Pengembangan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif dan hasil belajar pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI / Rinu Bhakti Dewantara

Main Author: Rinu Bhakti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/112730/
Daftar Isi:
  • RINGKASANDewantaraRinuBhakti.2019.PengembanganMultimediaInteraktifBerbasisProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisBerpikirKreatifdanHasilBelajarpadaMateriSistemPertahananTubuhKelasXI.TesisJurusanPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.EndangSuarsiniM.Ked.(2)Dr.SriRahayuLestariM.Si.KataKunciMultimediaInteraktifSistemPertahananTubuhProblemBasedLearningBerpikirKritisBerpikirKreatifHasilBelajar.Standarprosespendidikandasardanmenengahselanjutnyadisebutstandarprosesmerupakankriteriamengenaipelaksanaanpembelajaranpadasatuanpendidikandasardanmenengahuntukmencapaikompetensilulusan.SalahsatuupayauntukmencapaistandarprosesyangdiharapkanpadaKurikulum2013dalamimplementasinyaadalahmelaluimediapembelajaranberbantuankomputer.Berdasarkanhasilanalisiskebutuhanternyatagurubelummemanfaatkanmediapembelajaranberbantuankomputersecaraoptimaluntukmemvisualisasikanmateriyangbersifatabstrakdandianggappalingsulitolehsiswasepertisistempertahanantubuhsehinggadiperlukanupayapengembanganmediapembelajaranberbantuankomputerberupamultimediainteraktif.Multimediainteraktifitusekaligusdiharapkandapatmelatihkemampuanberpikirkritisberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitif.Berdasarkananalisiskebutuhangurumasihmenerapkanpembelajaranberbasisnonamelearningyaitupenerapanmetodeceramahtekniktanyajawabdanteknikpresentasitanpaterkaitdenganmodelpembelajarantertentusehinggatidakhanyaberpengaruhterhadaprendahnyapemahamankonsepmaterisistempertahanantubuholehsiswatetapijugamemilikipotensiyangsangatrendahdalammemberdayakanketerampilanabad21.Multimediainteraktifdikembangkandenganberbasispadamodelproblembasedlearningkarenamodelinidapatmemfasilitasiberkembangnyaketerampilanabad21danmengkonstrukpengetahuansecaramendalamdalamdirisiswa.TujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanmultimediainteraktifberbasisproblembasedlearningmateriSistemPertahananTubuhuntuksiswakelasXISMAN1WayJeparayangtelahterujikevalidankepraktisandankeefektifannya.ProsedurpenelitiandilakukandenganmengadaptasimodelpenggembanganLeeandOwensyangmeliputi6tahapanyaituneedsassessmentfront-endanalysisdesigndevelopmentimplementationdanevaluation.Subjekujicobapenelitianpadatahapimplementasiterdiridari2macamyaitusubjekujicobakelompokkecilyangterdiridari10siswadansubjekujicobakelompokbesaryangterdiridari2kelasdenganjumlahsiswapadamasing-masingkelassebanyak27siswa.Desainujicobakelompokbesarmenggunakaneksperimensemu(quasiexperiment).Pengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanangketdanteskemampuanberpikirkritisberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitif.Jenisdatadalampenelitianinimeliputidatakuantitatif(skorvalidasiskorresponsiswanilaipretes-postes)dandatakualitatif(komentardansaranolehvalidatordansiswa).Analisisdatadalampenelitianiniterdiridarianalisisdataskorvalidasidanskorresponsiswayangdianalisisdenganteknikanalisispersentasesertaujistatistikdenganteknikanakova(analisiskovarian)untukmengujihipotesispenelitian.Komentardansaranpadaangketdigunakansebagaidasarrevisiatauperbaikanprodukyangtelahdikembangkan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaprodukpengembanganmultimediainteraktifberbasisproblembasedlearningmateriSistemPertahananTubuhdinyatakanvalidpraktisdanefektif.Validberdasarkanhasilvalidasiolehahlimateri(100%)ahlimedia(911%)ahliperangkatpembelajaran(831%)danpraktisilapangan(867%).Praktisberdasarkanresponsiswapadaujicobakelompokkecil(9729%)danujicobakelompokbesar(934%).Efektifdalammeningkatkankemampuanberpikirkritisberpikirkreatifdanhasilbelajarsiswadenganpeningkatkankemampuanberpikirkritissebesar334%padakelasperlakuandibandingkelaskontrolsedangkanuntukkemampuanberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitifterjadipeningkatansebesar1963%dan2439%.