Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint (YMPP) dengan tema menggambar ragam hias untuk siswa SMP / Abdul Qhodir Dani Eko Prasetyo
Main Author: | Prasetyo, Abdul Qhodir Dani Eko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/12818/ |
ctrlnum |
12818 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/12818/</relation><title>Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint (YMPP) dengan tema menggambar ragam hias untuk siswa SMP / Abdul Qhodir Dani Eko Prasetyo</title><creator>Prasetyo, Abdul Qhodir Dani Eko</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>DaniAbdulQhodir.2014.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifBerbasisPowerPointDenganTemaMenggambarRagamhiasuntukSMP.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MoeljadiPranataM.Pd(II)Drs.DidiekRahmanadjiM.Pd.KataKunciPengembanganMediaPembelajaranInteraktifPowerPointRagamHiasSMP12288122881228812288Pentingnyameningkatkanteknologidibidangpendidikanmenuntutparapendidikuntuklebihkreatifsertatanggapterhadapperubahanyangterjadidieraglobalini.Padakurikulum2013terdapatkompetensidasaryangmengharuskansiswaSMPuntukmengertitentangmenggambarragamhias.Penelitianiniditujukanuntukmenyediakanmediapembelajaranyangmampumengajarkansiswauntukmengertitentangmenggambarragamhiasdenganmemanfaatkanteknologiterbarumelaluipembelajaraninteraktifyangmenyenangkan.PengembanganinijugaditujukanuntukmembuatmediaberbasisPowerPointyangdapatmemudahkanparagurudalammenyampaikanmaterimenggambarragamhias.12288122881228812288Pengembanganinimenggunakanmodelpengembanganfive-DdenganproseduryangterdiridariDefineDataDesignDevelopDisseminate.Datadiperolehdariobservasivalidasiujicobalapangandanangket.Validasidilakukanolehduaahlimediadanduaahlimateri.SedangkanujicobalapangankelompokkecildilakukanpadasiswaSMPyangterdiridari20responden.12288122881228812288ProdukpengembanganiniberupamediapembelajaraninteraktifberbasisPowerPointyangdapatmengajarkansiswatentangragamhiassertalangkah-langkahmenggambarragamhiasmelaluisimulasi.BerdasarkanhasilvalidasiduaahlimediadanduaahlimaterisertaujicobapadakelompokkecildapatdiperolehbahwaprodukpengembanganinimemudahkanUser/penggunamenerimamaterimenggambarragamhiasmelaluitampilanmediayangmenarikdaninteraktif.Pernyataandiatasdidukungolehperolehananalisisdatasebagaiberikut.Validasidariahlimediadiperolehnilaisebesar83%sehinggamediadikatakansangatvaliddariahlimateridiperolehnilaisebesar87%sehinggamateridikatakanvaliddarihasilujicobalapangandiperolehnilaisebesar90%sehinggadikatakansangatvalid.Nilairata-ratadariketiganyadiperolehnilaisebesar84%dengannilaitersebutmakamediainisecarakeseluruhandinyatakansangatvaliddanlayakdigunakansebagaipenunjangpembelajarangambarragamhias.12288122881228812288ProdukinidibuatmelaluiberbagaipemikirankalkulasidaneksperimenterhadapsistemgamediPowerPoint.Pembuatanprodukini85%menggunakanteknikYMPPdalampembuatanobyekdalamgame.ProdukinidikemasdalamkepingCDdanboxwadahCDdengandesainCDlabelCDcoverdanlembarpetunjukyangberisitentangprodukdanpetunjukpemakaianproduk.DiharapkanpenelitianselanjutnyadapatmeminimalkanLagdengansistemtertentusehinggameringankankerjakomputerdalammenjalankanmedia.</description><date>2015-01-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Prasetyo, Abdul Qhodir Dani Eko (2015) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint (YMPP) dengan tema menggambar ragam hias untuk siswa SMP / Abdul Qhodir Dani Eko Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>12818</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Prasetyo, Abdul Qhodir Dani Eko |
title |
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint (YMPP) dengan tema menggambar ragam hias untuk siswa SMP / Abdul Qhodir Dani Eko Prasetyo |
publishDate |
2015 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://repository.um.ac.id/12818/ |
contents |
DaniAbdulQhodir.2014.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifBerbasisPowerPointDenganTemaMenggambarRagamhiasuntukSMP.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MoeljadiPranataM.Pd(II)Drs.DidiekRahmanadjiM.Pd.KataKunciPengembanganMediaPembelajaranInteraktifPowerPointRagamHiasSMP12288122881228812288Pentingnyameningkatkanteknologidibidangpendidikanmenuntutparapendidikuntuklebihkreatifsertatanggapterhadapperubahanyangterjadidieraglobalini.Padakurikulum2013terdapatkompetensidasaryangmengharuskansiswaSMPuntukmengertitentangmenggambarragamhias.Penelitianiniditujukanuntukmenyediakanmediapembelajaranyangmampumengajarkansiswauntukmengertitentangmenggambarragamhiasdenganmemanfaatkanteknologiterbarumelaluipembelajaraninteraktifyangmenyenangkan.PengembanganinijugaditujukanuntukmembuatmediaberbasisPowerPointyangdapatmemudahkanparagurudalammenyampaikanmaterimenggambarragamhias.12288122881228812288Pengembanganinimenggunakanmodelpengembanganfive-DdenganproseduryangterdiridariDefineDataDesignDevelopDisseminate.Datadiperolehdariobservasivalidasiujicobalapangandanangket.Validasidilakukanolehduaahlimediadanduaahlimateri.SedangkanujicobalapangankelompokkecildilakukanpadasiswaSMPyangterdiridari20responden.12288122881228812288ProdukpengembanganiniberupamediapembelajaraninteraktifberbasisPowerPointyangdapatmengajarkansiswatentangragamhiassertalangkah-langkahmenggambarragamhiasmelaluisimulasi.BerdasarkanhasilvalidasiduaahlimediadanduaahlimaterisertaujicobapadakelompokkecildapatdiperolehbahwaprodukpengembanganinimemudahkanUser/penggunamenerimamaterimenggambarragamhiasmelaluitampilanmediayangmenarikdaninteraktif.Pernyataandiatasdidukungolehperolehananalisisdatasebagaiberikut.Validasidariahlimediadiperolehnilaisebesar83%sehinggamediadikatakansangatvaliddariahlimateridiperolehnilaisebesar87%sehinggamateridikatakanvaliddarihasilujicobalapangandiperolehnilaisebesar90%sehinggadikatakansangatvalid.Nilairata-ratadariketiganyadiperolehnilaisebesar84%dengannilaitersebutmakamediainisecarakeseluruhandinyatakansangatvaliddanlayakdigunakansebagaipenunjangpembelajarangambarragamhias.12288122881228812288ProdukinidibuatmelaluiberbagaipemikirankalkulasidaneksperimenterhadapsistemgamediPowerPoint.Pembuatanprodukini85%menggunakanteknikYMPPdalampembuatanobyekdalamgame.ProdukinidikemasdalamkepingCDdanboxwadahCDdengandesainCDlabelCDcoverdanlembarpetunjukyangberisitentangprodukdanpetunjukpemakaianproduk.DiharapkanpenelitianselanjutnyadapatmeminimalkanLagdengansistemtertentusehinggameringankankerjakomputerdalammenjalankanmedia. |
id |
IOS13003.12818 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T03:11:51Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:07:57Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752722735238217728 |
score |
17.538404 |