Analisis kesalahan penyajian dan perbaikan pada buku teks matematika bilingual SMP kelas IX / Lanaa Rosyiidah

Main Author: Rosyiidah, Lanaa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15501/
Daftar Isi:
  • KataKuncikesalahanpenyajianperbaikanbukuteksmatematikabilingualBukuteksmerupakansalahsatubahanajaryangpentingdalamkegiatanbelajarmengajar.Bukuteksdapatmenjadisalahsatusaranauntukmenunjangsuatupembelajaran.Bukuteksdapatmembantusiswadalamprosesbelajarsecaramandiri.Namunkesalahanpenyajianpadabukuteksmatematikabilingualmasihseringditemukan.Olehkarenaituevaluasibukuteksmatematikabilingualperludilakukansupayapembacadapatmemperolehinformasiyangbenar.PadapenelitianinipenulismenganalisistigabukuteksmatematikabilingualSMPkelasIXyaituYMEAdanEB.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankesalahanpenyajianpadabukuteksyangdianalisiskesalahannyasertadiberiupayaperbaikannya.Kesalahanpenyajiandalamhaliniadalahkesalahanberdasarkanpengungkapanobjekmatematikayaitufaktaketerampilankonsepdanprinsip.Darihasilpenelitiandidapatkankesalahanpenyajianpadatigabukutekssepertiberiku.Pertamakesalahanyangberhubungandenganfaktaditemukansebanyak49datayaitu35datapadabukuYM13datapadabukuEAdan1datapadabukuEB.Keduakesalahanyangberhubungandenganketerampilanditemukansebanyak4datayaitu2datapadabukuYM1datapadabukuEAdan1datapadabukuEB.Ketigakesalahanyangberhubungandengankonsepditemukansebanyak15datayaitu9datapadabukuYM5datapadabukuEAdan1datapadabukuEB.Terakhirkesalahanyangberhubungandenganprinsipditemukansebanyak1datayaitu1datapadabukuYMdantidakditemukankesalahanpadabukuEB.DaridatadiataskesalahanpenyajianpadabukuteksYMsebanyak47datakesalahanpenyajianpadabukuteksEAsebanyak19datadankesalahanpenyajianpadabukuteksEBsebanyak3data.Berdasarkanhasilanalisisdanupayaperbaikanyangdilakukandisarankanbagigurudansiswayanginginmenggunakanbukuteksyangtelahdianalisisdapatmerujukhasilpenelitian.Bagipenulisdanpenerbitbukuteksmatematikabilingualsebaiknyamemperbaikibukuteksdenganmerujukhasil