Perbedaan kemampuan memecahkan masalah pemrogaman dasar karena penerapan model pembelajaran problem solving dibandingkan dengan problem posing pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang / Tony Maryanto
Main Author: | Maryanto, Tony |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143721/ |
Daftar Isi:
- PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaankemampuanmemecahkanmasalahranahkognitifdanranahpsikomotoriksiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranProblemSolvingdanmodelpembelajaranProblemPosingpadamatapelajaranpemrogramandasardikelasXTKJdiSMKNegeri11Malang.ModelpembelajaranProblemSolvingadalahsuatumodelpembelajaranyangmelibatkansiswauntukaktifmelatihsiswauntukmenghadapiberbagaimasalahyangnantinyaakanditemuiolehsiswadanmelatihsiswauntukmencaripemecahanmasalahatausolusidaripemasalahanitu.ModelpembelajaranProblemPosingmerupakanmodelpembelajaranberbasismasalahyangmengharuskansiswauntukmengajukansoalataupermasalahan.Selainmengajukansoalsiswajugadimintauntukmenyelesaikansoalyangdibuatsehinggadalammenyelesaikansoalsiswaakanberusahauntukmembuatperencanaanpenyelesaianberupatahap-tahapuntukmenyelesaikanmasalahpadamatapelajaranpemrogramandasar.Rancanganpenelitianiniadalahquasiexperimentdesign.DimanapopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXTKJdiSMKNegeri11MalangsedangkansampelpadapenelitianiniadalahsiswakelasXTKJ1sebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranProblemSolvingdansiswakelasXTKJ2sebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranProblemPosing.Analisadatadilakukandenganmenggunakanujinormalitasujihomogenitasdanujihipotesis.PenelitianinimenghasilkanperbedaanterhadapkemampuanmemecahkanmasalahranahkognitifpadakelasyangmenggunakanmodelpembelajaranProblemSolvingdanpadakelasyangmenggunakanmodelpembelajaranProblemPosing.BerdasarkanhasilnilaiN-GainScorepadakelasyangmenggunakanProblemSolvingmendapatnilairata-ratasebesar03644sedangkanpadakelasyangmenggunakanProblemPosingmendapatnilairata-ratasebesar03149.SedangkanhasilkemampuanmemecahkanmasalahranahpsikomotorikjugaterdapatperbedaandimanakelasyangmenggunakanProblemSolvingmendapatnilairata-ratasebesar03616danpadakelasyangmenggunakanProblemPosingmendapatnilairata-ratasebesar03086.Darihasilkemampuanmemecahkanmasalahranahkognitifdanpsikomotorikdapatdikatakanbahwamodelpembelajaranproblemsolvinglebihungguldaripadamodelpembelajaranproblemposing.