Pengembangan pembelajaran sains berbasis inkuiri (IBL) terintegrasi Nature Of Science (NOS) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, keterampilan proses sains, penguasaan konsep dan literasi sains siswa SMP / Utaria Mutasam

Main Author: Utaria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/112715/
ctrlnum 112715
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/112715/</relation><title>Pengembangan pembelajaran sains berbasis inkuiri (IBL) terintegrasi Nature Of Science (NOS) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, keterampilan proses sains, penguasaan konsep dan literasi sains siswa SMP / Utaria Mutasam</title><creator> Utaria</creator><subject>L Education (General)</subject><description>ABSTRAKMutasamUtaria.2019.PengembanganPembelajaranSainsBerbasisInkuiri(IBL)TerintegrasiNatureofScience(NOS)untukMeningkatkanKeterampilanKomunikasiKeterampilanKolaborasiKeterampilanProsesSainsPenguasaanKonsepdanLiterasiSainsSiswaSMP.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si.(II)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.KataKunciPembelajaranSainsInquiryBasedLearningNatureofSciencePembentukanmasyarakatmenjadisumberdayamanusia(SDM)yangberkualitasmenjaditujuanpendidikannasional.SDMyangberkualitasdituntutuntukmenguasaiberbagaiketerampilanabad21salahsatunyamelaluipendidikan.Beberapaketerampilanyangperludikembangkandalamdirisiswamelaluipendidikandiantaranyaketerampilankomunikasiketerampilankolaborasiketerampilanprosessainsdanliterasisains.BeberapaketerampilantersebutdapatdikembangkanmelaluipembelajaransainsberbasisInquiryBasedLearning(IBL)terintegrasiNatureofScience(NOS).Pembelajaransainssejatinyatidakhanyakumpulantentangpengetahuansajanamunsainsdibelajarkansebagaitigahalpentingyaitusebagaiprodukprosesdansikapsehinggatujuanutamapembelajaransainsuntukmendorongsiswaberpikirsecarailmiahmelaluipenyelidikandapattercapai.Pembelajaransainsmasihbanyakmemilikikendaladalampraktiknyaberdasarkanhasilwawancarayangdilakukanpada31Agustus2018terhadapsalahsatuGuruIPAdiSMPLaboratoriumUMmenunjukkanbahwapembelajaranIPAdisekolahtersebutdidominasiolehkegiatanpengerjaanmodulsecaramandiriolehsiswadansiswasangatjarangdiajakuntukpraktikum.Haltersebutmenyebabkankonsepyangdiperolehsiswabukanberasaldarihasilmelakukanpenyelidikannamundarihasilmembacamateriyangterdapatdidalammodul.Berdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadatanggal4dan7September2018dikelasVIIDdiperolehhasilbahwa(1)reratanilaiketerampilankomunikasitergolongrendahterutamadalamaspekkomunikasireseptif(44)danketerampilanmelakukanpresentasi(46)(2)reratanilaiketerampilankolaborasitergolongrendahpadasemuaaspek(54)(3)keterampilanprosessainssiswamasihperluditingkatkanlagiterutamadalamaspekmenginterpretasidatadenganreratanilai47danmenyimpulkandenganreratanilai33(4)Penguasaankonsepsiswamasihrendahterlihatdarinilaiteskemampuanberpikirdenganreratanilai64.SolusiyangditawarkanterkaitbanyaknyakendaladalampembelajaransainstersebutadalahdenganmengembangkanpembelajaransainsberbasisIBLterintegrasiNOSyangakanmenghasilkanperangkatpembelajaranberbasisinkuiridiintegrasikandenganNOS.Pembelajaranyangdikembangkantersebutdiharapkanakanmembuatsiswaterbiasamelakukanpenyelidikandalammempelajarisuatukonsepdansecaraberkelanjutanakanmampumemahamihakikatsainsyangsebenarnya.ModelpengembanganyangdipilihadalahADDIE(analysisdesigndevelopimplementdanevaluate)yangdilakukandariAgustus2018-April2019.PenelitianinidilakukandikelasVIICdanVIIDdengandesainimplementasinonrandomizedcontrolgrouppretest-posttestdesign.UjianalisisdilakukandengananalisiskovariandenganbantuanSPSS25forWindowsyangdidahuluidenganujiKolmogorov-SmirnovdanujiLevene.Berdasarkandatayangdiperolehterlihatbahwaperangkatpembelajaranyangdikembangkanmemilikikriteriakevalidansangatvaliddanlayakuntukdiimplementasikan.SetelahperangkatpembelajarantersebutdiimplementasikannilaipretestdanposttestantarakelaskontroldankelaseksperimenberbedapadaaspekketerampilankomunikasiketerampilankolaborasiketerampilanprosessainspenguasaankonsepliterasisainsdanpemahamanNOSsiswa.Pembelajaranberbasispenyelidikandilakukanmakakegiatantersebutmampumeningkatkaninteraksiantarsiswasehinggaketerampilankomunikasidanketerampilankolaborasisiswadapatdimaksimalkan.Keterampilankomunikasidankolaborasiyangtelahterbentukakanmembuatsiswamengelaborasikonsepyangdidapatsehinggapenguasaankonsepdanliterasisainsmampuberkembangdandapatditingkatkansaatmelakukanpenyelidikandidorongdenganketerlibatanketerampilanprosessains.</description><date>2019-07-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Utaria (2019) Pengembangan pembelajaran sains berbasis inkuiri (IBL) terintegrasi Nature Of Science (NOS) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, keterampilan proses sains, penguasaan konsep dan literasi sains siswa SMP / Utaria Mutasam. Masters thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>112715</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Utaria
title Pengembangan pembelajaran sains berbasis inkuiri (IBL) terintegrasi Nature Of Science (NOS) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, keterampilan proses sains, penguasaan konsep dan literasi sains siswa SMP / Utaria Mutasam
publishDate 2019
topic L Education (General)
url http://repository.um.ac.id/112715/
contents ABSTRAKMutasamUtaria.2019.PengembanganPembelajaranSainsBerbasisInkuiri(IBL)TerintegrasiNatureofScience(NOS)untukMeningkatkanKeterampilanKomunikasiKeterampilanKolaborasiKeterampilanProsesSainsPenguasaanKonsepdanLiterasiSainsSiswaSMP.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si.(II)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.KataKunciPembelajaranSainsInquiryBasedLearningNatureofSciencePembentukanmasyarakatmenjadisumberdayamanusia(SDM)yangberkualitasmenjaditujuanpendidikannasional.SDMyangberkualitasdituntutuntukmenguasaiberbagaiketerampilanabad21salahsatunyamelaluipendidikan.Beberapaketerampilanyangperludikembangkandalamdirisiswamelaluipendidikandiantaranyaketerampilankomunikasiketerampilankolaborasiketerampilanprosessainsdanliterasisains.BeberapaketerampilantersebutdapatdikembangkanmelaluipembelajaransainsberbasisInquiryBasedLearning(IBL)terintegrasiNatureofScience(NOS).Pembelajaransainssejatinyatidakhanyakumpulantentangpengetahuansajanamunsainsdibelajarkansebagaitigahalpentingyaitusebagaiprodukprosesdansikapsehinggatujuanutamapembelajaransainsuntukmendorongsiswaberpikirsecarailmiahmelaluipenyelidikandapattercapai.Pembelajaransainsmasihbanyakmemilikikendaladalampraktiknyaberdasarkanhasilwawancarayangdilakukanpada31Agustus2018terhadapsalahsatuGuruIPAdiSMPLaboratoriumUMmenunjukkanbahwapembelajaranIPAdisekolahtersebutdidominasiolehkegiatanpengerjaanmodulsecaramandiriolehsiswadansiswasangatjarangdiajakuntukpraktikum.Haltersebutmenyebabkankonsepyangdiperolehsiswabukanberasaldarihasilmelakukanpenyelidikannamundarihasilmembacamateriyangterdapatdidalammodul.Berdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadatanggal4dan7September2018dikelasVIIDdiperolehhasilbahwa(1)reratanilaiketerampilankomunikasitergolongrendahterutamadalamaspekkomunikasireseptif(44)danketerampilanmelakukanpresentasi(46)(2)reratanilaiketerampilankolaborasitergolongrendahpadasemuaaspek(54)(3)keterampilanprosessainssiswamasihperluditingkatkanlagiterutamadalamaspekmenginterpretasidatadenganreratanilai47danmenyimpulkandenganreratanilai33(4)Penguasaankonsepsiswamasihrendahterlihatdarinilaiteskemampuanberpikirdenganreratanilai64.SolusiyangditawarkanterkaitbanyaknyakendaladalampembelajaransainstersebutadalahdenganmengembangkanpembelajaransainsberbasisIBLterintegrasiNOSyangakanmenghasilkanperangkatpembelajaranberbasisinkuiridiintegrasikandenganNOS.Pembelajaranyangdikembangkantersebutdiharapkanakanmembuatsiswaterbiasamelakukanpenyelidikandalammempelajarisuatukonsepdansecaraberkelanjutanakanmampumemahamihakikatsainsyangsebenarnya.ModelpengembanganyangdipilihadalahADDIE(analysisdesigndevelopimplementdanevaluate)yangdilakukandariAgustus2018-April2019.PenelitianinidilakukandikelasVIICdanVIIDdengandesainimplementasinonrandomizedcontrolgrouppretest-posttestdesign.UjianalisisdilakukandengananalisiskovariandenganbantuanSPSS25forWindowsyangdidahuluidenganujiKolmogorov-SmirnovdanujiLevene.Berdasarkandatayangdiperolehterlihatbahwaperangkatpembelajaranyangdikembangkanmemilikikriteriakevalidansangatvaliddanlayakuntukdiimplementasikan.SetelahperangkatpembelajarantersebutdiimplementasikannilaipretestdanposttestantarakelaskontroldankelaseksperimenberbedapadaaspekketerampilankomunikasiketerampilankolaborasiketerampilanprosessainspenguasaankonsepliterasisainsdanpemahamanNOSsiswa.Pembelajaranberbasispenyelidikandilakukanmakakegiatantersebutmampumeningkatkaninteraksiantarsiswasehinggaketerampilankomunikasidanketerampilankolaborasisiswadapatdimaksimalkan.Keterampilankomunikasidankolaborasiyangtelahterbentukakanmembuatsiswamengelaborasikonsepyangdidapatsehinggapenguasaankonsepdanliterasisainsmampuberkembangdandapatditingkatkansaatmelakukanpenyelidikandidorongdenganketerlibatanketerampilanprosessains.
id IOS13003.112715
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:17:07Z
last_indexed 2021-11-04T07:17:07Z
recordtype dc
_version_ 1753004014252851200
score 17.538404