Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-H SMPN 1 Singosari / Yulia Eka Fitriyanti
Main Author: | Fitriyanti, Yulia Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24672/ |
ctrlnum |
24672 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/24672/</relation><title>Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-H SMPN 1 Singosari / Yulia Eka Fitriyanti</title><creator>Fitriyanti, Yulia Eka</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>ABSTRAKFitriyantiYuliaEka.2009.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanKetuntasanHasilBelajarSiswaKelasVII-HSMPN1Singosari.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pd.(II)Dra.MurniSaptasariM.Si.KatakunciProblemBasedLearningkemampuanberpikirkritisketuntasanhasilbelajarSMPNegeriISingosaritelahmenerapkanKurikulumTingkatSatuanPen-didikan(KTSP)sejaktahun2006.BerdasarkanhasilobservasipenelitiselamamelakukanPPLdiSMPNegeri1SingosaripenerapanpembelajaranyangsesuaidengankarakteristikKTSPbelumterlaksanasecaramaksimal.Modelpembelajar-anyangbiasaditerapkandiSMPNegeriISingosarimasihbersifatteachercen-teredsehinggasiswatidakmemilikikesempatanuntukmengembangkanpenge-tahuandankemampuanberpikirkritisnya.Halinidibuktikandenganjawabanulanganhariansiswayangseringmunculhanyabersifattransferpengetahuansajadanbelummampumenuntunsiswakearahberpikirkritis.Untukmemperbaikikondisitersebutmakadisusunsuatupembelajaranyanginovatifdankreatif.Sa-lahsatumodelpembelajaranyangdapatdipergunakanadalahmodelPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning).ProblemBasedLearning/PBLme-rupakansuatumodelpembelajaranyangmenggunakanmasalahdunianyataseba-gaisuatukonteksbagisiswauntukbelajartentangcaraberpikirkritisdankete-rampilanpemecahanmasalahsertauntukmemperolehpengetahuandankonsepyangpentingdarimateripelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanketuntasanhasilbelajarsiswakelasVII-HSMPNISingosarimelaluipenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasVII-HSMPNegeriISingosariyangberjum-lah36siswayangterdiridari20siswaputridan16siswaputra.Datadalampene-litianiniberupakemampuanberpikirkritisdanketuntasanhasilbelajarsiswayangdiperolehdaripengambilandataberupahasiltestulisakhirsiklusterhadapsiswapadasiklusIdansiklusII.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelPBLpadamatapelajaranBiologikhususnyamateripencemaranlingkungandapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasVII-HSMPN1Singosaridengantingkatkenaikan158atausebesar69%yangdiikutidengankenaikanketuntasanhasilbelajarsiswasebesar674%.Berdasarkanhasilpembahasandapatdisarankanbagipenelitiuntukmeningkatkanketerampilandalammemotivasisiswaagarlebihaktifuntukbertanyamenjawabdanberpendapatsertameningkatkanketerampilandalammemberikanpertanyaanyangtidakmenimbulkanjawabanserentak.BagiguruyangkemampuanberpikirkritissiswanyamasihkurangsupayamenerapkanmodelpembelajaranPBLuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.</description><date>2010-02-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Fitriyanti, Yulia Eka (2010) Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-H SMPN 1 Singosari / Yulia Eka Fitriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>24672</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Fitriyanti, Yulia Eka |
title |
Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-H SMPN 1 Singosari / Yulia Eka Fitriyanti |
publishDate |
2010 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://repository.um.ac.id/24672/ |
contents |
ABSTRAKFitriyantiYuliaEka.2009.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanKetuntasanHasilBelajarSiswaKelasVII-HSMPN1Singosari.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pd.(II)Dra.MurniSaptasariM.Si.KatakunciProblemBasedLearningkemampuanberpikirkritisketuntasanhasilbelajarSMPNegeriISingosaritelahmenerapkanKurikulumTingkatSatuanPen-didikan(KTSP)sejaktahun2006.BerdasarkanhasilobservasipenelitiselamamelakukanPPLdiSMPNegeri1SingosaripenerapanpembelajaranyangsesuaidengankarakteristikKTSPbelumterlaksanasecaramaksimal.Modelpembelajar-anyangbiasaditerapkandiSMPNegeriISingosarimasihbersifatteachercen-teredsehinggasiswatidakmemilikikesempatanuntukmengembangkanpenge-tahuandankemampuanberpikirkritisnya.Halinidibuktikandenganjawabanulanganhariansiswayangseringmunculhanyabersifattransferpengetahuansajadanbelummampumenuntunsiswakearahberpikirkritis.Untukmemperbaikikondisitersebutmakadisusunsuatupembelajaranyanginovatifdankreatif.Sa-lahsatumodelpembelajaranyangdapatdipergunakanadalahmodelPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning).ProblemBasedLearning/PBLme-rupakansuatumodelpembelajaranyangmenggunakanmasalahdunianyataseba-gaisuatukonteksbagisiswauntukbelajartentangcaraberpikirkritisdankete-rampilanpemecahanmasalahsertauntukmemperolehpengetahuandankonsepyangpentingdarimateripelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanketuntasanhasilbelajarsiswakelasVII-HSMPNISingosarimelaluipenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasVII-HSMPNegeriISingosariyangberjum-lah36siswayangterdiridari20siswaputridan16siswaputra.Datadalampene-litianiniberupakemampuanberpikirkritisdanketuntasanhasilbelajarsiswayangdiperolehdaripengambilandataberupahasiltestulisakhirsiklusterhadapsiswapadasiklusIdansiklusII.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelPBLpadamatapelajaranBiologikhususnyamateripencemaranlingkungandapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasVII-HSMPN1Singosaridengantingkatkenaikan158atausebesar69%yangdiikutidengankenaikanketuntasanhasilbelajarsiswasebesar674%.Berdasarkanhasilpembahasandapatdisarankanbagipenelitiuntukmeningkatkanketerampilandalammemotivasisiswaagarlebihaktifuntukbertanyamenjawabdanberpendapatsertameningkatkanketerampilandalammemberikanpertanyaanyangtidakmenimbulkanjawabanserentak.BagiguruyangkemampuanberpikirkritissiswanyamasihkurangsupayamenerapkanmodelpembelajaranPBLuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa. |
id |
IOS13003.24672 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:09:42Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:09:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752722643224625152 |
score |
17.538404 |