Perbedaan kemampuan memecahkan masalah pemrogaman dasar karena penerapan model pembelajaran problem solving dibandingkan dengan problem posing pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang / Tony Maryanto

Main Author: Maryanto, Tony
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/143721/
Daftar Isi:
  • PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaankemampuanmemecahkanmasalahranahkognitifdanranahpsikomotoriksiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranProblemSolvingdanmodelpembelajaranProblemPosingpadamatapelajaranpemrogramandasardikelasXTKJdiSMKNegeri11Malang.ModelpembelajaranProblemSolvingadalahsuatumodelpembelajaranyangmelibatkansiswauntukaktifmelatihsiswauntukmenghadapiberbagaimasalahyangnantinyaakanditemuiolehsiswadanmelatihsiswauntukmencaripemecahanmasalahatausolusidaripemasalahanitu.ModelpembelajaranProblemPosingmerupakanmodelpembelajaranberbasismasalahyangmengharuskansiswauntukmengajukansoalataupermasalahan.Selainmengajukansoalsiswajugadimintauntukmenyelesaikansoalyangdibuatsehinggadalammenyelesaikansoalsiswaakanberusahauntukmembuatperencanaanpenyelesaianberupatahap-tahapuntukmenyelesaikanmasalahpadamatapelajaranpemrogramandasar.Rancanganpenelitianiniadalahquasiexperimentdesign.DimanapopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXTKJdiSMKNegeri11MalangsedangkansampelpadapenelitianiniadalahsiswakelasXTKJ1sebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranProblemSolvingdansiswakelasXTKJ2sebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranProblemPosing.Analisadatadilakukandenganmenggunakanujinormalitasujihomogenitasdanujihipotesis.PenelitianinimenghasilkanperbedaanterhadapkemampuanmemecahkanmasalahranahkognitifpadakelasyangmenggunakanmodelpembelajaranProblemSolvingdanpadakelasyangmenggunakanmodelpembelajaranProblemPosing.BerdasarkanhasilnilaiN-GainScorepadakelasyangmenggunakanProblemSolvingmendapatnilairata-ratasebesar03644sedangkanpadakelasyangmenggunakanProblemPosingmendapatnilairata-ratasebesar03149.SedangkanhasilkemampuanmemecahkanmasalahranahpsikomotorikjugaterdapatperbedaandimanakelasyangmenggunakanProblemSolvingmendapatnilairata-ratasebesar03616danpadakelasyangmenggunakanProblemPosingmendapatnilairata-ratasebesar03086.Darihasilkemampuanmemecahkanmasalahranahkognitifdanpsikomotorikdapatdikatakanbahwamodelpembelajaranproblemsolvinglebihungguldaripadamodelpembelajaranproblemposing.