Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Puji Astuti

Main Author: Astuti, Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/20510/
ctrlnum 20510
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/20510/</relation><title>Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Puji Astuti</title><creator>Astuti, Puji</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>KataKunciLembarKerjaSiswaPrestasiBelajar.BerdasarkanstudipendahuluanyangdilakukanmelaluikegiatanobservasidiperolehinformasitentangrendahnyaprestasibelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeri4Malang.Haliniditunjukkandenganrendahnyarata-ratanilaiulanganharianfisikasiswakelasVIIIyangbelummemenuhiKriteriaKetuntasanMinimum(KKM)yaitu75.Kegiatanpembelajaranyangdikembangkanolehgurumasihcenderungberpusatpadagurudankurangmelibatkansiswa.LembarKerjaSiswayangselamainidigunakandalamkegiatanpembelajaranhanyasebatasuntukkegiatandiskusimenjawabpertanyaansedangkankegiataneksperimenjarangsekalidilakukankarenapelaksanaannyadinilaikurangefisien.DiperlukankejelasanLembarKerjaSiswamanayangmemilikidampaklebihbesarbagipeningkatanprestasibelajarfisikasiswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpelaksanaanpenggunaanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendannon-eksperimendalampembelajarandanmenunjukkanprestasibelajarfisikayanglebihbaikantarasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendansiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.Desainpenelitianiniadalahpenelitianeksperimensemudimanaadaduakelaseksperimen.SiswakelaseksperimenIbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimensedangkansiswakelaseksperimenIIbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.Duakelaseksperimendiperolehdenganteknikpurposivesampling.Sebelumperlakuandiberikansiswaharusmengalamipretestuntukmengetahuiprestasibelajarawalfisikasiswasedangkanprestasibelajarakhirdiukurmenggunakanduacarayaituposttestpadatiapakhirpertemuansesuaidenganmateriyangdisampaikandandiakhirperlakuan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendannon-eksperimenterlaksanadenganbaik.PrestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimenlebihbaikdibandingkandenganprestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.</description><date>2012-06-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Astuti, Puji (2012) Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>20510</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Astuti, Puji
title Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Puji Astuti
publishDate 2012
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://repository.um.ac.id/20510/
contents KataKunciLembarKerjaSiswaPrestasiBelajar.BerdasarkanstudipendahuluanyangdilakukanmelaluikegiatanobservasidiperolehinformasitentangrendahnyaprestasibelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeri4Malang.Haliniditunjukkandenganrendahnyarata-ratanilaiulanganharianfisikasiswakelasVIIIyangbelummemenuhiKriteriaKetuntasanMinimum(KKM)yaitu75.Kegiatanpembelajaranyangdikembangkanolehgurumasihcenderungberpusatpadagurudankurangmelibatkansiswa.LembarKerjaSiswayangselamainidigunakandalamkegiatanpembelajaranhanyasebatasuntukkegiatandiskusimenjawabpertanyaansedangkankegiataneksperimenjarangsekalidilakukankarenapelaksanaannyadinilaikurangefisien.DiperlukankejelasanLembarKerjaSiswamanayangmemilikidampaklebihbesarbagipeningkatanprestasibelajarfisikasiswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpelaksanaanpenggunaanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendannon-eksperimendalampembelajarandanmenunjukkanprestasibelajarfisikayanglebihbaikantarasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendansiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.Desainpenelitianiniadalahpenelitianeksperimensemudimanaadaduakelaseksperimen.SiswakelaseksperimenIbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimensedangkansiswakelaseksperimenIIbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.Duakelaseksperimendiperolehdenganteknikpurposivesampling.Sebelumperlakuandiberikansiswaharusmengalamipretestuntukmengetahuiprestasibelajarawalfisikasiswasedangkanprestasibelajarakhirdiukurmenggunakanduacarayaituposttestpadatiapakhirpertemuansesuaidenganmateriyangdisampaikandandiakhirperlakuan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendannon-eksperimenterlaksanadenganbaik.PrestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimenlebihbaikdibandingkandenganprestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.
id IOS13003.20510
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:09:05Z
last_indexed 2021-11-04T07:09:05Z
recordtype dc
_version_ 1752722669925564416
score 17.538404