Menanamkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN bandung Rejosari I Malang <BR>oleh Nur Saidah
Main Author: | Saidah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2002
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15739/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSaidahNur2002.MenanamkanKonsepPenjumlahanDanPenguranganBilanganCacahPadaSiswaKelasIISDNBandungRejosariIMalang.SkripsiJurusanpendidikanMatematikaFakultasMatematikadanIlmupengetahuanAIamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.M.TohirM.pd(IDDrs.H.M.ShohibuKlahfi.M.Pd.Katakuncimenanamkaknonseppenjumlahanbilangancacahpenguranganbilangancacah.Pembelajaramnatematikadisekolahdasarmenurutkurikulumpendidikandasar1994diutamakanagarsiswamemilikiketrampilanberhitung.Kegiatanberhitungyangpertamadiberikandisekolahdasaradalahpenjumlahandanpngurangabnilangancacah.PenjurnlahandanpenguanganbilangancacahmerupakandasaruntukmempelajarioperasiperkaliansehingggasiswaharusbenarbenarmemahamkionseppenjumlahandanpengurangabnilangancacahK.enyataandilapanganmenunjukkanbahwagurudalammengajarkanpenjumlahandanpengurangabnilangancacahcenderungbersifatverbaltanpamenggunakaanlatwraga.BerdasarkahnasilobservasdiantesawalyangdiberikankepadasiswakelasIIASDNBandungRejosariIMalangsertadialogdengangurukelasIIAmasihbanyaksiswayangbelummemahamkionseppenjumlahandanpengurangabnilangancacah.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuciaramenanamkaknonseppenjumlahadnanpengurangabnilangancacahpadasiswasDNBandungRejosarIiMalangyangdilakukanpadacawuIItahun200112002subjekpenelitianadarahsiswakelasIIA.Penelitianiniadalahpenelitiankualitatifyangberbentuktindakankelasdandilakukandengan3siklus.PTKinidilaksanakadnalampembelajaranuntumkenanamkaknonseppenjumlahadnanpengurangabnilangancacahyaitupertamasiswadiarahkanuntukmemahampienjumlahanbilangancacahtanpateknikmenyimpanlangkah-langkahyangdilakukanadalahsiswadiingatkankembalitentangfaktadasarpenjumlahadnankonsepnilaitcmpatdenganmetodetanyajawabdanmenggunakaaniatbantyungseringdijumpaiolehsiswayaitubatang-batanlgidi.AkhirnyasiswadapatmemahamipenjumlahabnilangancacahtanpateknikmenyimpanK.eduasiswadiarahkanuntukmemahamio19eppenjumlahandenganteknikmenyimpanlangkah-langkayhangdilakukanadalahsiswadiingatkankembalitentangpenjumlahantanpateknikmenyimpanyangdikaitkandenganfaktadasarpenjumlahandankonsepnilaitempat.selanjutnyasiswadisuruhuntukmembuatcontoh-contohdanmemperagakadnenganalatperagadiagramkantongsehinggadapatmembantusiswamemahamipengurangabnilangancacahdenganteknikmenyimpans.iswadiarahkanuntukIIpengurangatannpateknikmeminjamyangdikaitkandengannilaitempatkemudiansiswadisuruhmembuactontohsoalpengurangadnenganteknikmeminjamyangdikerjakadnenganmenggunakaanlatperagaabakusP.adaakhimyasiswadapatmemahampiengurangabnilangancacah.Hasilpenelitianyangdilakukanterhadap40siswamenunjukkansebagaiberikuthasiltesawalpenelitiantentangpenjumlahadnanpengurangabnilangancacahhanya3orangyangrelatiftidakmengalamkiesulitanbelajar.SetelahdilakukanPTKsarnpadiengansiklusIIIdiperolehhasilsebagabierikut(1)TindakanpadasiklusIsiswalebihmemahammiateripenjumlahanbilangancacahtanpateknikmeminjam(2T)indakanpadasiklusIIdenganmateripenjumlahandengantekniksiswamemahampienjumlahandenganteknikmenyimpandan(3)TindakansiklusIIIhasilyangdiperolehadalahsisrvasudahtidakmengalamkiesulitandalammelakukanoperasipenguranganbilangancacahdansiswadapatmemahamipengurangabnilangancacah.Berdasarkahnasilpenelitianinidisarankanbahwakegiatanpembelajaranpenjumlahandanpenguranganbilangancacahguruhendaknyamenggunakanalatperagaberupabatang-batanlgididiagramkantongdanabakus.