Perbedaan pemahaman konsep dan keaktifan belajar instalasi motor listrik karena pengaruh penerapan model guided discovery learning dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe pair and check berbantuan simulasi EKTS pada siswa kelas XII TITL SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Maya Revanola Zainida

Main Author: Zainida, Maya Revanola
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/144910/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKZainidaMayaRevanola2020.PerbedaanPemahamanKonsepdanKeaktifanBelajarInstalasiMotorListrikKarenaPengaruhPenerapanModelGuidedDiscoveryLearningDibandingkanModelPembelajaranKooperatifTipePairandCheckBerbantuanSimulasiEKTSPadaSiswaKelasXIITITLSMKMuhammadiyah7Gondanglegi.JurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Ir.SyaadPatmantharaM.Pd.(II)Drs.HariPutrantoM.Pd.KataKunciModelGuidedDiscoveryLearningModelPembelajaranKooperatifTipePairandCheckSimulasiEKTSPemahamanKonsepKeaktifanBelajar.PenerapanModelDiscoveryLearningpadaMataPelajaranInstalasiMotorListrik(IML)diSMKMuhammadiyah7Gondanglegitidakmencerminkankarakteristiknya.Pembelajarantidakdisertaidengantuntutanuntukmemahamidanmenghubungkandenganmateriyanglainsertaarahanmelaksanakandiskusiyangbenar.HaltersebutmenyebabkansiswamemilikipemahamankonsepdankeaktifanbelajarIMLmenengahkebawah.AlternatifsolusipermasalahanpadapenelitianiniyaitumenerapkanmodeldanmediapembelajaranbaruyaituModelGuidedDiscoveryLearning(GDL)danModelPembelajaranKooperatifTipePairandCheck(TPC)berbantuansimulasiEKTS.TujuanpenelitianyaituuntukmengetahuiperbedaanpemahamankonsepdankeaktifanbelajarIMLkarenapengaruhpenerapanModelGDLdanModelTPCberbantuansimulasiEKTSsiswakelasXIITITLSMKMuhammadiyah7Gondanglegi.RancanganpenelitianinimenggunakanRancanganeksperimensemu(QuasiExperimentalDesign)dandesainpenelitianNon-EquivalentControlGroupDesign.Terdapatduakelaseksperimendenganjumlahpopulasi34siswa.Subjekpenelitianditentukanmenggunakantekniksamplingjenuhdenganmenjadikanpopulasisebagaisubjekpenelitian.UjiHipotesismenggunakanIndependentSampleT-Test.Instrumenpengukuranberupateskognitifdanlembarobservasikeaktifanbelajar.HasilUji-Tpemahamankonsepmenunjukkannilai0037dimana0037