Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan inkuiri pada pokok bahasan prisma dan limas untuk siswa SMP kelas VIII / Ines Purbasari
Main Author: | Purbasari, Ines |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15394/ |
Daftar Isi:
- KataKunciperangkatpembelajaranpendekataninkuiriprismadanlimas.Perangkatpembelajaranberperanpentingdalammengoptimalkaninteraksibelajarmengajar.Guruakanlebihmudahdalammengelolakelassedangkansiswaakanterbantudalammemahamimateriyangdisampaikanolehguru.Perangkatpembelajaranyangbaikmampumembawasiswapadapengalamanbelajaryangberlangsungdenganefektifdanefisien.Olehkarenaituperangkatpembelajaranmutlakdiperlukanolehseoranggurudalammengelolaprosespembelajaran.Pembelajarandenganpendekataninkuirimerupakanmodelpembelajarandenganaktivitasinvestigasiuntukmenemukankembalisuatubentukkonsepberdasarkanpadadatayangteramati.Aktivitasinvestigasidapatmengembangkanketerampilanberpikirdanrasakeingintahuansiswadalammemperolehpemahamanterhadapsuatukonsepataupemecahanmasalah.Siswatidakhanyasekedarbelajarmenghafaltetapijugamampumengalamiprosesbelajarbermaknadenganjalanmerekonstruksipengetahuan.Pembelajarandenganpendekataninkuirimemberiruangkepadasiswauntukmemperolehpengalamanbelajaryangaktif.PrismadanlimasmerupakansubpokokbahasangeometriyangdipelajariditingkatSMP.Pokokbahasantersebutmempelajaritentangunsur-unsurdansifat-sifatjaring-jaringluaspermukaansertavolumeprismadanlimas.DarihasilpenelitiansebelumnyadanhasilwawancaradenganbeberapasiswakelasVIIImenunjukkanbahwamenunjukkanbahwapemahamansiswaterhadapvolumelimasdanprismamasihrendah.PerangkatpembelajaranyangdikembangkandalampenelitianiniadalahRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS).Modelpengembanganmengacupadamodel4DyangdikembangkanolehThiagarajanSemmeldanSemmel(1974)yangtelahdimodifikasi.Modifikasidilakukandenganmenyederhanakantahapyangdilakukanmenjadi3Dyaitupendefinisian(define)perancangan(design)danpengembangan(develop).Penulistidakmelakukantahappenyebaran(disseminate)karenaketerbatasanwaktudandana.ProsesvalidasiprodukRPPdanLKSmelibatkan2orangvalidatorahli2orangvalidatorpraktisidan6orangvalidatorpengguna.BerdasarkanhasilvalidasiyangdiuraikanpadaBabIVsecarakeseluruhanprodukyangdikembangkandinyatakanvalid.NamunpenyempurnaanRPPdanLKStetapdilakukandenganmemperhatikansarandarivalidator.Disarankankepadaguruuntukmemanfaatkanhasilpengembanganinisebagaiacuanalternatifpembelajaranmateriprismadanlimas.Pengembanglaindiharapkanmelakukantindaklanjutpengembanganperangkatpembelajarandenganpendekataninkuiriuntukjenjangpendidikandanmateriyanglain.