Upaya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 10 Malang pasa materi gradien dan persamaan garis lurus melalui model pembelajaran learning cycle / Yosep

Main Author: Yosep
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15568/
ctrlnum 15568
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/15568/</relation><title>Upaya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 10 Malang pasa materi gradien dan persamaan garis lurus melalui model pembelajaran learning cycle / Yosep</title><creator>Yosep</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Yosep.2013.UpayaPeningkatanKeaktifanBelajarSiswaKelasVIII-DSMPNegeri10MalangPadaMateriGradiendanPersamaanGarisLurusMelaluiModelPembelajaranLearningCycle.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.TotoNusantaraM.Si.Pembimbing(II)AningWidaYantiS.Si.M.PdKataKunciModelpembelajaranlearningcycleKeaktifanbelajarsiswa.Paradigmabarutentangpendidikansekaranginimenekankanpadapesertadidiksebagaimanusiayangmemilikipotensiuntukbelajardanberkembang.BerdasarkaninformasidarigurumatematikakelasVIII-DdiSMPN10Malangdiketahuibahwakegiatanpembelajaranmatematikadikelastersebutmasihdidominasiolehgurusehinggasiswakurangaktifdalampembelajarandikelas.Berdasarkanhasiltersebutpersentasesiswayangaktifsebesar40%dengankategorikeaktifanberadadalamtahapkurangaktif.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahmodelpembelajaranlearningcycleyangdapatmeningkatkankeaktifanbelajarmatematikasiswakelasVIII-DdiSMPN10Malang.KeaktifanbelajarmatematikasiswainiadalahyangakanditelitipadapenelitianinisecaraberkelompokdenganmenerapkanlimalangkahdalammodelpembelajaranlearningcycleyaitufaseEngagementfaseExplorationfaseExplanationfaseExtention/elaborationdanfaseEvaluation.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.DatapenelitianberupanilaiaktivitasgurudankeaktifansiswayangdiperolehdarilembarobservasidanhasilaktivitasgurudankeaktifansiswapadasiklusIsecaraklasikaladalah766%halinimenunjukkanaktivitasgurudalamkategoribaiksedangkankeaktifanbelajarsiswasecaraklasikalsebesar653%hasilinibelumsesuaidenganharapanpenelitiyaituminimalyangdiperolehadalahaktif.BerdasarkanhasilrefleksidarisiklusIpenelitimemaksimalkanlagidalampendampingandiskusikelompokuntuksiklusII.PadasiklusIIinimenunjukkanpeningkatanberdasarkanhasillembarobservasidengankegiatanaktivitasgurusecaraklasikaldiperoleh815%danberkategoribaiksedangkankeaktifanbelajarsiswasecaraklasikaldiperolehsebesar88%halinimelebihidenganharapanpenelitikarenamencapaikategorisangataktif.</description><date>2013-06-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Yosep (2013) Upaya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 10 Malang pasa materi gradien dan persamaan garis lurus melalui model pembelajaran learning cycle / Yosep. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>15568</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Yosep
title Upaya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 10 Malang pasa materi gradien dan persamaan garis lurus melalui model pembelajaran learning cycle / Yosep
publishDate 2013
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://repository.um.ac.id/15568/
contents Yosep.2013.UpayaPeningkatanKeaktifanBelajarSiswaKelasVIII-DSMPNegeri10MalangPadaMateriGradiendanPersamaanGarisLurusMelaluiModelPembelajaranLearningCycle.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.TotoNusantaraM.Si.Pembimbing(II)AningWidaYantiS.Si.M.PdKataKunciModelpembelajaranlearningcycleKeaktifanbelajarsiswa.Paradigmabarutentangpendidikansekaranginimenekankanpadapesertadidiksebagaimanusiayangmemilikipotensiuntukbelajardanberkembang.BerdasarkaninformasidarigurumatematikakelasVIII-DdiSMPN10Malangdiketahuibahwakegiatanpembelajaranmatematikadikelastersebutmasihdidominasiolehgurusehinggasiswakurangaktifdalampembelajarandikelas.Berdasarkanhasiltersebutpersentasesiswayangaktifsebesar40%dengankategorikeaktifanberadadalamtahapkurangaktif.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahmodelpembelajaranlearningcycleyangdapatmeningkatkankeaktifanbelajarmatematikasiswakelasVIII-DdiSMPN10Malang.KeaktifanbelajarmatematikasiswainiadalahyangakanditelitipadapenelitianinisecaraberkelompokdenganmenerapkanlimalangkahdalammodelpembelajaranlearningcycleyaitufaseEngagementfaseExplorationfaseExplanationfaseExtention/elaborationdanfaseEvaluation.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.DatapenelitianberupanilaiaktivitasgurudankeaktifansiswayangdiperolehdarilembarobservasidanhasilaktivitasgurudankeaktifansiswapadasiklusIsecaraklasikaladalah766%halinimenunjukkanaktivitasgurudalamkategoribaiksedangkankeaktifanbelajarsiswasecaraklasikalsebesar653%hasilinibelumsesuaidenganharapanpenelitiyaituminimalyangdiperolehadalahaktif.BerdasarkanhasilrefleksidarisiklusIpenelitimemaksimalkanlagidalampendampingandiskusikelompokuntuksiklusII.PadasiklusIIinimenunjukkanpeningkatanberdasarkanhasillembarobservasidengankegiatanaktivitasgurusecaraklasikaldiperoleh815%danberkategoribaiksedangkankeaktifanbelajarsiswasecaraklasikaldiperolehsebesar88%halinimelebihidenganharapanpenelitikarenamencapaikategorisangataktif.
id IOS13003.15568
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:08:21Z
last_indexed 2021-11-04T07:08:21Z
recordtype dc
_version_ 1752722714492141568
score 17.538404