Pengembangan pembelajaran sains berbasis inkuiri (IBL) terintegrasi Nature Of Science (NOS) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, keterampilan proses sains, penguasaan konsep dan literasi sains siswa SMP / Utaria Mutasam
Main Author: | Utaria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/112715/ |
ctrlnum |
112715 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/112715/</relation><title>Pengembangan pembelajaran sains berbasis inkuiri (IBL) terintegrasi Nature Of Science (NOS) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, keterampilan proses sains, penguasaan konsep dan literasi sains siswa SMP / Utaria Mutasam</title><creator> Utaria</creator><subject>L Education (General)</subject><description>ABSTRAKMutasamUtaria.2019.PengembanganPembelajaranSainsBerbasisInkuiri(IBL)TerintegrasiNatureofScience(NOS)untukMeningkatkanKeterampilanKomunikasiKeterampilanKolaborasiKeterampilanProsesSainsPenguasaanKonsepdanLiterasiSainsSiswaSMP.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si.(II)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.KataKunciPembelajaranSainsInquiryBasedLearningNatureofSciencePembentukanmasyarakatmenjadisumberdayamanusia(SDM)yangberkualitasmenjaditujuanpendidikannasional.SDMyangberkualitasdituntutuntukmenguasaiberbagaiketerampilanabad21salahsatunyamelaluipendidikan.Beberapaketerampilanyangperludikembangkandalamdirisiswamelaluipendidikandiantaranyaketerampilankomunikasiketerampilankolaborasiketerampilanprosessainsdanliterasisains.BeberapaketerampilantersebutdapatdikembangkanmelaluipembelajaransainsberbasisInquiryBasedLearning(IBL)terintegrasiNatureofScience(NOS).Pembelajaransainssejatinyatidakhanyakumpulantentangpengetahuansajanamunsainsdibelajarkansebagaitigahalpentingyaitusebagaiprodukprosesdansikapsehinggatujuanutamapembelajaransainsuntukmendorongsiswaberpikirsecarailmiahmelaluipenyelidikandapattercapai.Pembelajaransainsmasihbanyakmemilikikendaladalampraktiknyaberdasarkanhasilwawancarayangdilakukanpada31Agustus2018terhadapsalahsatuGuruIPAdiSMPLaboratoriumUMmenunjukkanbahwapembelajaranIPAdisekolahtersebutdidominasiolehkegiatanpengerjaanmodulsecaramandiriolehsiswadansiswasangatjarangdiajakuntukpraktikum.Haltersebutmenyebabkankonsepyangdiperolehsiswabukanberasaldarihasilmelakukanpenyelidikannamundarihasilmembacamateriyangterdapatdidalammodul.Berdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadatanggal4dan7September2018dikelasVIIDdiperolehhasilbahwa(1)reratanilaiketerampilankomunikasitergolongrendahterutamadalamaspekkomunikasireseptif(44)danketerampilanmelakukanpresentasi(46)(2)reratanilaiketerampilankolaborasitergolongrendahpadasemuaaspek(54)(3)keterampilanprosessainssiswamasihperluditingkatkanlagiterutamadalamaspekmenginterpretasidatadenganreratanilai47danmenyimpulkandenganreratanilai33(4)Penguasaankonsepsiswamasihrendahterlihatdarinilaiteskemampuanberpikirdenganreratanilai64.SolusiyangditawarkanterkaitbanyaknyakendaladalampembelajaransainstersebutadalahdenganmengembangkanpembelajaransainsberbasisIBLterintegrasiNOSyangakanmenghasilkanperangkatpembelajaranberbasisinkuiridiintegrasikandenganNOS.Pembelajaranyangdikembangkantersebutdiharapkanakanmembuatsiswaterbiasamelakukanpenyelidikandalammempelajarisuatukonsepdansecaraberkelanjutanakanmampumemahamihakikatsainsyangsebenarnya.ModelpengembanganyangdipilihadalahADDIE(analysisdesigndevelopimplementdanevaluate)yangdilakukandariAgustus2018-April2019.PenelitianinidilakukandikelasVIICdanVIIDdengandesainimplementasinonrandomizedcontrolgrouppretest-posttestdesign.UjianalisisdilakukandengananalisiskovariandenganbantuanSPSS25forWindowsyangdidahuluidenganujiKolmogorov-SmirnovdanujiLevene.Berdasarkandatayangdiperolehterlihatbahwaperangkatpembelajaranyangdikembangkanmemilikikriteriakevalidansangatvaliddanlayakuntukdiimplementasikan.SetelahperangkatpembelajarantersebutdiimplementasikannilaipretestdanposttestantarakelaskontroldankelaseksperimenberbedapadaaspekketerampilankomunikasiketerampilankolaborasiketerampilanprosessainspenguasaankonsepliterasisainsdanpemahamanNOSsiswa.Pembelajaranberbasispenyelidikandilakukanmakakegiatantersebutmampumeningkatkaninteraksiantarsiswasehinggaketerampilankomunikasidanketerampilankolaborasisiswadapatdimaksimalkan.Keterampilankomunikasidankolaborasiyangtelahterbentukakanmembuatsiswamengelaborasikonsepyangdidapatsehinggapenguasaankonsepdanliterasisainsmampuberkembangdandapatditingkatkansaatmelakukanpenyelidikandidorongdenganketerlibatanketerampilanprosessains.</description><date>2019-07-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Utaria (2019) Pengembangan pembelajaran sains berbasis inkuiri (IBL) terintegrasi Nature Of Science (NOS) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, keterampilan proses sains, penguasaan konsep dan literasi sains siswa SMP / Utaria Mutasam. Masters thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>112715</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Utaria |
title |
Pengembangan pembelajaran sains berbasis inkuiri (IBL) terintegrasi Nature Of Science (NOS) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, keterampilan proses sains, penguasaan konsep dan literasi sains siswa SMP / Utaria Mutasam |
publishDate |
2019 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repository.um.ac.id/112715/ |
contents |
ABSTRAKMutasamUtaria.2019.PengembanganPembelajaranSainsBerbasisInkuiri(IBL)TerintegrasiNatureofScience(NOS)untukMeningkatkanKeterampilanKomunikasiKeterampilanKolaborasiKeterampilanProsesSainsPenguasaanKonsepdanLiterasiSainsSiswaSMP.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si.(II)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.KataKunciPembelajaranSainsInquiryBasedLearningNatureofSciencePembentukanmasyarakatmenjadisumberdayamanusia(SDM)yangberkualitasmenjaditujuanpendidikannasional.SDMyangberkualitasdituntutuntukmenguasaiberbagaiketerampilanabad21salahsatunyamelaluipendidikan.Beberapaketerampilanyangperludikembangkandalamdirisiswamelaluipendidikandiantaranyaketerampilankomunikasiketerampilankolaborasiketerampilanprosessainsdanliterasisains.BeberapaketerampilantersebutdapatdikembangkanmelaluipembelajaransainsberbasisInquiryBasedLearning(IBL)terintegrasiNatureofScience(NOS).Pembelajaransainssejatinyatidakhanyakumpulantentangpengetahuansajanamunsainsdibelajarkansebagaitigahalpentingyaitusebagaiprodukprosesdansikapsehinggatujuanutamapembelajaransainsuntukmendorongsiswaberpikirsecarailmiahmelaluipenyelidikandapattercapai.Pembelajaransainsmasihbanyakmemilikikendaladalampraktiknyaberdasarkanhasilwawancarayangdilakukanpada31Agustus2018terhadapsalahsatuGuruIPAdiSMPLaboratoriumUMmenunjukkanbahwapembelajaranIPAdisekolahtersebutdidominasiolehkegiatanpengerjaanmodulsecaramandiriolehsiswadansiswasangatjarangdiajakuntukpraktikum.Haltersebutmenyebabkankonsepyangdiperolehsiswabukanberasaldarihasilmelakukanpenyelidikannamundarihasilmembacamateriyangterdapatdidalammodul.Berdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadatanggal4dan7September2018dikelasVIIDdiperolehhasilbahwa(1)reratanilaiketerampilankomunikasitergolongrendahterutamadalamaspekkomunikasireseptif(44)danketerampilanmelakukanpresentasi(46)(2)reratanilaiketerampilankolaborasitergolongrendahpadasemuaaspek(54)(3)keterampilanprosessainssiswamasihperluditingkatkanlagiterutamadalamaspekmenginterpretasidatadenganreratanilai47danmenyimpulkandenganreratanilai33(4)Penguasaankonsepsiswamasihrendahterlihatdarinilaiteskemampuanberpikirdenganreratanilai64.SolusiyangditawarkanterkaitbanyaknyakendaladalampembelajaransainstersebutadalahdenganmengembangkanpembelajaransainsberbasisIBLterintegrasiNOSyangakanmenghasilkanperangkatpembelajaranberbasisinkuiridiintegrasikandenganNOS.Pembelajaranyangdikembangkantersebutdiharapkanakanmembuatsiswaterbiasamelakukanpenyelidikandalammempelajarisuatukonsepdansecaraberkelanjutanakanmampumemahamihakikatsainsyangsebenarnya.ModelpengembanganyangdipilihadalahADDIE(analysisdesigndevelopimplementdanevaluate)yangdilakukandariAgustus2018-April2019.PenelitianinidilakukandikelasVIICdanVIIDdengandesainimplementasinonrandomizedcontrolgrouppretest-posttestdesign.UjianalisisdilakukandengananalisiskovariandenganbantuanSPSS25forWindowsyangdidahuluidenganujiKolmogorov-SmirnovdanujiLevene.Berdasarkandatayangdiperolehterlihatbahwaperangkatpembelajaranyangdikembangkanmemilikikriteriakevalidansangatvaliddanlayakuntukdiimplementasikan.SetelahperangkatpembelajarantersebutdiimplementasikannilaipretestdanposttestantarakelaskontroldankelaseksperimenberbedapadaaspekketerampilankomunikasiketerampilankolaborasiketerampilanprosessainspenguasaankonsepliterasisainsdanpemahamanNOSsiswa.Pembelajaranberbasispenyelidikandilakukanmakakegiatantersebutmampumeningkatkaninteraksiantarsiswasehinggaketerampilankomunikasidanketerampilankolaborasisiswadapatdimaksimalkan.Keterampilankomunikasidankolaborasiyangtelahterbentukakanmembuatsiswamengelaborasikonsepyangdidapatsehinggapenguasaankonsepdanliterasisainsmampuberkembangdandapatditingkatkansaatmelakukanpenyelidikandidorongdenganketerlibatanketerampilanprosessains. |
id |
IOS13003.112715 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:17:07Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:17:07Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1753004014252851200 |
score |
17.538404 |