Hubungan pelayanan proses pembelajaran dengan tingkat kepuasan belajar warga belajar program pendidikan kesetaraan di PKBM Zamzam Malang / Andini Prima Nur'aini
Main Author: | Nur'aini, Andini Prima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/174344/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANNurainiAndiniPrima.2020.HubunganPelayananProsesPembelajaranDenganTingkatKepuasanBelajarWargaBelajarProgramPendidikanKesetaraandiPKBMZamZamMalang.Skripsi.JurusanPendidikanLuarSekolah.FakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EndangSriRedjekiM.S(II)R.AnggiaListyaningrumS.Pd.M.Pd.KataKunciPelayananprosespembelajarankepuasanbelajarpendidikankesetaraan.PusatKegiatanBelajarMasyarakat(PKBM)ZamZamadalahsalahsatuLembagaPendidikanNonformalyangtermasuksalahsatuPKBMunggulandiKotaMalang.PKBMZamZammemilikibeberapaprogrampendidikannonformalsalahsatunyaadalahpendidikankesetaraanmulaidaripaketAsetaradenganSDpaketBsetaradenganSMPdanpaketCsetaradenganSMA.PKBMZamZamtermasukPKBMyangmemilikipelayananyangcukupbaiktetapikehadiranwargabelajarselamaprosesbelajarpembelajarantidaklebihdari30%darijumlahseluruhpopulasiwargabelajaryanghadirdalamkegiatanbelajarmengajarsecaratatapmuka.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuihubunganpelayananprosespembelajarandengankepuasanbelajarwargabelajarPendidikankesetaraandiPKBMZamZamMalangdilihatdaritingkatkehadiranwargabelajardipembelajarantatapmukayangsudahdijadwalkan.Penelitianinidilakukanmenggunakanpendekatankuantitatifjeniskorelasional.Pengumpulandatamenggunakanangketyangdianalisisdenganteknikrankspearmankarenadatapadaduavariabelpenelitianberskalaordinal.PenelitiandilaksanakandiMalangdenganpopulasisebanyak92wargabelajardipilihsecaraproportionalclusterrandomsamplingsebanyak75sampel/responden.HasilpenelitiandaribeberapaujiasumsiklasikmenggunakanSPSS16.0yangmendapatkanhasilinterprestasiskorsebesar76%yangtermasukkategoribaikkemudiandalampelayananprosespembelajaramemilikihasilinterprestasiskorsebesar76%dandapatdisimpulkanbahwaterdapathubunganantarapelayananprosespembelajaranterhadaptingkatkepuasanbelajarwargabelajarprogrampendidikankesetaraandiPKBMZamZamMalang.SaranuntukPKBMZamZamadalahterusmenginovasipelayanandalamprosespembelajaransertalebihmemperhatikansecaraindividudarisetiapkebutuhanwargabelajartentangkepuasandansaranpelayananyangdibutuhkanwargabelajardalamkegiatanbelajarpembelajarandansaranuntuklembagapendidikannonformalsejenisdapatmelihatpelayananyangadadiPKBMZamZamselainprosespembelajaranyangmemilikihubunganterhadaptingkatkepuasanwargabelajardalamprosesbelajardanpembelajarandiPKBMZamZamMalang.