Pengaruh model Science Project Based Learning (SPjBL) berbasis sumber daya lokal terhadap kemampuan argumentasi, penalaran ilmiah, dan pemecahan masalah mahasiswa S1 biologi Universitas Negeri Malang / Nurul Fajryani Usman

Main Author: Nurul Fajryani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/112735/
Daftar Isi:
  • RINGKASANUsmanNurulFajryani.2019.PengaruhModelScienceProjectBasedLearning(SPjBL)BerbasisSumberDayaLokalterhadapKemampuanArgumentasiPenalaranIlmiahdanPemecahanMasalahMahasiswaS1BiologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SriEndahIndriwatiM.Pd.(II)Dr.BettyLukiatiM.S.KataKunciModelScienceProjectBasedLearning(SPjBL)argumentasipenalaranilmiahpemecahanmasalah.PengembanganpembelajarandiPerguruanTinggidiarahkanuntukmenciptakansumberdayalulusanyangberkompetendimasyarakaterapengetahuandanrevolusiindustri4.0.HalinisejalandenganperaturanPermenristekdiktiyangdituangkandalamkerangkakualifikasinasionalIndonesia(KKNI).Pengembanganlulusanberdasarkantingkatkualifikasimahasiswaakanmendukungkemampuanabadke21.Salahsatuyangmenjadifokuspenelitianyaknikemampuanargumentasipenalaranilmiahdanpemecahanmasalah.TujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahuipengaruhmodelSPjBLberbasissumberdayalokalterhadapkemampuanargumentasipenalaranilmiahdanpemecahanmasalahmahasiswa.Penelitianinimerupakanpenelitiankuasieksperimentaldengandesainpretestposttestnonequivalentcontrolgroupdesign.Sampelpenelitianterdiridari54mahasiswayangsedangmenempuhmatakuliahStrukturPerkembanganTumbuhanIIsemestergasaltahunajaran2019/2020diUniversitasNegeriMalang.Datahasilimplementasidianalisisdenganmenggunakanujianalisiskovarian(Anakova)satujalur.Instrumenyangdigunakanadalahtesesaiargumentasipenalaranilmiahdanpemecahanmasalahyangtelahdivalidasi.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwaterdapatpengaruhmodelSPjBLberbasissumberdayalokalterhadapkemampuanargumentasiyaitunilaipvalue000005.TerdapatpengaruhmodelSPjBLberbasissumberdayalokalterhadapkemampuanpenalaranilmiahmahasiswajurusanBiologi.HaliniberdasarkanhasilujiAnakovamenunjukkannilaipvalue0011005.TerdapatpengaruhmodelSPjBLberbasissumberdayalokalterhadapkemampuanpemecahanmasalahmahasiswahalinisesuaihasilujiAnakovayangmenunjukkannilaipvalue0017005.Adapunsarandalampenelitianiniyaitu1)kriteriamateriyangdapatdiperoyekkanmerupakanmateriyangbersifatkompleks2)perlumelatihdanmenilaikemampuanargumentasilisanpadamahasiswabukanhanyaargumentasitertulisyangdinilaidalamprosespembelajaran3)kemampuanpemecahanmasalahtidakhanyadilatihkandenganmenggunakansoalsajatetapijugamembawamahasiswakelingkungandanmelihatlangsungpermalasahanyangada.