranyangsesuaidengankarakteristikKTSPbelumterlaksanasecaramaksimal.Modelpembelajar-anyangbiasaditerapkandiSMPNegeriISingosarimasihbersifatteachercen-teredsehinggasiswatidakmemilikikesempatanuntukmengembangkanpenge-tahuandankemampuanberpikirkritisnya.Halinidibuktikandenganjawabanulanganhariansiswayangseringmunculhanyabersifattransferpengetahuansajadanbelummampumenuntunsiswakearahberpikirkritis.Untukmemperbaikikondisitersebutmakadisusunsuatupembelajaranyanginovatifdankreatif.Sa-lahsatumodelpembelajaranyangdapatdipergunakanadalahmodelPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning).ProblemBasedLearning/PBLme-rupakansuatumodelpembelajaranyangmenggunakanmasalahdunianyataseba-gaisuatukonteksbagisiswauntukbelajartentangcaraberpikirkritisdankete-rampilanpemecahanmasalahsertauntukmemperolehpengetahuandankonsepyangpentingdarimateripelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanketuntasanhasilbelajarsiswakelasVII-HSMPNISingosarimelaluipenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasVII-HSMPNegeriISingosariyangberjum-lah36siswayangterdiridari20siswaputridan16siswaputra.Datadalampene-litianiniberupakemampuanberpikirkritisdanketuntasanhasilbelajarsiswayangdiperolehdaripengambilandataberupahasiltestulisakhirsiklusterhadapsiswapadasiklusIdansiklusII.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelPBLpadamatapelajaranBiologikhususnyamateripencemaranlingkungandapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasVII-HSMPN1Singosaridengantingkatkenaikan158atausebesar69%yangdiikutidengankenaikanketuntasanhasilbelajarsiswasebesar674%.Berdasarkanhasilpembahasandapatdisarankanbagipenelitiuntukmeningkatkanketerampilandalammemotivasisiswaagarlebihaktifuntukbertanyamenjawabdanberpendapatsertameningkatkanketerampilandalammemberikanpertanyaanyangtidakmenimbulkanjawabanserentak.BagiguruyangkemampuanberpikirkritissiswanyamasihkurangsupayamenerapkanmodelpembelajaranPBLuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.