Analisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas (studi kasus tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar) / Nando Ramadhani Nur Adnan
Main Author: | Adnan, Nando Ramadhani Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/151451/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAdnanN.R.N.2019.AnalisisKondisiGeometrikJalanTerhadapPotensiTerjadinyaKecelakaanLaluLintas(StudiKasusTikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitar).Skripsi.ProgramStudiS1TeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)PranotoS.T.M.T.(II)Drs.BoediRahardjoM.Pd.M.T.KatakunciGeometrikJalanTikunganFaktorKecelakaanLaluLintasKondisigeometrikjalanyangtidaksesuaidenganstandarteknisperencanaandapatmenyebabkanterjadinyakecelakaanlalulintas.Kecelakaanlalulintasseringterjadipadadaerahtikungan.Olehsebabitutikungandisebutsebagaidaerahrawankecelakaan.TikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitarmerupakansalahsatutikunganyangtidakmemenuhisyaratperencanaangeometrikjalandiIndonesia.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikarakteristikaruslalulintasmenganalisiskondisigeometrikjalanterhadappotensiterjadinyakecelakaandanuntukmengetahuifaktor-faktorpenyebabkecelakaanlalulintaspadatikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitar.Penelitianinimenggunakanmetodeanalisisdeskriptifkuantitatif.Pengumpulandatadilakukandengansurveilokasiselama4hari.Dataprimermeliputidatavolumelalulintaskecepatankendaraanperlengkapanjalanpelebaranjalandangeometrikjalan.Datasekunder(datakecelakaanlalulintasdangeometrikexisting)diperolehdarianalisismonitoringevaluasiyangdilakukanpihakPolresBlitardanBalaiBesarPelaksanaanJalanNasionalVIII.Hasilpenelitianmendapatkan(1)karakteristiklalulintasmemilikivolumemaksimumterjadipadahariSeninsebesar17221smp/hariyangdidominasiolehkendaraanringan(LV)sebesar4613%kecepatankendaraanrata-ratasebesar4795km/jamdengankecepatantertinggididominasiolehkendaraanbermotor(MC)yangmemilikirata-ratakecepatansebesar6273km/jamdengankecepatantertinggiyangpernahtercatatdalampengamatansebesar8764km/jamdankepadatankendaraantertinggiterjadipadahariSeninsebesar3273smp/km(2)kondisigeometrikjalanpadabeberapaaspekperencanaansepertinilaisuperelevasiexistingmemilikinilaisebesar1150%sedangkanpadahasilperencanaandiperolehsuperelevasisebesar989%lengkungperalihanexistingmemilikipanjang40metersedangkanpadahasilperencanaandiperolehnilailengkungperalihansepanjang5456meterdanpelebaranjalanexistingmemilikipelebaransebesar03metersedangkanpadahasilperencanaandiperolehpelebaranjalansebesar07124meter(3)faktor-faktorpenyebabkecelakaandidominasiolehfaktormanusiasebesar5714%dengansebabkejadianyangseringdialamiadalahkecepatantinggidanmengantukfaktorkendaraansebesar2143%dengansebabkejadianyangdialamikarenaremblongmuatanberlebihdanbanpecahsedangkanpadafaktorjalansebesar2143%yangselaludisebabkanolehkemiringanjalanpadatikungan.