Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan inkuiri pada pokok bahasan prisma dan limas untuk siswa SMP kelas VIII / Ines Purbasari

Main Author: Purbasari, Ines
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15394/
Daftar Isi:
  • KataKunciperangkatpembelajaranpendekataninkuiriprismadanlimas.Perangkatpembelajaranberperanpentingdalammengoptimalkaninteraksibelajarmengajar.Guruakanlebihmudahdalammengelolakelassedangkansiswaakanterbantudalammemahamimateriyangdisampaikanolehguru.Perangkatpembelajaranyangbaikmampumembawasiswapadapengalamanbelajaryangberlangsungdenganefektifdanefisien.Olehkarenaituperangkatpembelajaranmutlakdiperlukanolehseoranggurudalammengelolaprosespembelajaran.Pembelajarandenganpendekataninkuirimerupakanmodelpembelajarandenganaktivitasinvestigasiuntukmenemukankembalisuatubentukkonsepberdasarkanpadadatayangteramati.Aktivitasinvestigasidapatmengembangkanketerampilanberpikirdanrasakeingintahuansiswadalammemperolehpemahamanterhadapsuatukonsepataupemecahanmasalah.Siswatidakhanyasekedarbelajarmenghafaltetapijugamampumengalamiprosesbelajarbermaknadenganjalanmerekonstruksipengetahuan.Pembelajarandenganpendekataninkuirimemberiruangkepadasiswauntukmemperolehpengalamanbelajaryangaktif.PrismadanlimasmerupakansubpokokbahasangeometriyangdipelajariditingkatSMP.Pokokbahasantersebutmempelajaritentangunsur-unsurdansifat-sifatjaring-jaringluaspermukaansertavolumeprismadanlimas.DarihasilpenelitiansebelumnyadanhasilwawancaradenganbeberapasiswakelasVIIImenunjukkanbahwamenunjukkanbahwapemahamansiswaterhadapvolumelimasdanprismamasihrendah.PerangkatpembelajaranyangdikembangkandalampenelitianiniadalahRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS).Modelpengembanganmengacupadamodel4DyangdikembangkanolehThiagarajanSemmeldanSemmel(1974)yangtelahdimodifikasi.Modifikasidilakukandenganmenyederhanakantahapyangdilakukanmenjadi3Dyaitupendefinisian(define)perancangan(design)danpengembangan(develop).Penulistidakmelakukantahappenyebaran(disseminate)karenaketerbatasanwaktudandana.ProsesvalidasiprodukRPPdanLKSmelibatkan2orangvalidatorahli2orangvalidatorpraktisidan6orangvalidatorpengguna.BerdasarkanhasilvalidasiyangdiuraikanpadaBabIVsecarakeseluruhanprodukyangdikembangkandinyatakanvalid.NamunpenyempurnaanRPPdanLKStetapdilakukandenganmemperhatikansarandarivalidator.Disarankankepadaguruuntukmemanfaatkanhasilpengembanganinisebagaiacuanalternatifpembelajaranmateriprismadanlimas.Pengembanglaindiharapkanmelakukantindaklanjutpengembanganperangkatpembelajarandenganpendekataninkuiriuntukjenjangpendidikandanmateriyanglain.