Menanamkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN bandung Rejosari I Malang <BR>oleh Nur Saidah

Main Author: Saidah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2002
Online Access: http://repository.um.ac.id/15739/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaidahNur2002.MenanamkanKonsepPenjumlahanDanPenguranganBilanganCacahPadaSiswaKelasIISDNBandungRejosariIMalang.SkripsiJurusanpendidikanMatematikaFakultasMatematikadanIlmupengetahuanAIamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.M.TohirM.pd(IDDrs.H.M.ShohibuKlahfi.M.Pd.Katakuncimenanamkaknonseppenjumlahanbilangancacahpenguranganbilangancacah.Pembelajaramnatematikadisekolahdasarmenurutkurikulumpendidikandasar1994diutamakanagarsiswamemilikiketrampilanberhitung.Kegiatanberhitungyangpertamadiberikandisekolahdasaradalahpenjumlahandanpngurangabnilangancacah.PenjurnlahandanpenguanganbilangancacahmerupakandasaruntukmempelajarioperasiperkaliansehingggasiswaharusbenarbenarmemahamkionseppenjumlahandanpengurangabnilangancacahK.enyataandilapanganmenunjukkanbahwagurudalammengajarkanpenjumlahandanpengurangabnilangancacahcenderungbersifatverbaltanpamenggunakaanlatwraga.BerdasarkahnasilobservasdiantesawalyangdiberikankepadasiswakelasIIASDNBandungRejosariIMalangsertadialogdengangurukelasIIAmasihbanyaksiswayangbelummemahamkionseppenjumlahandanpengurangabnilangancacah.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuciaramenanamkaknonseppenjumlahadnanpengurangabnilangancacahpadasiswasDNBandungRejosarIiMalangyangdilakukanpadacawuIItahun200112002subjekpenelitianadarahsiswakelasIIA.Penelitianiniadalahpenelitiankualitatifyangberbentuktindakankelasdandilakukandengan3siklus.PTKinidilaksanakadnalampembelajaranuntumkenanamkaknonseppenjumlahadnanpengurangabnilangancacahyaitupertamasiswadiarahkanuntukmemahampienjumlahanbilangancacahtanpateknikmenyimpanlangkah-langkahyangdilakukanadalahsiswadiingatkankembalitentangfaktadasarpenjumlahadnankonsepnilaitcmpatdenganmetodetanyajawabdanmenggunakaaniatbantyungseringdijumpaiolehsiswayaitubatang-batanlgidi.AkhirnyasiswadapatmemahamipenjumlahabnilangancacahtanpateknikmenyimpanK.eduasiswadiarahkanuntukmemahamio19eppenjumlahandenganteknikmenyimpanlangkah-langkayhangdilakukanadalahsiswadiingatkankembalitentangpenjumlahantanpateknikmenyimpanyangdikaitkandenganfaktadasarpenjumlahandankonsepnilaitempat.selanjutnyasiswadisuruhuntukmembuatcontoh-contohdanmemperagakadnenganalatperagadiagramkantongsehinggadapatmembantusiswamemahamipengurangabnilangancacahdenganteknikmenyimpans.iswadiarahkanuntukIIpengurangatannpateknikmeminjamyangdikaitkandengannilaitempatkemudiansiswadisuruhmembuactontohsoalpengurangadnenganteknikmeminjamyangdikerjakadnenganmenggunakaanlatperagaabakusP.adaakhimyasiswadapatmemahampiengurangabnilangancacah.Hasilpenelitianyangdilakukanterhadap40siswamenunjukkansebagaiberikuthasiltesawalpenelitiantentangpenjumlahadnanpengurangabnilangancacahhanya3orangyangrelatiftidakmengalamkiesulitanbelajar.SetelahdilakukanPTKsarnpadiengansiklusIIIdiperolehhasilsebagabierikut(1)TindakanpadasiklusIsiswalebihmemahammiateripenjumlahanbilangancacahtanpateknikmeminjam(2T)indakanpadasiklusIIdenganmateripenjumlahandengantekniksiswamemahampienjumlahandenganteknikmenyimpandan(3)TindakansiklusIIIhasilyangdiperolehadalahsisrvasudahtidakmengalamkiesulitandalammelakukanoperasipenguranganbilangancacahdansiswadapatmemahamipengurangabnilangancacah.Berdasarkahnasilpenelitianinidisarankanbahwakegiatanpembelajaranpenjumlahandanpenguranganbilangancacahguruhendaknyamenggunakanalatperagaberupabatang-batanlgididiagramkantongdanabakus.