Penerapan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Batu bahasan luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas / Ririn Puji Astuti

Main Author: Astuti, Ririn Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15570/
ctrlnum 15570
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/15570/</relation><title>Penerapan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Batu bahasan luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas / Ririn Puji Astuti</title><creator>Astuti, Ririn Puji</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>KataKuncipembelajarankooperatifinvestigasikelompokkomunikasimatematis.Kemampuankomunikasimatematissiswaadalahkemampuansiswamenggunakansimboldannotasimatematikadengantepatdalammenyelesaikanpermasalahanmatematikamenggunakanbahasadanistilahmatematikayangtepatdalammenyampaikanpendapatmenggaliinformasisebanyakmungkindarisebuahwacanamenyajikanpermasalahansehari-harikedalambentukmatematikamenyajikanpermasalahandalambentukgambargrafikatautabelmemberikanidepenyelesaiandarisebuahpermasalahandanmenyelesaikanpermasalahandenganlangkahyangbenardanlogis.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanprosespembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswakelasVIIIGSMPNegeri1Batu.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengansubjeksiswakelasVIIIGSMPNegeri1Batuberjumlah25siswa.Instrumenyangdigunakandalampenelitianadalahlembarobservasipembelajaranolehsiswalembarobservasipembelajaranolehgurulembarobservasikemampuankomunikasilisanlembarobservasikeamampuankomunikasimatematisyangterintegrasidenganlembarpengamatanpembelajaransoaltesyangdianalisisberdasarkanaspekkomunikasimatematisdancatatanlapangan.Pembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematisdilaksanakandalam6tahapyangberadapadakegiatanini.Kegiatanyangdilakukandalamprosespembelajaranmeliputi(1)kegiatanawalgurumemberikanapersepsidanmotivasikepadasiswa.(2)kegiatanintimencakup6tahapandalammodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyaitutahappengelompokantahapperencanaantahapinvestigasitahappengorganisasiantahappresentasidanevaluasi.(3)kegiatanakhirgurumembimbingsiswauntukmembuatkesimpulandarihasilpembelajaran.Hasiltespadasiklus1menunjukkanbahwa16siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatanpadakemampuankomunikasilisan6siswaberadapadakategoriminimalbaik.Padasiklus219siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatanpadakemampuankomunikasilisan22siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatankemampuankomunikasimenunjukkanrata-ratasiswaberadapadakategoribaikdisiklus1denganrata-rata8789dansangatbaikpadasiklus2denganrata-rataskor9028.</description><date>2013-07-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Astuti, Ririn Puji (2013) Penerapan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Batu bahasan luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas / Ririn Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>15570</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Astuti, Ririn Puji
title Penerapan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Batu bahasan luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas / Ririn Puji Astuti
publishDate 2013
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://repository.um.ac.id/15570/
contents KataKuncipembelajarankooperatifinvestigasikelompokkomunikasimatematis.Kemampuankomunikasimatematissiswaadalahkemampuansiswamenggunakansimboldannotasimatematikadengantepatdalammenyelesaikanpermasalahanmatematikamenggunakanbahasadanistilahmatematikayangtepatdalammenyampaikanpendapatmenggaliinformasisebanyakmungkindarisebuahwacanamenyajikanpermasalahansehari-harikedalambentukmatematikamenyajikanpermasalahandalambentukgambargrafikatautabelmemberikanidepenyelesaiandarisebuahpermasalahandanmenyelesaikanpermasalahandenganlangkahyangbenardanlogis.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanprosespembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswakelasVIIIGSMPNegeri1Batu.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengansubjeksiswakelasVIIIGSMPNegeri1Batuberjumlah25siswa.Instrumenyangdigunakandalampenelitianadalahlembarobservasipembelajaranolehsiswalembarobservasipembelajaranolehgurulembarobservasikemampuankomunikasilisanlembarobservasikeamampuankomunikasimatematisyangterintegrasidenganlembarpengamatanpembelajaransoaltesyangdianalisisberdasarkanaspekkomunikasimatematisdancatatanlapangan.Pembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematisdilaksanakandalam6tahapyangberadapadakegiatanini.Kegiatanyangdilakukandalamprosespembelajaranmeliputi(1)kegiatanawalgurumemberikanapersepsidanmotivasikepadasiswa.(2)kegiatanintimencakup6tahapandalammodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyaitutahappengelompokantahapperencanaantahapinvestigasitahappengorganisasiantahappresentasidanevaluasi.(3)kegiatanakhirgurumembimbingsiswauntukmembuatkesimpulandarihasilpembelajaran.Hasiltespadasiklus1menunjukkanbahwa16siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatanpadakemampuankomunikasilisan6siswaberadapadakategoriminimalbaik.Padasiklus219siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatanpadakemampuankomunikasilisan22siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatankemampuankomunikasimenunjukkanrata-ratasiswaberadapadakategoribaikdisiklus1denganrata-rata8789dansangatbaikpadasiklus2denganrata-rataskor9028.
id IOS13003.15570
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:08:21Z
last_indexed 2021-11-04T07:08:21Z
recordtype dc
_version_ 1752722714484801536
score 17.538404