Pengembangan pembelajaran sains berbasis inkuiri (IBL) terintegrasi Nature Of Science (NOS) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, keterampilan proses sains, penguasaan konsep dan literasi sains siswa SMP / Utaria Mutasam

Main Author: Utaria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/112715/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMutasamUtaria.2019.PengembanganPembelajaranSainsBerbasisInkuiri(IBL)TerintegrasiNatureofScience(NOS)untukMeningkatkanKeterampilanKomunikasiKeterampilanKolaborasiKeterampilanProsesSainsPenguasaanKonsepdanLiterasiSainsSiswaSMP.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si.(II)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.KataKunciPembelajaranSainsInquiryBasedLearningNatureofSciencePembentukanmasyarakatmenjadisumberdayamanusia(SDM)yangberkualitasmenjaditujuanpendidikannasional.SDMyangberkualitasdituntutuntukmenguasaiberbagaiketerampilanabad21salahsatunyamelaluipendidikan.Beberapaketerampilanyangperludikembangkandalamdirisiswamelaluipendidikandiantaranyaketerampilankomunikasiketerampilankolaborasiketerampilanprosessainsdanliterasisains.BeberapaketerampilantersebutdapatdikembangkanmelaluipembelajaransainsberbasisInquiryBasedLearning(IBL)terintegrasiNatureofScience(NOS).Pembelajaransainssejatinyatidakhanyakumpulantentangpengetahuansajanamunsainsdibelajarkansebagaitigahalpentingyaitusebagaiprodukprosesdansikapsehinggatujuanutamapembelajaransainsuntukmendorongsiswaberpikirsecarailmiahmelaluipenyelidikandapattercapai.Pembelajaransainsmasihbanyakmemilikikendaladalampraktiknyaberdasarkanhasilwawancarayangdilakukanpada31Agustus2018terhadapsalahsatuGuruIPAdiSMPLaboratoriumUMmenunjukkanbahwapembelajaranIPAdisekolahtersebutdidominasiolehkegiatanpengerjaanmodulsecaramandiriolehsiswadansiswasangatjarangdiajakuntukpraktikum.Haltersebutmenyebabkankonsepyangdiperolehsiswabukanberasaldarihasilmelakukanpenyelidikannamundarihasilmembacamateriyangterdapatdidalammodul.Berdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadatanggal4dan7September2018dikelasVIIDdiperolehhasilbahwa(1)reratanilaiketerampilankomunikasitergolongrendahterutamadalamaspekkomunikasireseptif(44)danketerampilanmelakukanpresentasi(46)(2)reratanilaiketerampilankolaborasitergolongrendahpadasemuaaspek(54)(3)keterampilanprosessainssiswamasihperluditingkatkanlagiterutamadalamaspekmenginterpretasidatadenganreratanilai47danmenyimpulkandenganreratanilai33(4)Penguasaankonsepsiswamasihrendahterlihatdarinilaiteskemampuanberpikirdenganreratanilai64.SolusiyangditawarkanterkaitbanyaknyakendaladalampembelajaransainstersebutadalahdenganmengembangkanpembelajaransainsberbasisIBLterintegrasiNOSyangakanmenghasilkanperangkatpembelajaranberbasisinkuiridiintegrasikandenganNOS.Pembelajaranyangdikembangkantersebutdiharapkanakanmembuatsiswaterbiasamelakukanpenyelidikandalammempelajarisuatukonsepdansecaraberkelanjutanakanmampumemahamihakikatsainsyangsebenarnya.ModelpengembanganyangdipilihadalahADDIE(analysisdesigndevelopimplementdanevaluate)yangdilakukandariAgustus2018-April2019.PenelitianinidilakukandikelasVIICdanVIIDdengandesainimplementasinonrandomizedcontrolgrouppretest-posttestdesign.UjianalisisdilakukandengananalisiskovariandenganbantuanSPSS25forWindowsyangdidahuluidenganujiKolmogorov-SmirnovdanujiLevene.Berdasarkandatayangdiperolehterlihatbahwaperangkatpembelajaranyangdikembangkanmemilikikriteriakevalidansangatvaliddanlayakuntukdiimplementasikan.SetelahperangkatpembelajarantersebutdiimplementasikannilaipretestdanposttestantarakelaskontroldankelaseksperimenberbedapadaaspekketerampilankomunikasiketerampilankolaborasiketerampilanprosessainspenguasaankonsepliterasisainsdanpemahamanNOSsiswa.Pembelajaranberbasispenyelidikandilakukanmakakegiatantersebutmampumeningkatkaninteraksiantarsiswasehinggaketerampilankomunikasidanketerampilankolaborasisiswadapatdimaksimalkan.Keterampilankomunikasidankolaborasiyangtelahterbentukakanmembuatsiswamengelaborasikonsepyangdidapatsehinggapenguasaankonsepdanliterasisainsmampuberkembangdandapatditingkatkansaatmelakukanpenyelidikandidorongdenganketerlibatanketerampilanprosessains.