Perbedaan kemampuan memecahkan masalah pemrogaman dasar karena penerapan model pembelajaran problem solving dibandingkan dengan problem posing pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang / Tony Maryanto

Main Author: Maryanto, Tony
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/143721/
ctrlnum 143721
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/143721/</relation><title>Perbedaan kemampuan memecahkan masalah pemrogaman dasar karena penerapan model pembelajaran problem solving dibandingkan dengan problem posing pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang / Tony Maryanto</title><creator>Maryanto, Tony</creator><description>PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaankemampuanmemecahkanmasalahranahkognitifdanranahpsikomotoriksiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranProblemSolvingdanmodelpembelajaranProblemPosingpadamatapelajaranpemrogramandasardikelasXTKJdiSMKNegeri11Malang.ModelpembelajaranProblemSolvingadalahsuatumodelpembelajaranyangmelibatkansiswauntukaktifmelatihsiswauntukmenghadapiberbagaimasalahyangnantinyaakanditemuiolehsiswadanmelatihsiswauntukmencaripemecahanmasalahatausolusidaripemasalahanitu.ModelpembelajaranProblemPosingmerupakanmodelpembelajaranberbasismasalahyangmengharuskansiswauntukmengajukansoalataupermasalahan.Selainmengajukansoalsiswajugadimintauntukmenyelesaikansoalyangdibuatsehinggadalammenyelesaikansoalsiswaakanberusahauntukmembuatperencanaanpenyelesaianberupatahap-tahapuntukmenyelesaikanmasalahpadamatapelajaranpemrogramandasar.Rancanganpenelitianiniadalahquasiexperimentdesign.DimanapopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXTKJdiSMKNegeri11MalangsedangkansampelpadapenelitianiniadalahsiswakelasXTKJ1sebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranProblemSolvingdansiswakelasXTKJ2sebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranProblemPosing.Analisadatadilakukandenganmenggunakanujinormalitasujihomogenitasdanujihipotesis.PenelitianinimenghasilkanperbedaanterhadapkemampuanmemecahkanmasalahranahkognitifpadakelasyangmenggunakanmodelpembelajaranProblemSolvingdanpadakelasyangmenggunakanmodelpembelajaranProblemPosing.BerdasarkanhasilnilaiN-GainScorepadakelasyangmenggunakanProblemSolvingmendapatnilairata-ratasebesar03644sedangkanpadakelasyangmenggunakanProblemPosingmendapatnilairata-ratasebesar03149.SedangkanhasilkemampuanmemecahkanmasalahranahpsikomotorikjugaterdapatperbedaandimanakelasyangmenggunakanProblemSolvingmendapatnilairata-ratasebesar03616danpadakelasyangmenggunakanProblemPosingmendapatnilairata-ratasebesar03086.Darihasilkemampuanmemecahkanmasalahranahkognitifdanpsikomotorikdapatdikatakanbahwamodelpembelajaranproblemsolvinglebihungguldaripadamodelpembelajaranproblemposing.</description><date>2020-03-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Maryanto, Tony (2020) Perbedaan kemampuan memecahkan masalah pemrogaman dasar karena penerapan model pembelajaran problem solving dibandingkan dengan problem posing pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang / Tony Maryanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>143721</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Maryanto, Tony
title Perbedaan kemampuan memecahkan masalah pemrogaman dasar karena penerapan model pembelajaran problem solving dibandingkan dengan problem posing pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang / Tony Maryanto
publishDate 2020
url http://repository.um.ac.id/143721/
contents PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaankemampuanmemecahkanmasalahranahkognitifdanranahpsikomotoriksiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranProblemSolvingdanmodelpembelajaranProblemPosingpadamatapelajaranpemrogramandasardikelasXTKJdiSMKNegeri11Malang.ModelpembelajaranProblemSolvingadalahsuatumodelpembelajaranyangmelibatkansiswauntukaktifmelatihsiswauntukmenghadapiberbagaimasalahyangnantinyaakanditemuiolehsiswadanmelatihsiswauntukmencaripemecahanmasalahatausolusidaripemasalahanitu.ModelpembelajaranProblemPosingmerupakanmodelpembelajaranberbasismasalahyangmengharuskansiswauntukmengajukansoalataupermasalahan.Selainmengajukansoalsiswajugadimintauntukmenyelesaikansoalyangdibuatsehinggadalammenyelesaikansoalsiswaakanberusahauntukmembuatperencanaanpenyelesaianberupatahap-tahapuntukmenyelesaikanmasalahpadamatapelajaranpemrogramandasar.Rancanganpenelitianiniadalahquasiexperimentdesign.DimanapopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXTKJdiSMKNegeri11MalangsedangkansampelpadapenelitianiniadalahsiswakelasXTKJ1sebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranProblemSolvingdansiswakelasXTKJ2sebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranProblemPosing.Analisadatadilakukandenganmenggunakanujinormalitasujihomogenitasdanujihipotesis.PenelitianinimenghasilkanperbedaanterhadapkemampuanmemecahkanmasalahranahkognitifpadakelasyangmenggunakanmodelpembelajaranProblemSolvingdanpadakelasyangmenggunakanmodelpembelajaranProblemPosing.BerdasarkanhasilnilaiN-GainScorepadakelasyangmenggunakanProblemSolvingmendapatnilairata-ratasebesar03644sedangkanpadakelasyangmenggunakanProblemPosingmendapatnilairata-ratasebesar03149.SedangkanhasilkemampuanmemecahkanmasalahranahpsikomotorikjugaterdapatperbedaandimanakelasyangmenggunakanProblemSolvingmendapatnilairata-ratasebesar03616danpadakelasyangmenggunakanProblemPosingmendapatnilairata-ratasebesar03086.Darihasilkemampuanmemecahkanmasalahranahkognitifdanpsikomotorikdapatdikatakanbahwamodelpembelajaranproblemsolvinglebihungguldaripadamodelpembelajaranproblemposing.
id IOS13003.143721
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:17:42Z
last_indexed 2021-11-04T07:17:42Z
recordtype dc
_version_ 1752721148616900608
score 17.13294