Upaya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 10 Malang pasa materi gradien dan persamaan garis lurus melalui model pembelajaran learning cycle / Yosep

Main Author: Yosep
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15568/
Daftar Isi:
  • Yosep.2013.UpayaPeningkatanKeaktifanBelajarSiswaKelasVIII-DSMPNegeri10MalangPadaMateriGradiendanPersamaanGarisLurusMelaluiModelPembelajaranLearningCycle.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.TotoNusantaraM.Si.Pembimbing(II)AningWidaYantiS.Si.M.PdKataKunciModelpembelajaranlearningcycleKeaktifanbelajarsiswa.Paradigmabarutentangpendidikansekaranginimenekankanpadapesertadidiksebagaimanusiayangmemilikipotensiuntukbelajardanberkembang.BerdasarkaninformasidarigurumatematikakelasVIII-DdiSMPN10Malangdiketahuibahwakegiatanpembelajaranmatematikadikelastersebutmasihdidominasiolehgurusehinggasiswakurangaktifdalampembelajarandikelas.Berdasarkanhasiltersebutpersentasesiswayangaktifsebesar40%dengankategorikeaktifanberadadalamtahapkurangaktif.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahmodelpembelajaranlearningcycleyangdapatmeningkatkankeaktifanbelajarmatematikasiswakelasVIII-DdiSMPN10Malang.KeaktifanbelajarmatematikasiswainiadalahyangakanditelitipadapenelitianinisecaraberkelompokdenganmenerapkanlimalangkahdalammodelpembelajaranlearningcycleyaitufaseEngagementfaseExplorationfaseExplanationfaseExtention/elaborationdanfaseEvaluation.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.DatapenelitianberupanilaiaktivitasgurudankeaktifansiswayangdiperolehdarilembarobservasidanhasilaktivitasgurudankeaktifansiswapadasiklusIsecaraklasikaladalah766%halinimenunjukkanaktivitasgurudalamkategoribaiksedangkankeaktifanbelajarsiswasecaraklasikalsebesar653%hasilinibelumsesuaidenganharapanpenelitiyaituminimalyangdiperolehadalahaktif.BerdasarkanhasilrefleksidarisiklusIpenelitimemaksimalkanlagidalampendampingandiskusikelompokuntuksiklusII.PadasiklusIIinimenunjukkanpeningkatanberdasarkanhasillembarobservasidengankegiatanaktivitasgurusecaraklasikaldiperoleh815%danberkategoribaiksedangkankeaktifanbelajarsiswasecaraklasikaldiperolehsebesar88%halinimelebihidenganharapanpenelitikarenamencapaikategorisangataktif.