Analisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas (studi kasus tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar) / Nando Ramadhani Nur Adnan

Main Author: Adnan, Nando Ramadhani Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/151451/
ctrlnum 151451
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/151451/</relation><title>Analisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas (studi kasus tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar) / Nando Ramadhani Nur Adnan</title><creator>Adnan, Nando Ramadhani Nur</creator><description>ABSTRAKAdnanN.R.N.2019.AnalisisKondisiGeometrikJalanTerhadapPotensiTerjadinyaKecelakaanLaluLintas(StudiKasusTikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitar).Skripsi.ProgramStudiS1TeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)PranotoS.T.M.T.(II)Drs.BoediRahardjoM.Pd.M.T.KatakunciGeometrikJalanTikunganFaktorKecelakaanLaluLintasKondisigeometrikjalanyangtidaksesuaidenganstandarteknisperencanaandapatmenyebabkanterjadinyakecelakaanlalulintas.Kecelakaanlalulintasseringterjadipadadaerahtikungan.Olehsebabitutikungandisebutsebagaidaerahrawankecelakaan.TikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitarmerupakansalahsatutikunganyangtidakmemenuhisyaratperencanaangeometrikjalandiIndonesia.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikarakteristikaruslalulintasmenganalisiskondisigeometrikjalanterhadappotensiterjadinyakecelakaandanuntukmengetahuifaktor-faktorpenyebabkecelakaanlalulintaspadatikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitar.Penelitianinimenggunakanmetodeanalisisdeskriptifkuantitatif.Pengumpulandatadilakukandengansurveilokasiselama4hari.Dataprimermeliputidatavolumelalulintaskecepatankendaraanperlengkapanjalanpelebaranjalandangeometrikjalan.Datasekunder(datakecelakaanlalulintasdangeometrikexisting)diperolehdarianalisismonitoringevaluasiyangdilakukanpihakPolresBlitardanBalaiBesarPelaksanaanJalanNasionalVIII.Hasilpenelitianmendapatkan(1)karakteristiklalulintasmemilikivolumemaksimumterjadipadahariSeninsebesar17221smp/hariyangdidominasiolehkendaraanringan(LV)sebesar4613%kecepatankendaraanrata-ratasebesar4795km/jamdengankecepatantertinggididominasiolehkendaraanbermotor(MC)yangmemilikirata-ratakecepatansebesar6273km/jamdengankecepatantertinggiyangpernahtercatatdalampengamatansebesar8764km/jamdankepadatankendaraantertinggiterjadipadahariSeninsebesar3273smp/km(2)kondisigeometrikjalanpadabeberapaaspekperencanaansepertinilaisuperelevasiexistingmemilikinilaisebesar1150%sedangkanpadahasilperencanaandiperolehsuperelevasisebesar989%lengkungperalihanexistingmemilikipanjang40metersedangkanpadahasilperencanaandiperolehnilailengkungperalihansepanjang5456meterdanpelebaranjalanexistingmemilikipelebaransebesar03metersedangkanpadahasilperencanaandiperolehpelebaranjalansebesar07124meter(3)faktor-faktorpenyebabkecelakaandidominasiolehfaktormanusiasebesar5714%dengansebabkejadianyangseringdialamiadalahkecepatantinggidanmengantukfaktorkendaraansebesar2143%dengansebabkejadianyangdialamikarenaremblongmuatanberlebihdanbanpecahsedangkanpadafaktorjalansebesar2143%yangselaludisebabkanolehkemiringanjalanpadatikungan.</description><date>2019-12-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Adnan, Nando Ramadhani Nur (2019) Analisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas (studi kasus tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar) / Nando Ramadhani Nur Adnan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>151451</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Adnan, Nando Ramadhani Nur
title Analisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas (studi kasus tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar) / Nando Ramadhani Nur Adnan
publishDate 2019
url http://repository.um.ac.id/151451/
contents ABSTRAKAdnanN.R.N.2019.AnalisisKondisiGeometrikJalanTerhadapPotensiTerjadinyaKecelakaanLaluLintas(StudiKasusTikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitar).Skripsi.ProgramStudiS1TeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)PranotoS.T.M.T.(II)Drs.BoediRahardjoM.Pd.M.T.KatakunciGeometrikJalanTikunganFaktorKecelakaanLaluLintasKondisigeometrikjalanyangtidaksesuaidenganstandarteknisperencanaandapatmenyebabkanterjadinyakecelakaanlalulintas.Kecelakaanlalulintasseringterjadipadadaerahtikungan.Olehsebabitutikungandisebutsebagaidaerahrawankecelakaan.TikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitarmerupakansalahsatutikunganyangtidakmemenuhisyaratperencanaangeometrikjalandiIndonesia.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikarakteristikaruslalulintasmenganalisiskondisigeometrikjalanterhadappotensiterjadinyakecelakaandanuntukmengetahuifaktor-faktorpenyebabkecelakaanlalulintaspadatikunganSDN3SelorejoKabupatenBlitar.Penelitianinimenggunakanmetodeanalisisdeskriptifkuantitatif.Pengumpulandatadilakukandengansurveilokasiselama4hari.Dataprimermeliputidatavolumelalulintaskecepatankendaraanperlengkapanjalanpelebaranjalandangeometrikjalan.Datasekunder(datakecelakaanlalulintasdangeometrikexisting)diperolehdarianalisismonitoringevaluasiyangdilakukanpihakPolresBlitardanBalaiBesarPelaksanaanJalanNasionalVIII.Hasilpenelitianmendapatkan(1)karakteristiklalulintasmemilikivolumemaksimumterjadipadahariSeninsebesar17221smp/hariyangdidominasiolehkendaraanringan(LV)sebesar4613%kecepatankendaraanrata-ratasebesar4795km/jamdengankecepatantertinggididominasiolehkendaraanbermotor(MC)yangmemilikirata-ratakecepatansebesar6273km/jamdengankecepatantertinggiyangpernahtercatatdalampengamatansebesar8764km/jamdankepadatankendaraantertinggiterjadipadahariSeninsebesar3273smp/km(2)kondisigeometrikjalanpadabeberapaaspekperencanaansepertinilaisuperelevasiexistingmemilikinilaisebesar1150%sedangkanpadahasilperencanaandiperolehsuperelevasisebesar989%lengkungperalihanexistingmemilikipanjang40metersedangkanpadahasilperencanaandiperolehnilailengkungperalihansepanjang5456meterdanpelebaranjalanexistingmemilikipelebaransebesar03metersedangkanpadahasilperencanaandiperolehpelebaranjalansebesar07124meter(3)faktor-faktorpenyebabkecelakaandidominasiolehfaktormanusiasebesar5714%dengansebabkejadianyangseringdialamiadalahkecepatantinggidanmengantukfaktorkendaraansebesar2143%dengansebabkejadianyangdialamikarenaremblongmuatanberlebihdanbanpecahsedangkanpadafaktorjalansebesar2143%yangselaludisebabkanolehkemiringanjalanpadatikungan.
id IOS13003.151451
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:17:53Z
last_indexed 2021-11-04T07:17:53Z
recordtype dc
_version_ 1752721135440494592
score 17.13294