Penerapan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Batu bahasan luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas / Ririn Puji Astuti

Main Author: Astuti, Ririn Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15570/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajarankooperatifinvestigasikelompokkomunikasimatematis.Kemampuankomunikasimatematissiswaadalahkemampuansiswamenggunakansimboldannotasimatematikadengantepatdalammenyelesaikanpermasalahanmatematikamenggunakanbahasadanistilahmatematikayangtepatdalammenyampaikanpendapatmenggaliinformasisebanyakmungkindarisebuahwacanamenyajikanpermasalahansehari-harikedalambentukmatematikamenyajikanpermasalahandalambentukgambargrafikatautabelmemberikanidepenyelesaiandarisebuahpermasalahandanmenyelesaikanpermasalahandenganlangkahyangbenardanlogis.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanprosespembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswakelasVIIIGSMPNegeri1Batu.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengansubjeksiswakelasVIIIGSMPNegeri1Batuberjumlah25siswa.Instrumenyangdigunakandalampenelitianadalahlembarobservasipembelajaranolehsiswalembarobservasipembelajaranolehgurulembarobservasikemampuankomunikasilisanlembarobservasikeamampuankomunikasimatematisyangterintegrasidenganlembarpengamatanpembelajaransoaltesyangdianalisisberdasarkanaspekkomunikasimatematisdancatatanlapangan.Pembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematisdilaksanakandalam6tahapyangberadapadakegiatanini.Kegiatanyangdilakukandalamprosespembelajaranmeliputi(1)kegiatanawalgurumemberikanapersepsidanmotivasikepadasiswa.(2)kegiatanintimencakup6tahapandalammodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyaitutahappengelompokantahapperencanaantahapinvestigasitahappengorganisasiantahappresentasidanevaluasi.(3)kegiatanakhirgurumembimbingsiswauntukmembuatkesimpulandarihasilpembelajaran.Hasiltespadasiklus1menunjukkanbahwa16siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatanpadakemampuankomunikasilisan6siswaberadapadakategoriminimalbaik.Padasiklus219siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatanpadakemampuankomunikasilisan22siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatankemampuankomunikasimenunjukkanrata-ratasiswaberadapadakategoribaikdisiklus1denganrata-rata8789dansangatbaikpadasiklus2denganrata-rataskor9028.