Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Puji Astuti

Main Author: Astuti, Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20510/
Daftar Isi:
  • KataKunciLembarKerjaSiswaPrestasiBelajar.BerdasarkanstudipendahuluanyangdilakukanmelaluikegiatanobservasidiperolehinformasitentangrendahnyaprestasibelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeri4Malang.Haliniditunjukkandenganrendahnyarata-ratanilaiulanganharianfisikasiswakelasVIIIyangbelummemenuhiKriteriaKetuntasanMinimum(KKM)yaitu75.Kegiatanpembelajaranyangdikembangkanolehgurumasihcenderungberpusatpadagurudankurangmelibatkansiswa.LembarKerjaSiswayangselamainidigunakandalamkegiatanpembelajaranhanyasebatasuntukkegiatandiskusimenjawabpertanyaansedangkankegiataneksperimenjarangsekalidilakukankarenapelaksanaannyadinilaikurangefisien.DiperlukankejelasanLembarKerjaSiswamanayangmemilikidampaklebihbesarbagipeningkatanprestasibelajarfisikasiswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpelaksanaanpenggunaanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendannon-eksperimendalampembelajarandanmenunjukkanprestasibelajarfisikayanglebihbaikantarasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendansiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.Desainpenelitianiniadalahpenelitianeksperimensemudimanaadaduakelaseksperimen.SiswakelaseksperimenIbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimensedangkansiswakelaseksperimenIIbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.Duakelaseksperimendiperolehdenganteknikpurposivesampling.Sebelumperlakuandiberikansiswaharusmengalamipretestuntukmengetahuiprestasibelajarawalfisikasiswasedangkanprestasibelajarakhirdiukurmenggunakanduacarayaituposttestpadatiapakhirpertemuansesuaidenganmateriyangdisampaikandandiakhirperlakuan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendannon-eksperimenterlaksanadenganbaik.PrestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimenlebihbaikdibandingkandenganprestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.