Peningkatan pemahaman konsep materi keliling dan luas lingkaran melalui model pembelajaran snowball throwing bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang / Rina Mustika Sari

Main Author: Sari, Rina Mustika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/17107/
Daftar Isi:
  • KataKuncipemahamankonsepSnowballThrowingkelilingdanluaslingkaranBerdasarkannilaiulanganmateriPythagorasyaitumaterisebelumkelilingdanluaslingkaranbanyaksiswayanglulusSKMadalah19siswadari27siswadenganprosentase7037%.Halinicukupbaiknamunmasihperluditingkatkan.DelapansiswatidaklulusSKM.MerosotnyamutupendidikankhususnyapadamatapelajaranmatematikamenurutFauzyah(dalamReniPujiana200512)salahsatuindikatorkemerosotanadalahrendahnyaperolehannilaiUAN.PenelitianRohmah(dalamReniPujiana200513)menunjukkannilairata-rataMatematikaSLTP/MTs2002padaUANadalah529yangmerupakannilairata-rataterendahdibandingkanmatapelajaranyanglain.Siswahanyabisamenghafaltanpamengetahuimaknadantujuandarirumus-rumusataukonsep-konsepdalammatematika.BerdasarkankenyataantersebutperluditerapkanmodelpembelajaranSnowballThrowinguntukmeningkatkanpemahamankonsepsiswaterhadapmaterikelilingdanluaslingkaran.SnowballThrowingmerupakansalahsatujenismodelpembelajarankooperatif.DalammodelpembelajaranSnowballThrowingdibentukkelompokyangdiwakiliketuakelompokunukmendapattugasdarigurukemudianmasing-masingsiswamembuatpertanyaanyangdibentuksepertibola(kertaspertanyaan)laludilemparkesiswalainyangmasing-masingsiswamenjawabpertanyaandaribolayangdiperoleh.Penelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIII-ISMPNegeri2Malangyangberjumlah27siswa.Pokokbahasandalampenelitianiniadalahkelilingdanluaslingkaran.TujuanpenelitianiniadalahMendeskripsikanlangkah-langkahmodelpembelajaranSnowballThrowinguntukmeningkatkanpemahamankonseppokokbahasankelilingdanluaslingkaranbagisiswakelasVIIISMPNegeri2Malang.PenerapanpembelajaranSnowballThrowingdiawalidenganpemberianLKSkepadakelompokuntukmenemukansendirikonsep-konsepmateri.Kemudianpeneliti(guru)memintasiswamenyusunsoalsoalyangtelahdisusunditukarkandengansiswalain.Berdasarkanhasilangketyangtelahdibagikankepadasiswamakasiswamemberikanresponsangatbaiksebanyaksiswa()siswameresponbaiksebanyaksiswa()dansiswameresponcukupsebanyaksiswa().setelahmenggunakanmodelpembelajaranSnowballThrowingterdapat407%mengalamipeningkatandan2962%siswaberadapadatingkatpemahamantertinggiyaitutingkatpemahamanrelasionalpadasiklusIdansiklusII.