Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII H SMPN 8 Malang / Widya Chandra Pratiwi
Main Author: | Pratiwi, Widya Chandra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15520/ |
Daftar Isi:
- KataKunciTeamsGamesTournament(TGT)aktivitasbelajarhasilbelajarBerdasarkandatayangdihimpundiketahuibahwasiswakelasVIIIHSMPN8Malangmemilikiaktivitasdanhasilbelajaryangmasihrendah.PermasalahaninimemotivasipenelitiuntukmelakukanupayaperbaikandenganmenerapkanpembelajarankooperatiftipeTGT.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkahpembelajarankooperatiftipeTGTyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadikelasVIIIHSMPN8Malang.PendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahkelasVIIIHSMPN8Malang.Penelitiandiadakanpadatanggal27Maret2012sampai6April2012.PokokbahasandalampenelitianiniadalahmateriPrisma.Analisisdatadiperolehdaridatanilaisiswapadaujiansebelumnyahasilvalidasihasilobservasidannilaiteshasilbelajarsiswa.DatatemuanpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklusIpersentasekeberhasilanaktivitasbelajarsiswasebesar5349%danbelummemenuhikriteriakeberhasilanyangdiharapkanyaitu70%.SedangkanpersentaseketuntasanbelajarsiswapadasiklusIsebesar3721%danbelummemenuhikriteriakeberhasilanyangdiharapkanyaitu70%.PadasiklusIIpersentaseaktivitasbelajarsebesar8140%danpersentaseketuntasanbelajarsebesar8372%sehinggapembelajarandapatdikatakanberhasilmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.BerdasarkanhasilpenemuanpadapenelitianinimakalangkahlangkahTGTyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajaradalah(a)presentasikelasgurumempresentasikanmateridenganmenggunakanalatperaga(b)Kerjatimsiswadibagikedalam9timyangterdiridari4-5siswayangheterogen.SetiaptimdibagikanLKSyangberisisoal-soaluntukmenemukankonsepmengenaiprismadansoallatihanyangbervariasisertamengerjakannyasecaraberdiskusi(c)gamesturnamensetiapmejaturnamendiberikankartusoalyangberisipertanyaanmengenaimateriprismadengan3soalyangmempuyaitingkatkesukaranmudah4soaldengantingkatkesukaransedangdan3soaldengantingkatkesukaransulitdan(d)Penghargaantimpenghargaandiberikankepadatimyangmemilikitingkatskortertinggipadasaattahapgamesturnamen.Penghargaanberupapiagampenghargaan.