Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dipadu Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif biologi dan retensi siswa kelas X SMAN 7 Kota Malang / Warni Makmur
Main Author: | Warni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/112700/ |
Daftar Isi:
- ivRINGKASANMakmurWarni.2019.PengaruhModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)DipaduProblemBasedLearning(PBL)terhadapKeterampilanMetakognitifHasilBelajarKognitifBiologidanRetensiKelasXSMAN7KotaMalang.Tesis.JurusanPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.AloysiusDuranCorebimaM.Pd.(II)Dr.AbdulGofurM.Si.KataKunciTTWPBLTTWdipaduPBLMetakognitifHasilBelajarKognitifRetensiTujuanpenelitianinimengetahuipengaruhmodelpembelajaranTTWPBLdanperpaduankeduanya(TTWdanPBL)padaketerampilanmetakognitifhasilbelajarkognitifdanretensikelasXSMANegeri7Malang.Menggunakanquasieksperimentpretestposttestnon-equivalentgroupdesign.VariabelbebasyaitumodelpembelajaranTTWPBLdanTTWdipaduPBL.Variabelterikatyaituketerampilanmetakognitifhasilbelajarkognitifdanretensi.PopulasipenelitiandiambildarisiswakelasXMIPASMANegeri7KotaMalangpadasemesterpertamatahunajaran2018/2019.Sampelsebanyak4kelas.Setiapmodelpembelajarandiwakiliolehsatukelas.KelasXMIPA2sebagaikelaseksperimenPBLberjumlah34siswakelasXMIPA3sebagaikelaseksperimenTTWberjumlah36siswakelasXMIPA4kelaseksperimenTTWdipaduPBLberjumlah35siswadankelaskontrol(konvensional)XMIPA6berjumlah34siswa.Pengambilandatapadasaatpretestposttestdantesretensi.Ujihipotesismenggunakananalisiskovarian(anakova)padatarafsignifikansi005(p005)dengandataskorpretestposttestdanretensi.SebelumujihipotesisterlebihdahuludilakukanUjinormalitasdenganujiKolmogorov-SmirnovdanujihomogenitasdenganLevenesTestoferrorVariances.Temuanpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranberpengaruhpadaketerampilanmetakognitifhasilbelajarkognitifdanretensi.NilairerataterkoreksiketerampilanmetakognitifdenganmodelTTWdipaduPBLberbedasignifikandenganmodelpembelajaranPBLTTWdanKonvensional.ModelPBLdanTTWkeduanyatidakberbedasignifikannamunberbedasignifikandengankelaskonvensional.NilairerataterkoreksisiswakelasTTWdipaduPBLpalingbesardalammeningkatkanketerampilanmetakognitifsiswasebesar1726%dibandingkandengankelaskonvensionalPencapaianketerampilanmetakognitifkelaskonvensionalsecarasignifikanlebihrendahdarikelasTTWPBLdanTTWdipaduPBL.NilairerataterkoreksihasilbelajarkognitifsiswakelasTTWdipaduPBLpalingbesardalammeningkatkanhasilbelajarkognitifsebesar1230%darikelaskonvensional.PencapaianhasilbelajarkognitifsiswasecarasignifikanlebihrendahdarikelasTTWPBLdanTTWdipaduPBL.PadaretensinilairerataterkoreksisiswakelasTTWdipaduPBLpalingbesardalammeningkatkanretensisiswasebesar363%darikelaskonvensional.PencapaianretensisiswakelaskonvensionalsecarasignifikanlebihrendahdarikelasTTWPBLdanTTWdipaduPBL.Daritemuanpenelitiandisarankanuntukpenelitiandimasadepanuntukmenelitimodelpenelitianinipadajenjangyangberbeda.