Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint (YMPP) dengan tema menggambar ragam hias untuk siswa SMP / Abdul Qhodir Dani Eko Prasetyo
Main Author: | Prasetyo, Abdul Qhodir Dani Eko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12818/ |
Daftar Isi:
- DaniAbdulQhodir.2014.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifBerbasisPowerPointDenganTemaMenggambarRagamhiasuntukSMP.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MoeljadiPranataM.Pd(II)Drs.DidiekRahmanadjiM.Pd.KataKunciPengembanganMediaPembelajaranInteraktifPowerPointRagamHiasSMP12288122881228812288Pentingnyameningkatkanteknologidibidangpendidikanmenuntutparapendidikuntuklebihkreatifsertatanggapterhadapperubahanyangterjadidieraglobalini.Padakurikulum2013terdapatkompetensidasaryangmengharuskansiswaSMPuntukmengertitentangmenggambarragamhias.Penelitianiniditujukanuntukmenyediakanmediapembelajaranyangmampumengajarkansiswauntukmengertitentangmenggambarragamhiasdenganmemanfaatkanteknologiterbarumelaluipembelajaraninteraktifyangmenyenangkan.PengembanganinijugaditujukanuntukmembuatmediaberbasisPowerPointyangdapatmemudahkanparagurudalammenyampaikanmaterimenggambarragamhias.12288122881228812288Pengembanganinimenggunakanmodelpengembanganfive-DdenganproseduryangterdiridariDefineDataDesignDevelopDisseminate.Datadiperolehdariobservasivalidasiujicobalapangandanangket.Validasidilakukanolehduaahlimediadanduaahlimateri.SedangkanujicobalapangankelompokkecildilakukanpadasiswaSMPyangterdiridari20responden.12288122881228812288ProdukpengembanganiniberupamediapembelajaraninteraktifberbasisPowerPointyangdapatmengajarkansiswatentangragamhiassertalangkah-langkahmenggambarragamhiasmelaluisimulasi.BerdasarkanhasilvalidasiduaahlimediadanduaahlimaterisertaujicobapadakelompokkecildapatdiperolehbahwaprodukpengembanganinimemudahkanUser/penggunamenerimamaterimenggambarragamhiasmelaluitampilanmediayangmenarikdaninteraktif.Pernyataandiatasdidukungolehperolehananalisisdatasebagaiberikut.Validasidariahlimediadiperolehnilaisebesar83%sehinggamediadikatakansangatvaliddariahlimateridiperolehnilaisebesar87%sehinggamateridikatakanvaliddarihasilujicobalapangandiperolehnilaisebesar90%sehinggadikatakansangatvalid.Nilairata-ratadariketiganyadiperolehnilaisebesar84%dengannilaitersebutmakamediainisecarakeseluruhandinyatakansangatvaliddanlayakdigunakansebagaipenunjangpembelajarangambarragamhias.12288122881228812288ProdukinidibuatmelaluiberbagaipemikirankalkulasidaneksperimenterhadapsistemgamediPowerPoint.Pembuatanprodukini85%menggunakanteknikYMPPdalampembuatanobyekdalamgame.ProdukinidikemasdalamkepingCDdanboxwadahCDdengandesainCDlabelCDcoverdanlembarpetunjukyangberisitentangprodukdanpetunjukpemakaianproduk.DiharapkanpenelitianselanjutnyadapatmeminimalkanLagdengansistemtertentusehinggameringankankerjakomputerdalammenjalankanmedia.