Pengembangan instrumen diagnostik three-tier untuk mengindentifikasi miskonsepsi materi fluida statis pada siswa kelas X MIA / Anisa Matinu Saifullah

Main Author: Saifullah, Anisa Matinu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20729/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaifullahAnisaMatinu.2015.PengembanganInstrumenDiagnostikThree-TieruntukMengidentifikasiMiskonsepsiMateriFluidaStatispadaSiswaKelasXMIA.SkripsiJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.WartonoM.Pd.(2)SugiyantoS.PdM.Si.Katakunciinstrumendiagnostikthreetiermiskonsepsifluidastatis.Seseorangmembangunkonsepsinyamelaluipengalamanpribadibaikdaridalamkelasmaupunluarkelas.Konsepsiyangtelahdibangunolehsiswabelumtentudianggapsesuaimenurutpandanganmasyarakatilmiah.Konsepsisiswayangtidaksesuaidenganpandanganmasyarakatilmiahdandigunakanolehsiswasecarakonsistendisebutdenganistilahmiskonsepsi.Fisikamerupakansalahsatumatapelajaranyangmengkajimaterimelaluifenomenaalamsehinggamiskonsepsiakanlebihmudahterjadipadadirisiswasalahsatucontohnyaadalahpadamaterifluidastatis.Instrumendiagnostikthreetierdianggappalinghandaluntukmengidentifikasimiskonsepsi.Olehkarenaituperludilakukanpenelitianpengembangandanpenggunaaninstrumendiagnostikthreetierdengantujuanuntukmegidentifikasimiskonsepsiyangdimilikisiswapadamaterifluidastatis.Penelitianyangdilakukanmerupakanpenelitianpengembangan.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXMIA4MAN3Malang.Instrumenyangdikembangkanadalahinstrumendiagnostikthreetierberjumlah24butirsoaldengan4alternatifjawaban4alternatifalasanpemilihanjawabandankeyakinanjawaban(yakin/tidakyakin)dengan3rentangtingkatkeyakinan.Terdapatempatprosedurpokokdalampenelitianiniyaitu(1)melakukanstudipendahuluan(2)menyusundanmenyebarkantesuraianterbuka(3)penyusunandanvalidasiinstrumendiagnostikthree-tier(4)ujicobadananalisismiskonsepsidarihasilujicobainstrumendiagnostikthree-tier.Hasiltesdianalisissecarakuantitatifdankualitatif.Produkyangdihasilkandinyatakanlayakuntukmengidentifikasimiskonsepsidilihatdarisegiranahmaterikonstruksibahasadankemampuanidentifikasimiskonsepsimenurutpenilaianahli.Iniditunjukkanbahwarata-ratapenilaianke24butirsoaldiatas326.ProdukyangtelahdinyatakanlayakdandirevisidigunakanuntukmengidentifikasimiskonsepsisiswakelasXMIA4MAN3Malang.Hasilidentifikasimenunjukkanbahwasiswayangmengalamimiskonsepsidansiswayangtidakmemilikikonsepsipadamaterifluidastatismasihcukupbesar.Siswayangmengalamimiskonsepsipadamaterifluidastatissebesar269%-346%dansiswayangdinyatakantidakmemilikikonsepsisebesar308%-443%.Halinimerupakanmasalahbesaryangperlumenjadiperhatiandalamduniapendidikan.Jenismiskonsepsiyangditemukanpadamaterifluidastatisjugacukupberagamdiantaranyasiswaberanggapanbahwa(1)luasbejanamempengaruhibesarnyatekananhidrostatis(2)gayayangdiberikanpadafluidaakanditeruskankesegalaarahsamabesar(3)gayaArchimedesdipengaruhikedalamanbendadalamfluida.8195