Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Malang materi teorema Pythagoras / Randiva Ramadani

Main Author: Ramadani, Randiva
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16178/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANRamadaniRandiva.2019.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeTeamsGamesTournament(TGT)BerbasisDiscoveryLearninguntukmeningktkanHasilBelajarSiswaKelasVIIISMPN7MalangMateriTeoremaPythagoras.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKunciDiscoveryLearningHasilBelajarPembelajaranKooperatifTeamsGamesTournament.BerdasarkanhasilwawancaradengangurumatematikakelasVIIISMPNegeri7MalangyangdilakukanolehpenelitipadaobservasiawaldapatdiketahuibahwahasiltespalingrendahkhususnyapadakelasVIIIdisemestergenaptahunlaluterdapatpadamateriTeoremaPythagoras.SelainituberdasarkanstudipendahuluanyangdilakukanolehpenelititerhadapsiswakelasIXmengenaimateriTeoremaPythagorasmasihbanyaksiswayangbelummemahamikonseptentangTeoremaPythagoras.Pembelajaranmatematikayangditerapkanolehgurumenggunakanmetodeekspositoriterkadangjugamenggunakanpembelajarankooperatifnamunpelaksanaannyamasihbelummaksimal.UntukmengatasipermasalahantersebutdipilihpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)BerbasisDiscoveryLearning.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)berbasisDiscoveryLearninguntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPN7MalangpadapokokbahasanTeoremaPythagoras.PenelitianinidilaksanakandenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).PTKinidilaksanakandalamduasiklus.SiklusIdilaksanakanpadatanggal7Januari2019sampaidengan8Januari2019sedangkansiklusIIdilaksanakanpadatanggal14Januari2019sampaidengan15Januari2019.Setiapsiklusterdiridari4tahapanyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIHdiSMPNegeri7Malangpadatahunajaran2018/2019sebanyak30siswayangterdiridari16siswalaki-lakidan14siswaperempuan.Datayangdikumpulkanpadapenelitianinimeliputi1)hasillembarobservasikegiatangurudanpesertadidik2)hasilcatatanlapangan3)hasiltesakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeTGTberbasisDiscoveryLearningyangdilakukandenganlangkah-langkahsebagaiberikut(1)presentasikelas(2)teams(belajarkelompok)(3)gamestournamentdan(4)penghargaankelompokdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPNegeri7MalangpadamateriTeoremaPythagoras.PresentaseketuntasanhasiltesakhirsiklusIsebesar50%atau15siswamendapatnilaidiatasKKMdansiklusII90%atau27siswamendapatnilaidiatasKKMsehinggaterjadipeningkatansebesar40%darisiklusIkesiklusII.iiSesuaidengankriteriakeberhasilanlebihdari75%siswasudahmencapainilaiKKMsertahasilobservasikegiatangurudankegiatansiswayangberadapadakategorisangatbaik.DengandemikianpenelitianinidikatakanberhasildandihentikanpadasiklusII.