Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Puji Astuti
Main Author: | Astuti, Puji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20510/ |
Daftar Isi:
- KataKunciLembarKerjaSiswaPrestasiBelajar.BerdasarkanstudipendahuluanyangdilakukanmelaluikegiatanobservasidiperolehinformasitentangrendahnyaprestasibelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeri4Malang.Haliniditunjukkandenganrendahnyarata-ratanilaiulanganharianfisikasiswakelasVIIIyangbelummemenuhiKriteriaKetuntasanMinimum(KKM)yaitu75.Kegiatanpembelajaranyangdikembangkanolehgurumasihcenderungberpusatpadagurudankurangmelibatkansiswa.LembarKerjaSiswayangselamainidigunakandalamkegiatanpembelajaranhanyasebatasuntukkegiatandiskusimenjawabpertanyaansedangkankegiataneksperimenjarangsekalidilakukankarenapelaksanaannyadinilaikurangefisien.DiperlukankejelasanLembarKerjaSiswamanayangmemilikidampaklebihbesarbagipeningkatanprestasibelajarfisikasiswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpelaksanaanpenggunaanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendannon-eksperimendalampembelajarandanmenunjukkanprestasibelajarfisikayanglebihbaikantarasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendansiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.Desainpenelitianiniadalahpenelitianeksperimensemudimanaadaduakelaseksperimen.SiswakelaseksperimenIbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimensedangkansiswakelaseksperimenIIbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.Duakelaseksperimendiperolehdenganteknikpurposivesampling.Sebelumperlakuandiberikansiswaharusmengalamipretestuntukmengetahuiprestasibelajarawalfisikasiswasedangkanprestasibelajarakhirdiukurmenggunakanduacarayaituposttestpadatiapakhirpertemuansesuaidenganmateriyangdisampaikandandiakhirperlakuan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendannon-eksperimenterlaksanadenganbaik.PrestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimenlebihbaikdibandingkandenganprestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.