Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dipadu Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif tinggi, dan retensi siswa / Din Hadi Shofyan

Main Author: Din Hadi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/112731/
Daftar Isi:
  • RINGKASANShofyanD.H.2019.PengaruhModelProblemBasedLearning(PBL)dipaduTeamAssistedIndividualization(TAI)terhadapKeterampilanMetakognitifHasilBelajarKognitifTinggidanRetensiSiswa.TesisJurusanPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.AloysiusDuranCorebimaM.Pd.(2)Dr.FatchurRohmanM.Si.KataKuncimodelPBLdipaduTAIketerampilanmetakognitifhasilbelajarkognitiftinggiretensi.FokuspembelajarandiIndonesiasaatiniadalahmemberdayakanketerampilanberpikirtinggiyangmerupakankebutuhanuntukhidupdiabadpengetahuan.Keterampilanmetakognitifmerupakanketerampilanberpikirtinggipentingsaatinidibutuhkanuntukmengarahkanprosesberpikirsiswadalambelajardanterbuktimempengaruhiprodukpembelajaranranahkognitifmeliputihasilbelajarkognitiftinggidanretensisiswaberdasarkanhasil.TelahbanyakpenelitianterdahuluyangmenggambarkanfaktarendahnyaketerampilanmetakognitifsiswaSMAdiIndonesia.Rendahnyaketerampilanmetakognitifberdampakpadaprodukpembelajaranlainyaituhasilbelajarkognitiftinggidanretensisiswa.AlasanrendahnyaketerampilanmetakognitifhasilbelajarkognitiftinggidanretensiadalahpenerapanpembelajarandiSMANegeriyangmayoritasmasihbersifatkonvensionaldankurangmemberdayakanketerampilanberpikirsiswa.Melaluistrategipembelajaranupayamemberdayakanketerampilanmetakognitifyangpadaakhirnyaberdampakpadahasilbelajarkognitiftinggidanretensisiswapentingdilakukan.PenelitianterdahulumelaporkanbahwamodelPBLdipaduTAIberpotensimemberdayakanketerampilanmetakognitifhasilbelajarkognitiftinggitinggidanretensisiswadenganalasansintakspembelajarannya.TujuandaripenelitianiniuntukmengungkappengaruhmodelPBLdipaduTAIterhadapketerampilanmetakognitifhasilbelajarkognitiftinggidanretensisiswaSMA.PenelitianjenisquasiexperimentinimenggunakanrancanganPretest-PosttestNonequivalentControlGroupDesign.PenelitiandilakukandiSMAN7MalangkelasXIIPA3sebagaiperlakuanmenerapkanmodelProblemBasedLearning(PBL)dipadumodelTeamAssistedIndividualization(TAI)kelasXIIPA4sebagaikontrolpositif1menerapkanmodelPBLkelasXIIPA2sebagaikontrolpositif2menerapkanmodelTAIdankelasXIIPA1sebagaikontrolnegatifmenerapkanpembelajaranKonvensional.Keempatkelompokdikenaipengukuranyangsamayaitupretespostesdantesretensisehinggadapatdibandingkanhasilnya.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)KeterampilanmetakognitifsiswayangdibelajarkanmelaluimodelPBLdipaduTAIsecarasignifikanlebihtinggidibandingmelaluimodelPBLTAIdanpembelajaranKonvensional.RerataselisihbedamodelPBLdipaduTAIterhadapPBLsebesar738%PBLdipaduTAIterhadapTAIsebesar2842%danPBLdipaduTAIterhadappembelajaranKonvensionalsebesar2993%2)HasilbelajarkognitiftinggisiswayangdibelajarkanmelaluimodelPBLdipaduTAIsecarasignifikanlebihtinggidibandingmelaluimodelTAIdanpembelajaranKonvensionalakantetapitidakberbedanyatadenganmodelPBL.RerataselisihbedamodelPBLdipaduTAIterhadapPBLsebesar155%PBLdipaduTAIterhadapTAIsebesar2523%danPBLdipaduTAIterhadappembelajaranKonvensionalsebesar2723%3)RetensisiswayangdibelajarkanmelaluimodelPBLdipaduTAIsecarasignifikanlebihtinggidibandingmelaluimodelPBLTAIdanpembelajaranKonvensional.RerataselisihbedamodelPBLdipaduTAIterhadapPBLsebesar589%PBLdipaduTAIterhadapTAIsebesar2919%danPBLdipaduTAIterhadappembelajaranKonvensionalsebesar1585%.Disimpulkanbahwa(1)modelPBLdipaduTAIPBLTAIpembelajarankonvensional(2)modelPBLdipaduTAIPBLTAIpembelajaranKonvensional(3)modelPBLdipaduTAIPBLTAIpembelajaranKonvensional.