Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-H SMPN 1 Singosari / Yulia Eka Fitriyanti

Main Author: Fitriyanti, Yulia Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24672/
ctrlnum 24672
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/24672/</relation><title>Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-H SMPN 1 Singosari / Yulia Eka Fitriyanti</title><creator>Fitriyanti, Yulia Eka</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>ABSTRAKFitriyantiYuliaEka.2009.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanKetuntasanHasilBelajarSiswaKelasVII-HSMPN1Singosari.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pd.(II)Dra.MurniSaptasariM.Si.KatakunciProblemBasedLearningkemampuanberpikirkritisketuntasanhasilbelajarSMPNegeriISingosaritelahmenerapkanKurikulumTingkatSatuanPen-didikan(KTSP)sejaktahun2006.BerdasarkanhasilobservasipenelitiselamamelakukanPPLdiSMPNegeri1SingosaripenerapanpembelajaranyangsesuaidengankarakteristikKTSPbelumterlaksanasecaramaksimal.Modelpembelajar-anyangbiasaditerapkandiSMPNegeriISingosarimasihbersifatteachercen-teredsehinggasiswatidakmemilikikesempatanuntukmengembangkanpenge-tahuandankemampuanberpikirkritisnya.Halinidibuktikandenganjawabanulanganhariansiswayangseringmunculhanyabersifattransferpengetahuansajadanbelummampumenuntunsiswakearahberpikirkritis.Untukmemperbaikikondisitersebutmakadisusunsuatupembelajaranyanginovatifdankreatif.Sa-lahsatumodelpembelajaranyangdapatdipergunakanadalahmodelPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning).ProblemBasedLearning/PBLme-rupakansuatumodelpembelajaranyangmenggunakanmasalahdunianyataseba-gaisuatukonteksbagisiswauntukbelajartentangcaraberpikirkritisdankete-rampilanpemecahanmasalahsertauntukmemperolehpengetahuandankonsepyangpentingdarimateripelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanketuntasanhasilbelajarsiswakelasVII-HSMPNISingosarimelaluipenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasVII-HSMPNegeriISingosariyangberjum-lah36siswayangterdiridari20siswaputridan16siswaputra.Datadalampene-litianiniberupakemampuanberpikirkritisdanketuntasanhasilbelajarsiswayangdiperolehdaripengambilandataberupahasiltestulisakhirsiklusterhadapsiswapadasiklusIdansiklusII.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelPBLpadamatapelajaranBiologikhususnyamateripencemaranlingkungandapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasVII-HSMPN1Singosaridengantingkatkenaikan158atausebesar69%yangdiikutidengankenaikanketuntasanhasilbelajarsiswasebesar674%.Berdasarkanhasilpembahasandapatdisarankanbagipenelitiuntukmeningkatkanketerampilandalammemotivasisiswaagarlebihaktifuntukbertanyamenjawabdanberpendapatsertameningkatkanketerampilandalammemberikanpertanyaanyangtidakmenimbulkanjawabanserentak.BagiguruyangkemampuanberpikirkritissiswanyamasihkurangsupayamenerapkanmodelpembelajaranPBLuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.</description><date>2010-02-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Fitriyanti, Yulia Eka (2010) Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-H SMPN 1 Singosari / Yulia Eka Fitriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>24672</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Fitriyanti, Yulia Eka
title Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-H SMPN 1 Singosari / Yulia Eka Fitriyanti
publishDate 2010
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://repository.um.ac.id/24672/
contents ABSTRAKFitriyantiYuliaEka.2009.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanKetuntasanHasilBelajarSiswaKelasVII-HSMPN1Singosari.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pd.(II)Dra.MurniSaptasariM.Si.KatakunciProblemBasedLearningkemampuanberpikirkritisketuntasanhasilbelajarSMPNegeriISingosaritelahmenerapkanKurikulumTingkatSatuanPen-didikan(KTSP)sejaktahun2006.BerdasarkanhasilobservasipenelitiselamamelakukanPPLdiSMPNegeri1SingosaripenerapanpembelajaranyangsesuaidengankarakteristikKTSPbelumterlaksanasecaramaksimal.Modelpembelajar-anyangbiasaditerapkandiSMPNegeriISingosarimasihbersifatteachercen-teredsehinggasiswatidakmemilikikesempatanuntukmengembangkanpenge-tahuandankemampuanberpikirkritisnya.Halinidibuktikandenganjawabanulanganhariansiswayangseringmunculhanyabersifattransferpengetahuansajadanbelummampumenuntunsiswakearahberpikirkritis.Untukmemperbaikikondisitersebutmakadisusunsuatupembelajaranyanginovatifdankreatif.Sa-lahsatumodelpembelajaranyangdapatdipergunakanadalahmodelPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning).ProblemBasedLearning/PBLme-rupakansuatumodelpembelajaranyangmenggunakanmasalahdunianyataseba-gaisuatukonteksbagisiswauntukbelajartentangcaraberpikirkritisdankete-rampilanpemecahanmasalahsertauntukmemperolehpengetahuandankonsepyangpentingdarimateripelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanketuntasanhasilbelajarsiswakelasVII-HSMPNISingosarimelaluipenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasVII-HSMPNegeriISingosariyangberjum-lah36siswayangterdiridari20siswaputridan16siswaputra.Datadalampene-litianiniberupakemampuanberpikirkritisdanketuntasanhasilbelajarsiswayangdiperolehdaripengambilandataberupahasiltestulisakhirsiklusterhadapsiswapadasiklusIdansiklusII.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelPBLpadamatapelajaranBiologikhususnyamateripencemaranlingkungandapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasVII-HSMPN1Singosaridengantingkatkenaikan158atausebesar69%yangdiikutidengankenaikanketuntasanhasilbelajarsiswasebesar674%.Berdasarkanhasilpembahasandapatdisarankanbagipenelitiuntukmeningkatkanketerampilandalammemotivasisiswaagarlebihaktifuntukbertanyamenjawabdanberpendapatsertameningkatkanketerampilandalammemberikanpertanyaanyangtidakmenimbulkanjawabanserentak.BagiguruyangkemampuanberpikirkritissiswanyamasihkurangsupayamenerapkanmodelpembelajaranPBLuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.
id IOS13003.24672
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:09:42Z
last_indexed 2021-11-04T07:09:42Z
recordtype dc
_version_ 1752722643224625152
score 17.538404