Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII H SMPN 8 Malang / Widya Chandra Pratiwi

Main Author: Pratiwi, Widya Chandra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15520/
Daftar Isi:
  • KataKunciTeamsGamesTournament(TGT)aktivitasbelajarhasilbelajarBerdasarkandatayangdihimpundiketahuibahwasiswakelasVIIIHSMPN8Malangmemilikiaktivitasdanhasilbelajaryangmasihrendah.PermasalahaninimemotivasipenelitiuntukmelakukanupayaperbaikandenganmenerapkanpembelajarankooperatiftipeTGT.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkahpembelajarankooperatiftipeTGTyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadikelasVIIIHSMPN8Malang.PendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahkelasVIIIHSMPN8Malang.Penelitiandiadakanpadatanggal27Maret2012sampai6April2012.PokokbahasandalampenelitianiniadalahmateriPrisma.Analisisdatadiperolehdaridatanilaisiswapadaujiansebelumnyahasilvalidasihasilobservasidannilaiteshasilbelajarsiswa.DatatemuanpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklusIpersentasekeberhasilanaktivitasbelajarsiswasebesar5349%danbelummemenuhikriteriakeberhasilanyangdiharapkanyaitu70%.SedangkanpersentaseketuntasanbelajarsiswapadasiklusIsebesar3721%danbelummemenuhikriteriakeberhasilanyangdiharapkanyaitu70%.PadasiklusIIpersentaseaktivitasbelajarsebesar8140%danpersentaseketuntasanbelajarsebesar8372%sehinggapembelajarandapatdikatakanberhasilmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.BerdasarkanhasilpenemuanpadapenelitianinimakalangkahlangkahTGTyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajaradalah(a)presentasikelasgurumempresentasikanmateridenganmenggunakanalatperaga(b)Kerjatimsiswadibagikedalam9timyangterdiridari4-5siswayangheterogen.SetiaptimdibagikanLKSyangberisisoal-soaluntukmenemukankonsepmengenaiprismadansoallatihanyangbervariasisertamengerjakannyasecaraberdiskusi(c)gamesturnamensetiapmejaturnamendiberikankartusoalyangberisipertanyaanmengenaimateriprismadengan3soalyangmempuyaitingkatkesukaranmudah4soaldengantingkatkesukaransedangdan3soaldengantingkatkesukaransulitdan(d)Penghargaantimpenghargaandiberikankepadatimyangmemilikitingkatskortertinggipadasaattahapgamesturnamen.Penghargaanberupapiagampenghargaan.