Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi siswa kelas X.5 SMA Negeri 8 Malang / Indarwati
Main Author: | Indarwati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24595/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilobservasipembelajarandiSMANegeri8Malangkebanyakanmenggunakanmetodeceramahyangdiselingitanyajawabdandiskusiyangpembentukankelompoknyatanpamemperhatikankemampuanakademiksehinggadalamprosespembelajaransiswacenderungbelajardenganteman-temanakrabnyasaja.Halinimengakibatkanpadasaatdiskusisiswalebihbanyakmembicarakanhallaindiluarpelajaransehinggahasilbelajarsiswakurangoptimal.DarihasilobservasidiketahuiketuntasanbelajarsiswakelasX.5sebesar62.2%.SalahsatucarauntukmengatasipembelajaranyangkebanyakanmenggunakanmetodeceramahpembentukankelompokyangtidakdiacakberdasarkankemampuanakademikdanmasihrendahnyaketuntasanbelajarmakadapatdilakukanpengembanganstrategipembelajarankooperatifmodelSTAD(StudentTeamAchievementDivision).STADmerupakanbentukpembelajaranyanglebihmenekankanpadakegiatanbelajarkelompoksebabsiswasecaraaktifmelakukandiskusikerjasamasalingmembantudansemuaanggotakelompokmempunyaiperandantanggungjawabyangsama.Tujuandaripenelitianiniyaitu(1)mengetahuipeningkatanaktivitasbelajarbiologisiswakelasX.5SMANegeri8MalangdenganpenerapanpembelajarankooperatifmodelSTAD(2)mengetahuipeningkatanprestasibelajarbiologisiswakelasX.5SMANegeri8MalangdenganpenerapanpembelajarankooperatifmodelSTAD.JenisPenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangdilaksanakandalam2siklus.PenelitianinidilaksanakandiSMANegeri8MalangpadabulanSeptember-Nopember2007.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelaskelasX.5SMANegeri8Malangyangberjumlah37orang.Datapenelitianiniberupaaktivitasdanprestasibelajarsiswa.AktivitasbelajarsiswadiketahuidarilembarobservasisedangkanprestasibelajarsiswadiketahuidariselisihskorulangansiklusIdansiklusII.KetuntasanbelajardianalisisdenganmenggunakanhasilskorulangansiklusIdansiklusIImenggunakankriteriaketuntasanbelajar.Siswamencapaiketuntasanbelajarjikatelahmencapaiskor6161975dandayaserapklasikal85%siswayangmencapaiskor6161975.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswameningkatsebesar18.5%yaitudari53.7%padasiklusImenjadi72.2%padasiklusII.PrestasibelajarsiswapadasiklusIdiperolehrata-ratasebesar86.4denganketuntasanbelajarsebesar81%sedangkanpadasiklusIIrata-rataprestasibelajarnyasebesar956denganketuntasanbelajarsebesar97.3%.JadiketuntasanbelajarmeningkatdarisikluskesiklusIIsebesar16.3%.BerdasarkanpenelitianinidapatdisarankanpenerapanpembelajaranbiologidapatmenggunakanpembelajarankooperatifmodelSTADkarenadapatmeningkatkanaktivitasdanprestasibelajarsiswa.