Keefektifan teknik creative problem-solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah sebagai upaya mencegah bullying / Hasan Ismail
Main Author: | Ismail, Hasan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2374/ |
ctrlnum |
2374 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/2374/</relation><title>Keefektifan teknik creative problem-solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah sebagai upaya mencegah bullying / Hasan Ismail</title><creator>Ismail, Hasan</creator><description>ABSTRAKIsmailHasan.2018.KeefektifanTeknikCreativeProblem-SolvinguntukMeningkatkanKeterampilanMemecahkanMasalahSebagaiUpayaMencegahBullying.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(i)Dr.DanyM.HandariniM.A(ii)Dr.H.AdiAtmokoM.SiKatakuncicreativeproblem-solvingketerampilanmemecahkanmasalahsiswaSMPPadadasarnyamanusiatidakterlepasdarimasalah.Setiappermasalahanyangdialamimemerlukanpenyelesaian.Apabilaindividurendahdalamketerampilanmemecahkanmasalahsalahsatudampakyangmunculkedepanadalahtindakanbullying.Untukbisamencegahtindakbullyingmakaindividuperlumeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalah.Keterampilanmemecahkanmasalahbisaditingkatkandengansalahsatuteknikyakniteknikcreativeproblem-solving.Teknikcreativeproblem-solvingmerupakantekniktahapberpikiruntukmemunculkansuatuidebarumenyintesiside-idesekaligusmengimplementasikanidetersebut.Pengertianideyangdimaksudadalahprosespenyelesaianmasalah.Kelebihanteknikcreativeproblemsolvingadalahteknikinimemberikankesempatanseluas-luasnyapadaindividuuntukberpendapatdalammemunculkanide-idedenganmengakhirkankritikmaupunpenilaianhinggaadakeputusanfinalyangdibuathinggadiperolehsuatusolusiuntukpemecahanmasalah.Fenomenatersebutditunjangdenganadanyapanduanuntukmeningkatkanketerampilandenganteknikcreativeproblem-solvingsebagaiusahamencegahbullying.Tujuanpenelitianiniadalahmengujikeefektifanteknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalah.Penelitianinimenggunakaneksperimensemudanrancanganpenelitianyangdigunakanadalahthetimeseriesdesign.Pengumpulandatamenggunakanskalaketerampilanmemecahkanmasalah.Sampelditentukanmenggunakansamplingpurposive.SubjekpenelitianadalahsiswaSMPyangberjumlah14siswayangmemilikiskorskalaketerampilanmemecahkanmasalahrendah.InstrumenperlakuandanpenilaiandiadaptasidarihasildanpengembanganSukarno(2016).Analisisdatadalampenelitianinimenggunakanstatistiknon-parametricujibedaWilcoxon.Subjekpenelitiansetelahdiberikanperlakuanmengalamipeningkatanskorketerampilanmemecahkanmasalah.Peningkatantersebutditunjukkandenganperbedaanselisihangkadaripre-teskepost-test.Hasilanalisistersebutbermaknateknikcreativeproblem-solvingefektifuntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahsebagaiusahamencegahbullying.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadaguruBKuntukmenggunakanteknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahkarenasudahterujikeefektifan.Teknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahdigunakansesuaidenganpanduandanproseduryangada.</description><date>2018-07-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Ismail, Hasan (2018) Keefektifan teknik creative problem-solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah sebagai upaya mencegah bullying / Hasan Ismail. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>2374</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Ismail, Hasan |
title |
Keefektifan teknik creative problem-solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah sebagai upaya mencegah bullying / Hasan Ismail |
publishDate |
2018 |
url |
http://repository.um.ac.id/2374/ |
contents |
ABSTRAKIsmailHasan.2018.KeefektifanTeknikCreativeProblem-SolvinguntukMeningkatkanKeterampilanMemecahkanMasalahSebagaiUpayaMencegahBullying.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(i)Dr.DanyM.HandariniM.A(ii)Dr.H.AdiAtmokoM.SiKatakuncicreativeproblem-solvingketerampilanmemecahkanmasalahsiswaSMPPadadasarnyamanusiatidakterlepasdarimasalah.Setiappermasalahanyangdialamimemerlukanpenyelesaian.Apabilaindividurendahdalamketerampilanmemecahkanmasalahsalahsatudampakyangmunculkedepanadalahtindakanbullying.Untukbisamencegahtindakbullyingmakaindividuperlumeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalah.Keterampilanmemecahkanmasalahbisaditingkatkandengansalahsatuteknikyakniteknikcreativeproblem-solving.Teknikcreativeproblem-solvingmerupakantekniktahapberpikiruntukmemunculkansuatuidebarumenyintesiside-idesekaligusmengimplementasikanidetersebut.Pengertianideyangdimaksudadalahprosespenyelesaianmasalah.Kelebihanteknikcreativeproblemsolvingadalahteknikinimemberikankesempatanseluas-luasnyapadaindividuuntukberpendapatdalammemunculkanide-idedenganmengakhirkankritikmaupunpenilaianhinggaadakeputusanfinalyangdibuathinggadiperolehsuatusolusiuntukpemecahanmasalah.Fenomenatersebutditunjangdenganadanyapanduanuntukmeningkatkanketerampilandenganteknikcreativeproblem-solvingsebagaiusahamencegahbullying.Tujuanpenelitianiniadalahmengujikeefektifanteknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalah.Penelitianinimenggunakaneksperimensemudanrancanganpenelitianyangdigunakanadalahthetimeseriesdesign.Pengumpulandatamenggunakanskalaketerampilanmemecahkanmasalah.Sampelditentukanmenggunakansamplingpurposive.SubjekpenelitianadalahsiswaSMPyangberjumlah14siswayangmemilikiskorskalaketerampilanmemecahkanmasalahrendah.InstrumenperlakuandanpenilaiandiadaptasidarihasildanpengembanganSukarno(2016).Analisisdatadalampenelitianinimenggunakanstatistiknon-parametricujibedaWilcoxon.Subjekpenelitiansetelahdiberikanperlakuanmengalamipeningkatanskorketerampilanmemecahkanmasalah.Peningkatantersebutditunjukkandenganperbedaanselisihangkadaripre-teskepost-test.Hasilanalisistersebutbermaknateknikcreativeproblem-solvingefektifuntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahsebagaiusahamencegahbullying.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadaguruBKuntukmenggunakanteknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahkarenasudahterujikeefektifan.Teknikcreativeproblem-solvinguntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahdigunakansesuaidenganpanduandanproseduryangada. |
id |
IOS13003.2374 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T03:09:31Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:06:45Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752723152583000064 |
score |
17.538404 |