Pengaruh model Science Project Based Learning (SPjBL) berbasis sumber daya lokal terhadap kemampuan argumentasi, penalaran ilmiah, dan pemecahan masalah mahasiswa S1 biologi Universitas Negeri Malang / Nurul Fajryani Usman
Main Author: | Nurul Fajryani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/112735/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANUsmanNurulFajryani.2019.PengaruhModelScienceProjectBasedLearning(SPjBL)BerbasisSumberDayaLokalterhadapKemampuanArgumentasiPenalaranIlmiahdanPemecahanMasalahMahasiswaS1BiologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SriEndahIndriwatiM.Pd.(II)Dr.BettyLukiatiM.S.KataKunciModelScienceProjectBasedLearning(SPjBL)argumentasipenalaranilmiahpemecahanmasalah.PengembanganpembelajarandiPerguruanTinggidiarahkanuntukmenciptakansumberdayalulusanyangberkompetendimasyarakaterapengetahuandanrevolusiindustri4.0.HalinisejalandenganperaturanPermenristekdiktiyangdituangkandalamkerangkakualifikasinasionalIndonesia(KKNI).Pengembanganlulusanberdasarkantingkatkualifikasimahasiswaakanmendukungkemampuanabadke21.Salahsatuyangmenjadifokuspenelitianyaknikemampuanargumentasipenalaranilmiahdanpemecahanmasalah.TujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahuipengaruhmodelSPjBLberbasissumberdayalokalterhadapkemampuanargumentasipenalaranilmiahdanpemecahanmasalahmahasiswa.Penelitianinimerupakanpenelitiankuasieksperimentaldengandesainpretestposttestnonequivalentcontrolgroupdesign.Sampelpenelitianterdiridari54mahasiswayangsedangmenempuhmatakuliahStrukturPerkembanganTumbuhanIIsemestergasaltahunajaran2019/2020diUniversitasNegeriMalang.Datahasilimplementasidianalisisdenganmenggunakanujianalisiskovarian(Anakova)satujalur.Instrumenyangdigunakanadalahtesesaiargumentasipenalaranilmiahdanpemecahanmasalahyangtelahdivalidasi.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwaterdapatpengaruhmodelSPjBLberbasissumberdayalokalterhadapkemampuanargumentasiyaitunilaipvalue000005.TerdapatpengaruhmodelSPjBLberbasissumberdayalokalterhadapkemampuanpenalaranilmiahmahasiswajurusanBiologi.HaliniberdasarkanhasilujiAnakovamenunjukkannilaipvalue0011005.TerdapatpengaruhmodelSPjBLberbasissumberdayalokalterhadapkemampuanpemecahanmasalahmahasiswahalinisesuaihasilujiAnakovayangmenunjukkannilaipvalue0017005.Adapunsarandalampenelitianiniyaitu1)kriteriamateriyangdapatdiperoyekkanmerupakanmateriyangbersifatkompleks2)perlumelatihdanmenilaikemampuanargumentasilisanpadamahasiswabukanhanyaargumentasitertulisyangdinilaidalamprosespembelajaran3)kemampuanpemecahanmasalahtidakhanyadilatihkandenganmenggunakansoalsajatetapijugamembawamahasiswakelingkungandanmelihatlangsungpermalasahanyangada.