Keefektifan teknik creative problem-solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah sebagai upaya mencegah bullying / Hasan Ismail

Main Author: Ismail, Hasan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/2374/
ctrlnum 2374
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/2374/</relation><title>Keefektifan teknik creative problem-solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah sebagai upaya mencegah bullying / Hasan Ismail</title><creator>Ismail, Hasan</creator><description>ABSTRAKIsmailHasan.2018.KeefektifanTeknikCreativeProblem-SolvinguntukMeningkatkanKeterampilanMemecahkanMasalahSebagaiUpayaMencegahBullying.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(i)Dr.DanyM.HandariniM.A(ii)Dr.H.AdiAtmokoM.SiKatakuncicreativeproblem-solvingketerampilanmemecahkanmasalahsiswaSMPPadadasarnyamanusiatidakterlepasdarimasalah.Setiappermasalahanyangdialamimemerlukanpenyelesaian.Apabilaindividurendahdalamketerampilanmemecahkanmasalahsalahsatudampakyangmunculkedepanadalahtindakanbullying.Untukbisamencegahtindakbullyingmakaindividuperlumeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalah.Keterampilanmemecahkanmasalahbisaditingkatkandengansalahsatuteknikyakniteknikcreativeproblem-solving.Teknikcreativeproblem-solvingmerupakantekniktahapberpikiruntukmemunculkansuatuidebarumenyintesiside-idesekaligusmengimplementasikanidetersebut.Pengertianideyangdimaksudadalahprosespenyelesaianmasalah.Kelebihanteknikcreativeproblemsolvingadalahteknikinimemberikankesempatanseluas-luasnyapadaindividuuntukberpendapatdalammemunculkanide-idedenganmengakhirkankritikmaupunpenilaianhinggaadakeputusanfinalyangdibuathinggadiperolehsuatusolusiuntukpemecahanmasalah.Fenomenatersebutditunjangdenganadanyapanduanuntukmeningkatkanketerampilandenganteknikcreativeproblem-solvingsebagaiusahamencegahbullying.Tujuanpenelitianiniadalahmengujikeefektifanteknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalah.Penelitianinimenggunakaneksperimensemudanrancanganpenelitianyangdigunakanadalahthetimeseriesdesign.Pengumpulandatamenggunakanskalaketerampilanmemecahkanmasalah.Sampelditentukanmenggunakansamplingpurposive.SubjekpenelitianadalahsiswaSMPyangberjumlah14siswayangmemilikiskorskalaketerampilanmemecahkanmasalahrendah.InstrumenperlakuandanpenilaiandiadaptasidarihasildanpengembanganSukarno(2016).Analisisdatadalampenelitianinimenggunakanstatistiknon-parametricujibedaWilcoxon.Subjekpenelitiansetelahdiberikanperlakuanmengalamipeningkatanskorketerampilanmemecahkanmasalah.Peningkatantersebutditunjukkandenganperbedaanselisihangkadaripre-teskepost-test.Hasilanalisistersebutbermaknateknikcreativeproblem-solvingefektifuntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahsebagaiusahamencegahbullying.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadaguruBKuntukmenggunakanteknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahkarenasudahterujikeefektifan.Teknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahdigunakansesuaidenganpanduandanproseduryangada.</description><date>2018-07-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Ismail, Hasan (2018) Keefektifan teknik creative problem-solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah sebagai upaya mencegah bullying / Hasan Ismail. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>2374</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Ismail, Hasan
title Keefektifan teknik creative problem-solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah sebagai upaya mencegah bullying / Hasan Ismail
publishDate 2018
url http://repository.um.ac.id/2374/
contents ABSTRAKIsmailHasan.2018.KeefektifanTeknikCreativeProblem-SolvinguntukMeningkatkanKeterampilanMemecahkanMasalahSebagaiUpayaMencegahBullying.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(i)Dr.DanyM.HandariniM.A(ii)Dr.H.AdiAtmokoM.SiKatakuncicreativeproblem-solvingketerampilanmemecahkanmasalahsiswaSMPPadadasarnyamanusiatidakterlepasdarimasalah.Setiappermasalahanyangdialamimemerlukanpenyelesaian.Apabilaindividurendahdalamketerampilanmemecahkanmasalahsalahsatudampakyangmunculkedepanadalahtindakanbullying.Untukbisamencegahtindakbullyingmakaindividuperlumeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalah.Keterampilanmemecahkanmasalahbisaditingkatkandengansalahsatuteknikyakniteknikcreativeproblem-solving.Teknikcreativeproblem-solvingmerupakantekniktahapberpikiruntukmemunculkansuatuidebarumenyintesiside-idesekaligusmengimplementasikanidetersebut.Pengertianideyangdimaksudadalahprosespenyelesaianmasalah.Kelebihanteknikcreativeproblemsolvingadalahteknikinimemberikankesempatanseluas-luasnyapadaindividuuntukberpendapatdalammemunculkanide-idedenganmengakhirkankritikmaupunpenilaianhinggaadakeputusanfinalyangdibuathinggadiperolehsuatusolusiuntukpemecahanmasalah.Fenomenatersebutditunjangdenganadanyapanduanuntukmeningkatkanketerampilandenganteknikcreativeproblem-solvingsebagaiusahamencegahbullying.Tujuanpenelitianiniadalahmengujikeefektifanteknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalah.Penelitianinimenggunakaneksperimensemudanrancanganpenelitianyangdigunakanadalahthetimeseriesdesign.Pengumpulandatamenggunakanskalaketerampilanmemecahkanmasalah.Sampelditentukanmenggunakansamplingpurposive.SubjekpenelitianadalahsiswaSMPyangberjumlah14siswayangmemilikiskorskalaketerampilanmemecahkanmasalahrendah.InstrumenperlakuandanpenilaiandiadaptasidarihasildanpengembanganSukarno(2016).Analisisdatadalampenelitianinimenggunakanstatistiknon-parametricujibedaWilcoxon.Subjekpenelitiansetelahdiberikanperlakuanmengalamipeningkatanskorketerampilanmemecahkanmasalah.Peningkatantersebutditunjukkandenganperbedaanselisihangkadaripre-teskepost-test.Hasilanalisistersebutbermaknateknikcreativeproblem-solvingefektifuntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahsebagaiusahamencegahbullying.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadaguruBKuntukmenggunakanteknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahkarenasudahterujikeefektifan.Teknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahdigunakansesuaidenganpanduandanproseduryangada.
id IOS13003.2374
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T03:09:31Z
last_indexed 2021-11-04T07:06:45Z
recordtype dc
_version_ 1752723152583000064
score 17.538404