Perbandingan prestasi belajar siswa kelas II yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD dengan konvensionalpada materi koloid diSMA Negeri 1 Lawang oleh Subiyanto

Main Author: Subiyanto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23496/
Daftar Isi:
  • KimiamerupakanilmupengetahuaynangbersifatabstrakkarenakonsepkonsepnymaemerlukankemampuanberFrkirsecaraabstrakK.emampuanberfikirsecarabstrakdapattercapabiilasiswadihadapkanpadaobyekataugambarandiskriptifyangmembangunsuatukonsep/kesimpuladnaninidicapaidenganmenerapkamnetodepembelajaratnertentuyangsesuaiM.etodepembelajaranyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodepembelajaraknooperatifmodelSTAD.TujuanpenelitianiniuntukmengetahupierbedaapnrestasbielajardanefelctivitamsodelpembelajaraSnTADdibandingkandenganmodelpembelajaraknonvensional.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimentamlurni(Truelixperimental)denganrancanganpenelitianyangdipilihadalahl)ttstlestonly(lontrollGroupdesignWaktupenelitiandilaksanakapnadabulanApril-Mei2003.UjiprasyaraatnalisisyangdigunakanmeliputiujinormalitasujihomogenitasdanujihipotesisD.alampenelitianinidisertakajnugaanalisisdeskriptiftentangaktivitassiswaselamaprosespembelajaranA.nalisisinibertujuanuntukmengelolasikapsiswaselamaprosespembelajaraknooperatif.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(l)siswayangdiajardenganpembelajaraknooperatimfodelSTADmemilikiprestasyianglebihtinggi(5768)dibandingkansiswayangdiajardenganmetodepembelajaraknonvensional(5563)(2)metodeSTADtidaklebihefektifbiladibandingkandenganmetodekonvensional(3In)teraksisiswadalamkelimaaspekpembelajaraSnTADtergolongrendahyaitua.salingketergantungapnositif19%b.interakslaingsungantarsiswa1925%c.pertanggungiawabainndividul8%d.keefektifankelompok1425%e.keterampilanberinteraksaintarindividudankelompok13.25o1o.