Perbandingan prestasi belajar siswa kelas II yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD dengan konvensionalpada materi koloid diSMA Negeri 1 Lawang oleh Subiyanto
Main Author: | Subiyanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23496/ |
Daftar Isi:
- KimiamerupakanilmupengetahuaynangbersifatabstrakkarenakonsepkonsepnymaemerlukankemampuanberFrkirsecaraabstrakK.emampuanberfikirsecarabstrakdapattercapabiilasiswadihadapkanpadaobyekataugambarandiskriptifyangmembangunsuatukonsep/kesimpuladnaninidicapaidenganmenerapkamnetodepembelajaratnertentuyangsesuaiM.etodepembelajaranyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodepembelajaraknooperatifmodelSTAD.TujuanpenelitianiniuntukmengetahupierbedaapnrestasbielajardanefelctivitamsodelpembelajaraSnTADdibandingkandenganmodelpembelajaraknonvensional.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimentamlurni(Truelixperimental)denganrancanganpenelitianyangdipilihadalahl)ttstlestonly(lontrollGroupdesignWaktupenelitiandilaksanakapnadabulanApril-Mei2003.UjiprasyaraatnalisisyangdigunakanmeliputiujinormalitasujihomogenitasdanujihipotesisD.alampenelitianinidisertakajnugaanalisisdeskriptiftentangaktivitassiswaselamaprosespembelajaranA.nalisisinibertujuanuntukmengelolasikapsiswaselamaprosespembelajaraknooperatif.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(l)siswayangdiajardenganpembelajaraknooperatimfodelSTADmemilikiprestasyianglebihtinggi(5768)dibandingkansiswayangdiajardenganmetodepembelajaraknonvensional(5563)(2)metodeSTADtidaklebihefektifbiladibandingkandenganmetodekonvensional(3In)teraksisiswadalamkelimaaspekpembelajaraSnTADtergolongrendahyaitua.salingketergantungapnositif19%b.interakslaingsungantarsiswa1925%c.pertanggungiawabainndividul8%d.keefektifankelompok1425%e.keterampilanberinteraksaintarindividudankelompok13.25o1o.