Pengembangan media pembelajaran sub pokok bahasan limas berbantuan komputer beracun kontekstual untuk siswa SMP kelas VIII / Wahani Prabandari

Main Author: Prabandari, Wahani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15515/
Daftar Isi:
  • KataKuncipengembanganmediapembelajaranberbantuankomputerberacuankontekstuallimas.Pesatnyakemajuanteknologisaatinidapatdimanfaatkanuntukkeperluanpeningkatanprosespembelajaransalahsatunyadenganmengembangkanmediapembelajaran.Berdasarkanwawancarapadasiswasaatpenelitiandiperolehbahwaprosespembelajaranmatematikasaatinimasihmonoton.Olehkatenaitugurudituntutuntukdapatmemilah-milahmediapembelajaranmatematikayangkontekstualmenarikdanmemotivasisiswadalambelajarmatematika.Mediapembelajarantersebutberupamediapembelajaranberbantuankomputerberacuankontekstual.Pengembanganmediapembelajaraninibertujuanuntuk(1)menghasilkanmediapembelajaranberbantuankomputerberacuankontekstual(2)mengetahuikelayakanmediapembelajaranberbantuankomputerberacuankontekstualuntuksiswaSMPkelasVIII.MetodeyangdigunakandiadaptasidarisepuluhlangkahpenelitiandanpengembanganyangdikemukakanolehBrogdanGallyangtelahdimodifikasi.Langkah-langkahpenelitiandanpengembangantersebutadalahsebagaiberikut(1)Studipendahuluan(studikepustakaansurveilapangan)(2)Pengembanganmodel/produk(penyusunandrafvalidasiprodukrevisiujicobaterbatas).Ujicobaterbatasdilakukanpadakelompokkecilyangterdiridari6siswayangberkemampuantinggisedangdanrendahdarikelasVII-CSMPNegeri1Malang.Validasidilakukanolehahlimediadanahlimateri.Validasihasilpenelitianyangdiperolehadalah(1)8175%untukahlimedia(2)861%untukahlimateridan(3)90%untukujicobaterbatas.Berdasarkannilairata-ratahasildarivalidasidapatdisimpulkanbahwaprodukiniadalahlayakuntukdigunakansebagaisalahsatualtenatifmediapembelajarandisekolah.Mediainijugadapatdigunakanuntuksiswasebagaibahanuntukbelajarmandiri.Selainitudiharapkanmediainidapatmembantugurudalammenyampaikanmateripembelajaranagarlebihmenarikdanvariatifsehinggatujuanpembelajarandapattercapai.