Penerapan belajar kooperatif model TGT yang di modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar geometri siswa kelas VII SMPN 1 Leces Kabupaten Probolinggo / Anis Farida Jamil
Main Author: | Jamil, Anis Farida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15512/ |
ctrlnum |
15512 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/15512/</relation><title>Penerapan belajar kooperatif model TGT yang di modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar geometri siswa kelas VII SMPN 1 Leces Kabupaten Probolinggo / Anis Farida Jamil</title><creator>Jamil, Anis Farida</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>KataKunciBelajarKooperatifTGTyangDimodifikasiHasilBelajar.Berdasarkanhasilpembagianangketkepada32siswakelasVIIbilingualdanwawancarakepadaguruMatematikaSMPN1LecessebelumdilakukanpenelitiandiketahuibahwadalamproseskegiatanpembelajaranMatematikadiSMPN1Leceslebihseringmenggunakanmetodeceramah.Haltersebutberdampakpadaminimnyahasilbelajarsiswa.Selainitu19siswamengatakanbahwamatematikaadalahpelajaranyangsulit.KetuntasanbelajarklasikalminimumyangditetapkanolehSMPN1Lecesadalah75%daribanyaknyasiswayangmemperolehnilaiminimum75(KriteriaKetuntasanMinimum).Daridatayangdiperolehdiketahuiketuntasanbelajarklasikalsiswaadalah22%dengankatalainada7siswayangtuntasdari32siswa.Halinimenunjukkanketuntasanhasilbelajarsiswasangatlahminim.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarMatematikasiswakhususnyamaterigeometriyaitusegiempatdansegitigadenganmenerapkanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasi.SelainitupenelitianinijugamendeskripsikanrancangandanpelaksanaanpenerapanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasidiSMPN1Leces.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklusyangdilaksanakandiSMPN1LecesdengansubjeksiswakelasVIIbilingualyangterdiridari32siswa.Datadiperolehdarinilaiteshasilbelajarpadaakhirsetiapsiklushasilobservasiaktivitassiswadangurudancatatanlapangan.Kriteriakeberhasilandalampenelitianiniadalahapabilaminimal80%daribanyaknyasiswamemperolehnilaiteslebihbesaratausamadengan75.HasilpenelitianmenunjukkanketuntasanbelajarklasikalsiswapadasiklusIadalah47%.TerdapatpeningkatanhasilbelajarsiswanamunpenelitiandilanjutkanpadasiklusIIdikarenakanbelummemenuhikriteriakeberhasilan.PadasiklusIIketuntasanbelajarklasikalsiswaadalah81%.SehinggadapatdisimpulkanpenelitianpenerapanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasidapatmeningkatkanhasilbelajargeometrisiswakelasVIISMPN1LecesKabupatenProbolinggo.</description><date>2012-09-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Jamil, Anis Farida (2012) Penerapan belajar kooperatif model TGT yang di modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar geometri siswa kelas VII SMPN 1 Leces Kabupaten Probolinggo / Anis Farida Jamil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>15512</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Jamil, Anis Farida |
title |
Penerapan belajar kooperatif model TGT yang di modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar geometri siswa kelas VII SMPN 1 Leces Kabupaten Probolinggo / Anis Farida Jamil |
publishDate |
2012 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://repository.um.ac.id/15512/ |
contents |
KataKunciBelajarKooperatifTGTyangDimodifikasiHasilBelajar.Berdasarkanhasilpembagianangketkepada32siswakelasVIIbilingualdanwawancarakepadaguruMatematikaSMPN1LecessebelumdilakukanpenelitiandiketahuibahwadalamproseskegiatanpembelajaranMatematikadiSMPN1Leceslebihseringmenggunakanmetodeceramah.Haltersebutberdampakpadaminimnyahasilbelajarsiswa.Selainitu19siswamengatakanbahwamatematikaadalahpelajaranyangsulit.KetuntasanbelajarklasikalminimumyangditetapkanolehSMPN1Lecesadalah75%daribanyaknyasiswayangmemperolehnilaiminimum75(KriteriaKetuntasanMinimum).Daridatayangdiperolehdiketahuiketuntasanbelajarklasikalsiswaadalah22%dengankatalainada7siswayangtuntasdari32siswa.Halinimenunjukkanketuntasanhasilbelajarsiswasangatlahminim.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarMatematikasiswakhususnyamaterigeometriyaitusegiempatdansegitigadenganmenerapkanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasi.SelainitupenelitianinijugamendeskripsikanrancangandanpelaksanaanpenerapanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasidiSMPN1Leces.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklusyangdilaksanakandiSMPN1LecesdengansubjeksiswakelasVIIbilingualyangterdiridari32siswa.Datadiperolehdarinilaiteshasilbelajarpadaakhirsetiapsiklushasilobservasiaktivitassiswadangurudancatatanlapangan.Kriteriakeberhasilandalampenelitianiniadalahapabilaminimal80%daribanyaknyasiswamemperolehnilaiteslebihbesaratausamadengan75.HasilpenelitianmenunjukkanketuntasanbelajarklasikalsiswapadasiklusIadalah47%.TerdapatpeningkatanhasilbelajarsiswanamunpenelitiandilanjutkanpadasiklusIIdikarenakanbelummemenuhikriteriakeberhasilan.PadasiklusIIketuntasanbelajarklasikalsiswaadalah81%.SehinggadapatdisimpulkanpenelitianpenerapanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasidapatmeningkatkanhasilbelajargeometrisiswakelasVIISMPN1LecesKabupatenProbolinggo. |
id |
IOS13003.15512 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:08:20Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:08:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752722715039498240 |
score |
17.538404 |