Penerapan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Batu bahasan luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas / Ririn Puji Astuti
Main Author: | Astuti, Ririn Puji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15570/ |
ctrlnum |
15570 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/15570/</relation><title>Penerapan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Batu bahasan luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas / Ririn Puji Astuti</title><creator>Astuti, Ririn Puji</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>KataKuncipembelajarankooperatifinvestigasikelompokkomunikasimatematis.Kemampuankomunikasimatematissiswaadalahkemampuansiswamenggunakansimboldannotasimatematikadengantepatdalammenyelesaikanpermasalahanmatematikamenggunakanbahasadanistilahmatematikayangtepatdalammenyampaikanpendapatmenggaliinformasisebanyakmungkindarisebuahwacanamenyajikanpermasalahansehari-harikedalambentukmatematikamenyajikanpermasalahandalambentukgambargrafikatautabelmemberikanidepenyelesaiandarisebuahpermasalahandanmenyelesaikanpermasalahandenganlangkahyangbenardanlogis.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanprosespembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswakelasVIIIGSMPNegeri1Batu.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengansubjeksiswakelasVIIIGSMPNegeri1Batuberjumlah25siswa.Instrumenyangdigunakandalampenelitianadalahlembarobservasipembelajaranolehsiswalembarobservasipembelajaranolehgurulembarobservasikemampuankomunikasilisanlembarobservasikeamampuankomunikasimatematisyangterintegrasidenganlembarpengamatanpembelajaransoaltesyangdianalisisberdasarkanaspekkomunikasimatematisdancatatanlapangan.Pembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematisdilaksanakandalam6tahapyangberadapadakegiatanini.Kegiatanyangdilakukandalamprosespembelajaranmeliputi(1)kegiatanawalgurumemberikanapersepsidanmotivasikepadasiswa.(2)kegiatanintimencakup6tahapandalammodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyaitutahappengelompokantahapperencanaantahapinvestigasitahappengorganisasiantahappresentasidanevaluasi.(3)kegiatanakhirgurumembimbingsiswauntukmembuatkesimpulandarihasilpembelajaran.Hasiltespadasiklus1menunjukkanbahwa16siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatanpadakemampuankomunikasilisan6siswaberadapadakategoriminimalbaik.Padasiklus219siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatanpadakemampuankomunikasilisan22siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatankemampuankomunikasimenunjukkanrata-ratasiswaberadapadakategoribaikdisiklus1denganrata-rata8789dansangatbaikpadasiklus2denganrata-rataskor9028.</description><date>2013-07-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Astuti, Ririn Puji (2013) Penerapan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Batu bahasan luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas / Ririn Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>15570</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Astuti, Ririn Puji |
title |
Penerapan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Batu bahasan luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas / Ririn Puji Astuti |
publishDate |
2013 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://repository.um.ac.id/15570/ |
contents |
KataKuncipembelajarankooperatifinvestigasikelompokkomunikasimatematis.Kemampuankomunikasimatematissiswaadalahkemampuansiswamenggunakansimboldannotasimatematikadengantepatdalammenyelesaikanpermasalahanmatematikamenggunakanbahasadanistilahmatematikayangtepatdalammenyampaikanpendapatmenggaliinformasisebanyakmungkindarisebuahwacanamenyajikanpermasalahansehari-harikedalambentukmatematikamenyajikanpermasalahandalambentukgambargrafikatautabelmemberikanidepenyelesaiandarisebuahpermasalahandanmenyelesaikanpermasalahandenganlangkahyangbenardanlogis.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanprosespembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswakelasVIIIGSMPNegeri1Batu.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengansubjeksiswakelasVIIIGSMPNegeri1Batuberjumlah25siswa.Instrumenyangdigunakandalampenelitianadalahlembarobservasipembelajaranolehsiswalembarobservasipembelajaranolehgurulembarobservasikemampuankomunikasilisanlembarobservasikeamampuankomunikasimatematisyangterintegrasidenganlembarpengamatanpembelajaransoaltesyangdianalisisberdasarkanaspekkomunikasimatematisdancatatanlapangan.Pembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyangdapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematisdilaksanakandalam6tahapyangberadapadakegiatanini.Kegiatanyangdilakukandalamprosespembelajaranmeliputi(1)kegiatanawalgurumemberikanapersepsidanmotivasikepadasiswa.(2)kegiatanintimencakup6tahapandalammodelpembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompokyaitutahappengelompokantahapperencanaantahapinvestigasitahappengorganisasiantahappresentasidanevaluasi.(3)kegiatanakhirgurumembimbingsiswauntukmembuatkesimpulandarihasilpembelajaran.Hasiltespadasiklus1menunjukkanbahwa16siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatanpadakemampuankomunikasilisan6siswaberadapadakategoriminimalbaik.Padasiklus219siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatanpadakemampuankomunikasilisan22siswaberadapadakategoriminimalbaik.Hasilpengamatankemampuankomunikasimenunjukkanrata-ratasiswaberadapadakategoribaikdisiklus1denganrata-rata8789dansangatbaikpadasiklus2denganrata-rataskor9028. |
id |
IOS13003.15570 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:08:21Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:08:21Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752722714484801536 |
score |
17.538404 |