Analisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas (studi kasus tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar) / Nando Ramadhani Nur Adnan
Main Author: | Adnan, Nando Ramadhani Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/151451/ |
ctrlnum |
151451 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/151451/</relation><title>Analisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas (studi kasus tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar) / Nando Ramadhani Nur Adnan</title><creator>Adnan, Nando Ramadhani Nur</creator><description>ABSTRAKAdnanN.R.N.2019.AnalisisKondisiGeometrikJalanTerhadapPotensiTerjadinyaKecelakaanLaluLintas(StudiKasusTikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitar).Skripsi.ProgramStudiS1TeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)PranotoS.T.M.T.(II)Drs.BoediRahardjoM.Pd.M.T.KatakunciGeometrikJalanTikunganFaktorKecelakaanLaluLintasKondisigeometrikjalanyangtidaksesuaidenganstandarteknisperencanaandapatmenyebabkanterjadinyakecelakaanlalulintas.Kecelakaanlalulintasseringterjadipadadaerahtikungan.Olehsebabitutikungandisebutsebagaidaerahrawankecelakaan.TikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitarmerupakansalahsatutikunganyangtidakmemenuhisyaratperencanaangeometrikjalandiIndonesia.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikarakteristikaruslalulintasmenganalisiskondisigeometrikjalanterhadappotensiterjadinyakecelakaandanuntukmengetahuifaktor-faktorpenyebabkecelakaanlalulintaspadatikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitar.Penelitianinimenggunakanmetodeanalisisdeskriptifkuantitatif.Pengumpulandatadilakukandengansurveilokasiselama4hari.Dataprimermeliputidatavolumelalulintaskecepatankendaraanperlengkapanjalanpelebaranjalandangeometrikjalan.Datasekunder(datakecelakaanlalulintasdangeometrikexisting)diperolehdarianalisismonitoringevaluasiyangdilakukanpihakPolresBlitardanBalaiBesarPelaksanaanJalanNasionalVIII.Hasilpenelitianmendapatkan(1)karakteristiklalulintasmemilikivolumemaksimumterjadipadahariSeninsebesar17221smp/hariyangdidominasiolehkendaraanringan(LV)sebesar4613%kecepatankendaraanrata-ratasebesar4795km/jamdengankecepatantertinggididominasiolehkendaraanbermotor(MC)yangmemilikirata-ratakecepatansebesar6273km/jamdengankecepatantertinggiyangpernahtercatatdalampengamatansebesar8764km/jamdankepadatankendaraantertinggiterjadipadahariSeninsebesar3273smp/km(2)kondisigeometrikjalanpadabeberapaaspekperencanaansepertinilaisuperelevasiexistingmemilikinilaisebesar1150%sedangkanpadahasilperencanaandiperolehsuperelevasisebesar989%lengkungperalihanexistingmemilikipanjang40metersedangkanpadahasilperencanaandiperolehnilailengkungperalihansepanjang5456meterdanpelebaranjalanexistingmemilikipelebaransebesar03metersedangkanpadahasilperencanaandiperolehpelebaranjalansebesar07124meter(3)faktor-faktorpenyebabkecelakaandidominasiolehfaktormanusiasebesar5714%dengansebabkejadianyangseringdialamiadalahkecepatantinggidanmengantukfaktorkendaraansebesar2143%dengansebabkejadianyangdialamikarenaremblongmuatanberlebihdanbanpecahsedangkanpadafaktorjalansebesar2143%yangselaludisebabkanolehkemiringanjalanpadatikungan.</description><date>2019-12-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Adnan, Nando Ramadhani Nur (2019) Analisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas (studi kasus tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar) / Nando Ramadhani Nur Adnan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>151451</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Adnan, Nando Ramadhani Nur |
title |
Analisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas (studi kasus tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar) / Nando Ramadhani Nur Adnan |
publishDate |
2019 |
url |
http://repository.um.ac.id/151451/ |
contents |
ABSTRAKAdnanN.R.N.2019.AnalisisKondisiGeometrikJalanTerhadapPotensiTerjadinyaKecelakaanLaluLintas(StudiKasusTikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitar).Skripsi.ProgramStudiS1TeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)PranotoS.T.M.T.(II)Drs.BoediRahardjoM.Pd.M.T.KatakunciGeometrikJalanTikunganFaktorKecelakaanLaluLintasKondisigeometrikjalanyangtidaksesuaidenganstandarteknisperencanaandapatmenyebabkanterjadinyakecelakaanlalulintas.Kecelakaanlalulintasseringterjadipadadaerahtikungan.Olehsebabitutikungandisebutsebagaidaerahrawankecelakaan.TikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitarmerupakansalahsatutikunganyangtidakmemenuhisyaratperencanaangeometrikjalandiIndonesia.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikarakteristikaruslalulintasmenganalisiskondisigeometrikjalanterhadappotensiterjadinyakecelakaandanuntukmengetahuifaktor-faktorpenyebabkecelakaanlalulintaspadatikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitar.Penelitianinimenggunakanmetodeanalisisdeskriptifkuantitatif.Pengumpulandatadilakukandengansurveilokasiselama4hari.Dataprimermeliputidatavolumelalulintaskecepatankendaraanperlengkapanjalanpelebaranjalandangeometrikjalan.Datasekunder(datakecelakaanlalulintasdangeometrikexisting)diperolehdarianalisismonitoringevaluasiyangdilakukanpihakPolresBlitardanBalaiBesarPelaksanaanJalanNasionalVIII.Hasilpenelitianmendapatkan(1)karakteristiklalulintasmemilikivolumemaksimumterjadipadahariSeninsebesar17221smp/hariyangdidominasiolehkendaraanringan(LV)sebesar4613%kecepatankendaraanrata-ratasebesar4795km/jamdengankecepatantertinggididominasiolehkendaraanbermotor(MC)yangmemilikirata-ratakecepatansebesar6273km/jamdengankecepatantertinggiyangpernahtercatatdalampengamatansebesar8764km/jamdankepadatankendaraantertinggiterjadipadahariSeninsebesar3273smp/km(2)kondisigeometrikjalanpadabeberapaaspekperencanaansepertinilaisuperelevasiexistingmemilikinilaisebesar1150%sedangkanpadahasilperencanaandiperolehsuperelevasisebesar989%lengkungperalihanexistingmemilikipanjang40metersedangkanpadahasilperencanaandiperolehnilailengkungperalihansepanjang5456meterdanpelebaranjalanexistingmemilikipelebaransebesar03metersedangkanpadahasilperencanaandiperolehpelebaranjalansebesar07124meter(3)faktor-faktorpenyebabkecelakaandidominasiolehfaktormanusiasebesar5714%dengansebabkejadianyangseringdialamiadalahkecepatantinggidanmengantukfaktorkendaraansebesar2143%dengansebabkejadianyangdialamikarenaremblongmuatanberlebihdanbanpecahsedangkanpadafaktorjalansebesar2143%yangselaludisebabkanolehkemiringanjalanpadatikungan. |
id |
IOS13003.151451 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:17:53Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:17:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752721135440494592 |
score |
17.13294 |