Peningkatan pemahaman konsep materi keliling dan luas lingkaran melalui model pembelajaran snowball throwing bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Rina Mustika Sari
Main Author: | Sari, Rina Mustika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/17107/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipemahamankonsepSnowballThrowingkelilingdanluaslingkaranBerdasarkannilaiulanganmateriPythagorasyaitumaterisebelumkelilingdanluaslingkaranbanyaksiswayanglulusSKMadalah19siswadari27siswadenganprosentase7037%.Halinicukupbaiknamunmasihperluditingkatkan.DelapansiswatidaklulusSKM.MerosotnyamutupendidikankhususnyapadamatapelajaranmatematikamenurutFauzyah(dalamReniPujiana200512)salahsatuindikatorkemerosotanadalahrendahnyaperolehannilaiUAN.PenelitianRohmah(dalamReniPujiana200513)menunjukkannilairata-rataMatematikaSLTP/MTs2002padaUANadalah529yangmerupakannilairata-rataterendahdibandingkanmatapelajaranyanglain.Siswahanyabisamenghafaltanpamengetahuimaknadantujuandarirumus-rumusataukonsep-konsepdalammatematika.BerdasarkankenyataantersebutperluditerapkanmodelpembelajaranSnowballThrowinguntukmeningkatkanpemahamankonsepsiswaterhadapmaterikelilingdanluaslingkaran.SnowballThrowingmerupakansalahsatujenismodelpembelajarankooperatif.DalammodelpembelajaranSnowballThrowingdibentukkelompokyangdiwakiliketuakelompokunukmendapattugasdarigurukemudianmasing-masingsiswamembuatpertanyaanyangdibentuksepertibola(kertaspertanyaan)laludilemparkesiswalainyangmasing-masingsiswamenjawabpertanyaandaribolayangdiperoleh.Penelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIII-ISMPNegeri2Malangyangberjumlah27siswa.Pokokbahasandalampenelitianiniadalahkelilingdanluaslingkaran.TujuanpenelitianiniadalahMendeskripsikanlangkah-langkahmodelpembelajaranSnowballThrowinguntukmeningkatkanpemahamankonseppokokbahasankelilingdanluaslingkaranbagisiswakelasVIIISMPNegeri2Malang.PenerapanpembelajaranSnowballThrowingdiawalidenganpemberianLKSkepadakelompokuntukmenemukansendirikonsep-konsepmateri.Kemudianpeneliti(guru)memintasiswamenyusunsoalsoalyangtelahdisusunditukarkandengansiswalain.Berdasarkanhasilangketyangtelahdibagikankepadasiswamakasiswamemberikanresponsangatbaiksebanyaksiswa()siswameresponbaiksebanyaksiswa()dansiswameresponcukupsebanyaksiswa().setelahmenggunakanmodelpembelajaranSnowballThrowingterdapat407%mengalamipeningkatandan2962%siswaberadapadatingkatpemahamantertinggiyaitutingkatpemahamanrelasionalpadasiklusIdansiklusII.