Penerapan belajar kooperatif model TGT yang di modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar geometri siswa kelas VII SMPN 1 Leces Kabupaten Probolinggo / Anis Farida Jamil

Main Author: Jamil, Anis Farida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15512/
ctrlnum 15512
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/15512/</relation><title>Penerapan belajar kooperatif model TGT yang di modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar geometri siswa kelas VII SMPN 1 Leces Kabupaten Probolinggo / Anis Farida Jamil</title><creator>Jamil, Anis Farida</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>KataKunciBelajarKooperatifTGTyangDimodifikasiHasilBelajar.Berdasarkanhasilpembagianangketkepada32siswakelasVIIbilingualdanwawancarakepadaguruMatematikaSMPN1LecessebelumdilakukanpenelitiandiketahuibahwadalamproseskegiatanpembelajaranMatematikadiSMPN1Leceslebihseringmenggunakanmetodeceramah.Haltersebutberdampakpadaminimnyahasilbelajarsiswa.Selainitu19siswamengatakanbahwamatematikaadalahpelajaranyangsulit.KetuntasanbelajarklasikalminimumyangditetapkanolehSMPN1Lecesadalah75%daribanyaknyasiswayangmemperolehnilaiminimum75(KriteriaKetuntasanMinimum).Daridatayangdiperolehdiketahuiketuntasanbelajarklasikalsiswaadalah22%dengankatalainada7siswayangtuntasdari32siswa.Halinimenunjukkanketuntasanhasilbelajarsiswasangatlahminim.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarMatematikasiswakhususnyamaterigeometriyaitusegiempatdansegitigadenganmenerapkanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasi.SelainitupenelitianinijugamendeskripsikanrancangandanpelaksanaanpenerapanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasidiSMPN1Leces.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklusyangdilaksanakandiSMPN1LecesdengansubjeksiswakelasVIIbilingualyangterdiridari32siswa.Datadiperolehdarinilaiteshasilbelajarpadaakhirsetiapsiklushasilobservasiaktivitassiswadangurudancatatanlapangan.Kriteriakeberhasilandalampenelitianiniadalahapabilaminimal80%daribanyaknyasiswamemperolehnilaiteslebihbesaratausamadengan75.HasilpenelitianmenunjukkanketuntasanbelajarklasikalsiswapadasiklusIadalah47%.TerdapatpeningkatanhasilbelajarsiswanamunpenelitiandilanjutkanpadasiklusIIdikarenakanbelummemenuhikriteriakeberhasilan.PadasiklusIIketuntasanbelajarklasikalsiswaadalah81%.SehinggadapatdisimpulkanpenelitianpenerapanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasidapatmeningkatkanhasilbelajargeometrisiswakelasVIISMPN1LecesKabupatenProbolinggo.</description><date>2012-09-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Jamil, Anis Farida (2012) Penerapan belajar kooperatif model TGT yang di modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar geometri siswa kelas VII SMPN 1 Leces Kabupaten Probolinggo / Anis Farida Jamil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>15512</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Jamil, Anis Farida
title Penerapan belajar kooperatif model TGT yang di modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar geometri siswa kelas VII SMPN 1 Leces Kabupaten Probolinggo / Anis Farida Jamil
publishDate 2012
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://repository.um.ac.id/15512/
contents KataKunciBelajarKooperatifTGTyangDimodifikasiHasilBelajar.Berdasarkanhasilpembagianangketkepada32siswakelasVIIbilingualdanwawancarakepadaguruMatematikaSMPN1LecessebelumdilakukanpenelitiandiketahuibahwadalamproseskegiatanpembelajaranMatematikadiSMPN1Leceslebihseringmenggunakanmetodeceramah.Haltersebutberdampakpadaminimnyahasilbelajarsiswa.Selainitu19siswamengatakanbahwamatematikaadalahpelajaranyangsulit.KetuntasanbelajarklasikalminimumyangditetapkanolehSMPN1Lecesadalah75%daribanyaknyasiswayangmemperolehnilaiminimum75(KriteriaKetuntasanMinimum).Daridatayangdiperolehdiketahuiketuntasanbelajarklasikalsiswaadalah22%dengankatalainada7siswayangtuntasdari32siswa.Halinimenunjukkanketuntasanhasilbelajarsiswasangatlahminim.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarMatematikasiswakhususnyamaterigeometriyaitusegiempatdansegitigadenganmenerapkanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasi.SelainitupenelitianinijugamendeskripsikanrancangandanpelaksanaanpenerapanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasidiSMPN1Leces.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklusyangdilaksanakandiSMPN1LecesdengansubjeksiswakelasVIIbilingualyangterdiridari32siswa.Datadiperolehdarinilaiteshasilbelajarpadaakhirsetiapsiklushasilobservasiaktivitassiswadangurudancatatanlapangan.Kriteriakeberhasilandalampenelitianiniadalahapabilaminimal80%daribanyaknyasiswamemperolehnilaiteslebihbesaratausamadengan75.HasilpenelitianmenunjukkanketuntasanbelajarklasikalsiswapadasiklusIadalah47%.TerdapatpeningkatanhasilbelajarsiswanamunpenelitiandilanjutkanpadasiklusIIdikarenakanbelummemenuhikriteriakeberhasilan.PadasiklusIIketuntasanbelajarklasikalsiswaadalah81%.SehinggadapatdisimpulkanpenelitianpenerapanbelajarkooperatifmodelTGTyangdimodifikasidapatmeningkatkanhasilbelajargeometrisiswakelasVIISMPN1LecesKabupatenProbolinggo.
id IOS13003.15512
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:08:20Z
last_indexed 2021-11-04T07:08:20Z
recordtype dc
_version_ 1752722715039498240
score 17.538404