Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi siswa kelas X.5 SMA Negeri 8 Malang / Indarwati

Main Author: Indarwati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/24595/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilobservasipembelajarandiSMANegeri8Malangkebanyakanmenggunakanmetodeceramahyangdiselingitanyajawabdandiskusiyangpembentukankelompoknyatanpamemperhatikankemampuanakademiksehinggadalamprosespembelajaransiswacenderungbelajardenganteman-temanakrabnyasaja.Halinimengakibatkanpadasaatdiskusisiswalebihbanyakmembicarakanhallaindiluarpelajaransehinggahasilbelajarsiswakurangoptimal.DarihasilobservasidiketahuiketuntasanbelajarsiswakelasX.5sebesar62.2%.SalahsatucarauntukmengatasipembelajaranyangkebanyakanmenggunakanmetodeceramahpembentukankelompokyangtidakdiacakberdasarkankemampuanakademikdanmasihrendahnyaketuntasanbelajarmakadapatdilakukanpengembanganstrategipembelajarankooperatifmodelSTAD(StudentTeamAchievementDivision).STADmerupakanbentukpembelajaranyanglebihmenekankanpadakegiatanbelajarkelompoksebabsiswasecaraaktifmelakukandiskusikerjasamasalingmembantudansemuaanggotakelompokmempunyaiperandantanggungjawabyangsama.Tujuandaripenelitianiniyaitu(1)mengetahuipeningkatanaktivitasbelajarbiologisiswakelasX.5SMANegeri8MalangdenganpenerapanpembelajarankooperatifmodelSTAD(2)mengetahuipeningkatanprestasibelajarbiologisiswakelasX.5SMANegeri8MalangdenganpenerapanpembelajarankooperatifmodelSTAD.JenisPenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangdilaksanakandalam2siklus.PenelitianinidilaksanakandiSMANegeri8MalangpadabulanSeptember-Nopember2007.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelaskelasX.5SMANegeri8Malangyangberjumlah37orang.Datapenelitianiniberupaaktivitasdanprestasibelajarsiswa.AktivitasbelajarsiswadiketahuidarilembarobservasisedangkanprestasibelajarsiswadiketahuidariselisihskorulangansiklusIdansiklusII.KetuntasanbelajardianalisisdenganmenggunakanhasilskorulangansiklusIdansiklusIImenggunakankriteriaketuntasanbelajar.Siswamencapaiketuntasanbelajarjikatelahmencapaiskor6161975dandayaserapklasikal85%siswayangmencapaiskor6161975.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswameningkatsebesar18.5%yaitudari53.7%padasiklusImenjadi72.2%padasiklusII.PrestasibelajarsiswapadasiklusIdiperolehrata-ratasebesar86.4denganketuntasanbelajarsebesar81%sedangkanpadasiklusIIrata-rataprestasibelajarnyasebesar956denganketuntasanbelajarsebesar97.3%.JadiketuntasanbelajarmeningkatdarisikluskesiklusIIsebesar16.3%.BerdasarkanpenelitianinidapatdisarankanpenerapanpembelajaranbiologidapatmenggunakanpembelajarankooperatifmodelSTADkarenadapatmeningkatkanaktivitasdanprestasibelajarsiswa.