Pengaruh WAFLE: Web-based Assessment for Learning menggunakan aplikasi go formative terhadap peningkatan penguasaan konsep fisika siswa SMAN 2 Malang / Izzah Zahrona

Main Author: Zahrona, Izzah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20912/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANZahronaIzzah.2018.PengaruhWAFLEWeb-BasedAssessmentForLearningMenggunakanAplikasiGoFormativeTerhadapPeningkatanPenguasaanKonsepFisikaSiswaSMAN2Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanFisikJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)SujitoS.PdM.Si(2)Drs.AsimM.Pd.KataKunciAssessmentforLearningGoFormativePenguasaanKonsep.Assessmentformatifatauassessmentforlearningberperansangatpentingdalampembelajaranfisika.Denganadanyaassessmentforlearningsiswaakanmendapatkanfeedbackdarigurutentangperkembanganbelajarnya(penguasaankonsep).Assessmentforlearningjugaberperanpentingbagigurusebagaimonitorperkembanganhasilbelajar(penguasaankonsep)siswa.Namunpadakenyataannyaassessmentforlearningsangatlahsulituntukditerapkansehinggaseringkaligurumengabaikanassessmentforlearning.Beberapapenilitianyangmengungkapkanbahwafaktoryangmempengaruhinyaadalahwaktupemberianfeedbackyangmemerlukanwaktuyanglama.WAFLEWeb-BasedAssessmentForLearningmenggunakanaplikasiGoFormativesebagaisolusidaripermasalahantersebut.Tujuanpenelitianinimengetahuipengaruhpembelajaransiklus5E(learningcycle)berbantuanWAFLEweb-basedassessmentforlearningmenggunakanaplikasigoformativeuntukmeningkatkanpenguasaankonsepfisikaSMAN2Malang.Rancanganpenelitianinieksperimensemu(quasi-experiment).Desainpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniyaitupretest-posttestcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXIPASMAN2Malangtahunpelajaran2017/2018.SampelpadapenelitianiniterdapatduakelasyaitukelasXIPA1terdiriatas33siswadan34siswakelasXIPA2.Pemilihansampelmenggunakanmetodeclusterrandomsampling.Pembelajaranyangdilakukanyaitumenggunakanmodelpembelajarandengansiklus5E(LearningCycle).Langkah-langkahpembelajarandengansiklus5E(LearningCycle)adalahpersiapan(engagement)eksplorasi(exploration)penjelasan(explanation)elaborasi(elaboration)evaluasi(evaluation).Hasilpenelitiannilaiposttestpadakelasekpeerimendiperolehthitung71551669(ttabel)danreratanilaiposttestkelaseksperimenlebihbaikdaripadareratakelaskontrol.Hasilanalisisdatamenunjukkanadanyaperbedaanpenguasaankonsepfisikasiswayangmenggunakanassessmentforlearningberbasiswebdengansiswayangmenggunakanassessmentforlearningberbasiskonvensionalataupapertest.Haliniterjadikarenaassessmentforlearningberbasiswebmemberikanfeedbackyangcepatdantepatsehinggaberdampakpositifterhadappenguasaankonsepfisikayangdiamatiselamapembelajaranberlangsung.Sehinggamenjadikansiswalebihgiatdanmemperbaikisegerakesalahandaripemahamansuatukonsepfisika.