Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Puji Astuti
Main Author: | Astuti, Puji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/20510/ |
ctrlnum |
20510 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/20510/</relation><title>Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Puji Astuti</title><creator>Astuti, Puji</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>KataKunciLembarKerjaSiswaPrestasiBelajar.BerdasarkanstudipendahuluanyangdilakukanmelaluikegiatanobservasidiperolehinformasitentangrendahnyaprestasibelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeri4Malang.Haliniditunjukkandenganrendahnyarata-ratanilaiulanganharianfisikasiswakelasVIIIyangbelummemenuhiKriteriaKetuntasanMinimum(KKM)yaitu75.Kegiatanpembelajaranyangdikembangkanolehgurumasihcenderungberpusatpadagurudankurangmelibatkansiswa.LembarKerjaSiswayangselamainidigunakandalamkegiatanpembelajaranhanyasebatasuntukkegiatandiskusimenjawabpertanyaansedangkankegiataneksperimenjarangsekalidilakukankarenapelaksanaannyadinilaikurangefisien.DiperlukankejelasanLembarKerjaSiswamanayangmemilikidampaklebihbesarbagipeningkatanprestasibelajarfisikasiswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpelaksanaanpenggunaanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendannon-eksperimendalampembelajarandanmenunjukkanprestasibelajarfisikayanglebihbaikantarasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendansiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.Desainpenelitianiniadalahpenelitianeksperimensemudimanaadaduakelaseksperimen.SiswakelaseksperimenIbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimensedangkansiswakelaseksperimenIIbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.Duakelaseksperimendiperolehdenganteknikpurposivesampling.Sebelumperlakuandiberikansiswaharusmengalamipretestuntukmengetahuiprestasibelajarawalfisikasiswasedangkanprestasibelajarakhirdiukurmenggunakanduacarayaituposttestpadatiapakhirpertemuansesuaidenganmateriyangdisampaikandandiakhirperlakuan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendannon-eksperimenterlaksanadenganbaik.PrestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimenlebihbaikdibandingkandenganprestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.</description><date>2012-06-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Astuti, Puji (2012) Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>20510</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Astuti, Puji |
title |
Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Puji Astuti |
publishDate |
2012 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://repository.um.ac.id/20510/ |
contents |
KataKunciLembarKerjaSiswaPrestasiBelajar.BerdasarkanstudipendahuluanyangdilakukanmelaluikegiatanobservasidiperolehinformasitentangrendahnyaprestasibelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeri4Malang.Haliniditunjukkandenganrendahnyarata-ratanilaiulanganharianfisikasiswakelasVIIIyangbelummemenuhiKriteriaKetuntasanMinimum(KKM)yaitu75.Kegiatanpembelajaranyangdikembangkanolehgurumasihcenderungberpusatpadagurudankurangmelibatkansiswa.LembarKerjaSiswayangselamainidigunakandalamkegiatanpembelajaranhanyasebatasuntukkegiatandiskusimenjawabpertanyaansedangkankegiataneksperimenjarangsekalidilakukankarenapelaksanaannyadinilaikurangefisien.DiperlukankejelasanLembarKerjaSiswamanayangmemilikidampaklebihbesarbagipeningkatanprestasibelajarfisikasiswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpelaksanaanpenggunaanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendannon-eksperimendalampembelajarandanmenunjukkanprestasibelajarfisikayanglebihbaikantarasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendansiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.Desainpenelitianiniadalahpenelitianeksperimensemudimanaadaduakelaseksperimen.SiswakelaseksperimenIbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimensedangkansiswakelaseksperimenIIbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen.Duakelaseksperimendiperolehdenganteknikpurposivesampling.Sebelumperlakuandiberikansiswaharusmengalamipretestuntukmengetahuiprestasibelajarawalfisikasiswasedangkanprestasibelajarakhirdiukurmenggunakanduacarayaituposttestpadatiapakhirpertemuansesuaidenganmateriyangdisampaikandandiakhirperlakuan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimendannon-eksperimenterlaksanadenganbaik.PrestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasiseksperimenlebihbaikdibandingkandenganprestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmenggunakanLembarKerjaSiswaberbasisnon-eksperimen. |
id |
IOS13003.20510 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:09:05Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:09:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752722669925564416 |
score |
17.538404 |