Keefektifan teknik creative problem-solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah sebagai upaya mencegah bullying / Hasan Ismail

Main Author: Ismail, Hasan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/2374/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIsmailHasan.2018.KeefektifanTeknikCreativeProblem-SolvinguntukMeningkatkanKeterampilanMemecahkanMasalahSebagaiUpayaMencegahBullying.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(i)Dr.DanyM.HandariniM.A(ii)Dr.H.AdiAtmokoM.SiKatakuncicreativeproblem-solvingketerampilanmemecahkanmasalahsiswaSMPPadadasarnyamanusiatidakterlepasdarimasalah.Setiappermasalahanyangdialamimemerlukanpenyelesaian.Apabilaindividurendahdalamketerampilanmemecahkanmasalahsalahsatudampakyangmunculkedepanadalahtindakanbullying.Untukbisamencegahtindakbullyingmakaindividuperlumeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalah.Keterampilanmemecahkanmasalahbisaditingkatkandengansalahsatuteknikyakniteknikcreativeproblem-solving.Teknikcreativeproblem-solvingmerupakantekniktahapberpikiruntukmemunculkansuatuidebarumenyintesiside-idesekaligusmengimplementasikanidetersebut.Pengertianideyangdimaksudadalahprosespenyelesaianmasalah.Kelebihanteknikcreativeproblemsolvingadalahteknikinimemberikankesempatanseluas-luasnyapadaindividuuntukberpendapatdalammemunculkanide-idedenganmengakhirkankritikmaupunpenilaianhinggaadakeputusanfinalyangdibuathinggadiperolehsuatusolusiuntukpemecahanmasalah.Fenomenatersebutditunjangdenganadanyapanduanuntukmeningkatkanketerampilandenganteknikcreativeproblem-solvingsebagaiusahamencegahbullying.Tujuanpenelitianiniadalahmengujikeefektifanteknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalah.Penelitianinimenggunakaneksperimensemudanrancanganpenelitianyangdigunakanadalahthetimeseriesdesign.Pengumpulandatamenggunakanskalaketerampilanmemecahkanmasalah.Sampelditentukanmenggunakansamplingpurposive.SubjekpenelitianadalahsiswaSMPyangberjumlah14siswayangmemilikiskorskalaketerampilanmemecahkanmasalahrendah.InstrumenperlakuandanpenilaiandiadaptasidarihasildanpengembanganSukarno(2016).Analisisdatadalampenelitianinimenggunakanstatistiknon-parametricujibedaWilcoxon.Subjekpenelitiansetelahdiberikanperlakuanmengalamipeningkatanskorketerampilanmemecahkanmasalah.Peningkatantersebutditunjukkandenganperbedaanselisihangkadaripre-teskepost-test.Hasilanalisistersebutbermaknateknikcreativeproblem-solvingefektifuntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahsebagaiusahamencegahbullying.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadaguruBKuntukmenggunakanteknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahkarenasudahterujikeefektifan.Teknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahdigunakansesuaidenganpanduandanproseduryangada.