Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint (YMPP) dengan tema menggambar ragam hias untuk siswa SMP / Abdul Qhodir Dani Eko Prasetyo

Main Author: Prasetyo, Abdul Qhodir Dani Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/12818/
ctrlnum 12818
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/12818/</relation><title>Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint (YMPP) dengan tema menggambar ragam hias untuk siswa SMP / Abdul Qhodir Dani Eko Prasetyo</title><creator>Prasetyo, Abdul Qhodir Dani Eko</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>DaniAbdulQhodir.2014.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifBerbasisPowerPointDenganTemaMenggambarRagamhiasuntukSMP.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MoeljadiPranataM.Pd(II)Drs.DidiekRahmanadjiM.Pd.KataKunciPengembanganMediaPembelajaranInteraktifPowerPointRagamHiasSMP12288122881228812288Pentingnyameningkatkanteknologidibidangpendidikanmenuntutparapendidikuntuklebihkreatifsertatanggapterhadapperubahanyangterjadidieraglobalini.Padakurikulum2013terdapatkompetensidasaryangmengharuskansiswaSMPuntukmengertitentangmenggambarragamhias.Penelitianiniditujukanuntukmenyediakanmediapembelajaranyangmampumengajarkansiswauntukmengertitentangmenggambarragamhiasdenganmemanfaatkanteknologiterbarumelaluipembelajaraninteraktifyangmenyenangkan.PengembanganinijugaditujukanuntukmembuatmediaberbasisPowerPointyangdapatmemudahkanparagurudalammenyampaikanmaterimenggambarragamhias.12288122881228812288Pengembanganinimenggunakanmodelpengembanganfive-DdenganproseduryangterdiridariDefineDataDesignDevelopDisseminate.Datadiperolehdariobservasivalidasiujicobalapangandanangket.Validasidilakukanolehduaahlimediadanduaahlimateri.SedangkanujicobalapangankelompokkecildilakukanpadasiswaSMPyangterdiridari20responden.12288122881228812288ProdukpengembanganiniberupamediapembelajaraninteraktifberbasisPowerPointyangdapatmengajarkansiswatentangragamhiassertalangkah-langkahmenggambarragamhiasmelaluisimulasi.BerdasarkanhasilvalidasiduaahlimediadanduaahlimaterisertaujicobapadakelompokkecildapatdiperolehbahwaprodukpengembanganinimemudahkanUser/penggunamenerimamaterimenggambarragamhiasmelaluitampilanmediayangmenarikdaninteraktif.Pernyataandiatasdidukungolehperolehananalisisdatasebagaiberikut.Validasidariahlimediadiperolehnilaisebesar83%sehinggamediadikatakansangatvaliddariahlimateridiperolehnilaisebesar87%sehinggamateridikatakanvaliddarihasilujicobalapangandiperolehnilaisebesar90%sehinggadikatakansangatvalid.Nilairata-ratadariketiganyadiperolehnilaisebesar84%dengannilaitersebutmakamediainisecarakeseluruhandinyatakansangatvaliddanlayakdigunakansebagaipenunjangpembelajarangambarragamhias.12288122881228812288ProdukinidibuatmelaluiberbagaipemikirankalkulasidaneksperimenterhadapsistemgamediPowerPoint.Pembuatanprodukini85%menggunakanteknikYMPPdalampembuatanobyekdalamgame.ProdukinidikemasdalamkepingCDdanboxwadahCDdengandesainCDlabelCDcoverdanlembarpetunjukyangberisitentangprodukdanpetunjukpemakaianproduk.DiharapkanpenelitianselanjutnyadapatmeminimalkanLagdengansistemtertentusehinggameringankankerjakomputerdalammenjalankanmedia.</description><date>2015-01-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Prasetyo, Abdul Qhodir Dani Eko (2015) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint (YMPP) dengan tema menggambar ragam hias untuk siswa SMP / Abdul Qhodir Dani Eko Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>12818</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Prasetyo, Abdul Qhodir Dani Eko
title Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint (YMPP) dengan tema menggambar ragam hias untuk siswa SMP / Abdul Qhodir Dani Eko Prasetyo
publishDate 2015
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://repository.um.ac.id/12818/
contents DaniAbdulQhodir.2014.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifBerbasisPowerPointDenganTemaMenggambarRagamhiasuntukSMP.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MoeljadiPranataM.Pd(II)Drs.DidiekRahmanadjiM.Pd.KataKunciPengembanganMediaPembelajaranInteraktifPowerPointRagamHiasSMP12288122881228812288Pentingnyameningkatkanteknologidibidangpendidikanmenuntutparapendidikuntuklebihkreatifsertatanggapterhadapperubahanyangterjadidieraglobalini.Padakurikulum2013terdapatkompetensidasaryangmengharuskansiswaSMPuntukmengertitentangmenggambarragamhias.Penelitianiniditujukanuntukmenyediakanmediapembelajaranyangmampumengajarkansiswauntukmengertitentangmenggambarragamhiasdenganmemanfaatkanteknologiterbarumelaluipembelajaraninteraktifyangmenyenangkan.PengembanganinijugaditujukanuntukmembuatmediaberbasisPowerPointyangdapatmemudahkanparagurudalammenyampaikanmaterimenggambarragamhias.12288122881228812288Pengembanganinimenggunakanmodelpengembanganfive-DdenganproseduryangterdiridariDefineDataDesignDevelopDisseminate.Datadiperolehdariobservasivalidasiujicobalapangandanangket.Validasidilakukanolehduaahlimediadanduaahlimateri.SedangkanujicobalapangankelompokkecildilakukanpadasiswaSMPyangterdiridari20responden.12288122881228812288ProdukpengembanganiniberupamediapembelajaraninteraktifberbasisPowerPointyangdapatmengajarkansiswatentangragamhiassertalangkah-langkahmenggambarragamhiasmelaluisimulasi.BerdasarkanhasilvalidasiduaahlimediadanduaahlimaterisertaujicobapadakelompokkecildapatdiperolehbahwaprodukpengembanganinimemudahkanUser/penggunamenerimamaterimenggambarragamhiasmelaluitampilanmediayangmenarikdaninteraktif.Pernyataandiatasdidukungolehperolehananalisisdatasebagaiberikut.Validasidariahlimediadiperolehnilaisebesar83%sehinggamediadikatakansangatvaliddariahlimateridiperolehnilaisebesar87%sehinggamateridikatakanvaliddarihasilujicobalapangandiperolehnilaisebesar90%sehinggadikatakansangatvalid.Nilairata-ratadariketiganyadiperolehnilaisebesar84%dengannilaitersebutmakamediainisecarakeseluruhandinyatakansangatvaliddanlayakdigunakansebagaipenunjangpembelajarangambarragamhias.12288122881228812288ProdukinidibuatmelaluiberbagaipemikirankalkulasidaneksperimenterhadapsistemgamediPowerPoint.Pembuatanprodukini85%menggunakanteknikYMPPdalampembuatanobyekdalamgame.ProdukinidikemasdalamkepingCDdanboxwadahCDdengandesainCDlabelCDcoverdanlembarpetunjukyangberisitentangprodukdanpetunjukpemakaianproduk.DiharapkanpenelitianselanjutnyadapatmeminimalkanLagdengansistemtertentusehinggameringankankerjakomputerdalammenjalankanmedia.
id IOS13003.12818
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T03:11:51Z
last_indexed 2021-11-04T07:07:57Z
recordtype dc
_version_ 1752722735238217728
score 17.538404