Penerapan belajar kooperatif model TGT yang di modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar geometri siswa kelas VII SMPN 1 Leces Kabupaten Probolinggo / Anis Farida Jamil
Main Author: | Jamil, Anis Farida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15512/ |
Daftar Isi:
- KataKunciBelajarKooperatifTGTyangDimodifikasiHasilBelajar.Berdasarkanhasilpembagianangketkepada32siswakelasVIIbilingualdanwawancarakepadaguruMatematikaSMPN1LecessebelumdilakukanpenelitiandiketahuibahwadalamproseskegiatanpembelajaranMatematikadiSMPN1Leceslebihseringmenggunakanmetodeceramah.Haltersebutberdampakpadaminimnyahasilbelajarsiswa.Selainitu19siswamengatakanbahwamatematikaadalahpelajaranyangsulit.KetuntasanbelajarklasikalminimumyangditetapkanolehSMPN1Lecesadalah75%daribanyaknyasiswayangmemperolehnilaiminimum75(KriteriaKetuntasanMinimum).Daridatayangdiperolehdiketahuiketuntasanbelajarklasikalsiswaadalah22%dengankatalainada7siswayangtuntasdari32siswa.Halinimenunjukkanketuntasanhasilbelajarsiswasangatlahminim.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarMatematikasiswakhususnyamaterigeometriyaitusegiempatdansegitigadenganmenerapkanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasi.SelainitupenelitianinijugamendeskripsikanrancangandanpelaksanaanpenerapanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasidiSMPN1Leces.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklusyangdilaksanakandiSMPN1LecesdengansubjeksiswakelasVIIbilingualyangterdiridari32siswa.Datadiperolehdarinilaiteshasilbelajarpadaakhirsetiapsiklushasilobservasiaktivitassiswadangurudancatatanlapangan.Kriteriakeberhasilandalampenelitianiniadalahapabilaminimal80%daribanyaknyasiswamemperolehnilaiteslebihbesaratausamadengan75.HasilpenelitianmenunjukkanketuntasanbelajarklasikalsiswapadasiklusIadalah47%.TerdapatpeningkatanhasilbelajarsiswanamunpenelitiandilanjutkanpadasiklusIIdikarenakanbelummemenuhikriteriakeberhasilan.PadasiklusIIketuntasanbelajarklasikalsiswaadalah81%.SehinggadapatdisimpulkanpenelitianpenerapanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasidapatmeningkatkanhasilbelajargeometrisiswakelasVIISMPN1LecesKabupatenProbolinggo.