Upaya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 10 Malang pasa materi gradien dan persamaan garis lurus melalui model pembelajaran learning cycle / Yosep
Main Author: | Yosep |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15568/ |
ctrlnum |
15568 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/15568/</relation><title>Upaya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 10 Malang pasa materi gradien dan persamaan garis lurus melalui model pembelajaran learning cycle / Yosep</title><creator>Yosep</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Yosep.2013.UpayaPeningkatanKeaktifanBelajarSiswaKelasVIII-DSMPNegeri10MalangPadaMateriGradiendanPersamaanGarisLurusMelaluiModelPembelajaranLearningCycle.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.TotoNusantaraM.Si.Pembimbing(II)AningWidaYantiS.Si.M.PdKataKunciModelpembelajaranlearningcycleKeaktifanbelajarsiswa.Paradigmabarutentangpendidikansekaranginimenekankanpadapesertadidiksebagaimanusiayangmemilikipotensiuntukbelajardanberkembang.BerdasarkaninformasidarigurumatematikakelasVIII-DdiSMPN10Malangdiketahuibahwakegiatanpembelajaranmatematikadikelastersebutmasihdidominasiolehgurusehinggasiswakurangaktifdalampembelajarandikelas.Berdasarkanhasiltersebutpersentasesiswayangaktifsebesar40%dengankategorikeaktifanberadadalamtahapkurangaktif.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahmodelpembelajaranlearningcycleyangdapatmeningkatkankeaktifanbelajarmatematikasiswakelasVIII-DdiSMPN10Malang.KeaktifanbelajarmatematikasiswainiadalahyangakanditelitipadapenelitianinisecaraberkelompokdenganmenerapkanlimalangkahdalammodelpembelajaranlearningcycleyaitufaseEngagementfaseExplorationfaseExplanationfaseExtention/elaborationdanfaseEvaluation.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.DatapenelitianberupanilaiaktivitasgurudankeaktifansiswayangdiperolehdarilembarobservasidanhasilaktivitasgurudankeaktifansiswapadasiklusIsecaraklasikaladalah766%halinimenunjukkanaktivitasgurudalamkategoribaiksedangkankeaktifanbelajarsiswasecaraklasikalsebesar653%hasilinibelumsesuaidenganharapanpenelitiyaituminimalyangdiperolehadalahaktif.BerdasarkanhasilrefleksidarisiklusIpenelitimemaksimalkanlagidalampendampingandiskusikelompokuntuksiklusII.PadasiklusIIinimenunjukkanpeningkatanberdasarkanhasillembarobservasidengankegiatanaktivitasgurusecaraklasikaldiperoleh815%danberkategoribaiksedangkankeaktifanbelajarsiswasecaraklasikaldiperolehsebesar88%halinimelebihidenganharapanpenelitikarenamencapaikategorisangataktif.</description><date>2013-06-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Yosep (2013) Upaya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 10 Malang pasa materi gradien dan persamaan garis lurus melalui model pembelajaran learning cycle / Yosep. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>15568</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Yosep |
title |
Upaya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 10 Malang pasa materi gradien dan persamaan garis lurus melalui model pembelajaran learning cycle / Yosep |
publishDate |
2013 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://repository.um.ac.id/15568/ |
contents |
Yosep.2013.UpayaPeningkatanKeaktifanBelajarSiswaKelasVIII-DSMPNegeri10MalangPadaMateriGradiendanPersamaanGarisLurusMelaluiModelPembelajaranLearningCycle.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.TotoNusantaraM.Si.Pembimbing(II)AningWidaYantiS.Si.M.PdKataKunciModelpembelajaranlearningcycleKeaktifanbelajarsiswa.Paradigmabarutentangpendidikansekaranginimenekankanpadapesertadidiksebagaimanusiayangmemilikipotensiuntukbelajardanberkembang.BerdasarkaninformasidarigurumatematikakelasVIII-DdiSMPN10Malangdiketahuibahwakegiatanpembelajaranmatematikadikelastersebutmasihdidominasiolehgurusehinggasiswakurangaktifdalampembelajarandikelas.Berdasarkanhasiltersebutpersentasesiswayangaktifsebesar40%dengankategorikeaktifanberadadalamtahapkurangaktif.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahmodelpembelajaranlearningcycleyangdapatmeningkatkankeaktifanbelajarmatematikasiswakelasVIII-DdiSMPN10Malang.KeaktifanbelajarmatematikasiswainiadalahyangakanditelitipadapenelitianinisecaraberkelompokdenganmenerapkanlimalangkahdalammodelpembelajaranlearningcycleyaitufaseEngagementfaseExplorationfaseExplanationfaseExtention/elaborationdanfaseEvaluation.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.DatapenelitianberupanilaiaktivitasgurudankeaktifansiswayangdiperolehdarilembarobservasidanhasilaktivitasgurudankeaktifansiswapadasiklusIsecaraklasikaladalah766%halinimenunjukkanaktivitasgurudalamkategoribaiksedangkankeaktifanbelajarsiswasecaraklasikalsebesar653%hasilinibelumsesuaidenganharapanpenelitiyaituminimalyangdiperolehadalahaktif.BerdasarkanhasilrefleksidarisiklusIpenelitimemaksimalkanlagidalampendampingandiskusikelompokuntuksiklusII.PadasiklusIIinimenunjukkanpeningkatanberdasarkanhasillembarobservasidengankegiatanaktivitasgurusecaraklasikaldiperoleh815%danberkategoribaiksedangkankeaktifanbelajarsiswasecaraklasikaldiperolehsebesar88%halinimelebihidenganharapanpenelitikarenamencapaikategorisangataktif. |
id |
IOS13003.15568 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:08:21Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:08:21Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752722714492141568 |
score |
17.538404 |