Peningkatan hasil belajar IPS melalui model group investigation bagi siswa kelas IV SDN Soso 03 Gandusari Kabupaten Blitar / Murti Rahayu
Main Author: | Rahayu, Murti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103632/ |
Daftar Isi:
- KataKuncihasilbelajarIPSmodelgroupinvestigationHasilobservasiyangpenelitilakukandiSDNSoso03didapatkankenyataanbahwakeberhasilansiswadalampembelajaranIPSdikelasIVmasihterdapatkekurangan.Kekurangannyaterletakdarigurudalampembelajarannyacenderungmenggunakanmetodeceramah.Selainitubukuyangseringdigunakandalampembelajaransiswayaitubukupaketsiswadisinidalammengerjakansoalmelihatjawabandaribukupaketsehinggasiswatidakmendapatpengembanganmateri.Halinimembuatsiswakurangaktifdanpembelajarantidakoptimalberdampakpadahasilbelajarsiswayangmasihdibawahnilaiketuntasanindividu(65%)dannilaiketuntasanklasikal(80%).Siswayangtuntassebanyak6siswadenganprosentase375%siswayangtidaktuntassebanyak10siswadenganprosentase625%.TujuandalampenelitianiniadalahmendeskripsikanpelaksanaanpembelajaranmodelgroupinvestigationdalampembelajaranIPSdanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswadalampembelajaranmodelgroupinvestigation.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakanduasiklus.Masing-masingsiklusmemilikitahapanpenyusunanrencanatindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PenelitiandilaksanakandiSDNSoso03GandusaridengansubyekpenelitianadalahsiswakelasIVTahunPelajaran2010/2011.Pengumpulandatadalampenelitianinidilakukandenganobservasidantes.Teknikanalisisdatadenganmenggunakanbatasketuntasanindividu65%danketuntasanklasikal80%.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelgroupinvestigationdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Dilihatdaripeningkatanyangdiperolehsiswapratindakanrata-ratanya612denganpersentase375%siklusIpertemuan1rata-ratanya63denganpersentase50%pertemuan2rata-ratanya67denganpersentase625%danpertemuan3rata-ratanya71denganpresentase6875%siklusIIpertemuan1rata-ratanya77denganpersentase75%pertemuan2rata-ratanya79denganpersentase825%danpertemuan3rata-ratanya92denganpersentase875%.DarisiklusIsampaidengansiklusIImencapaipeningkatansebesar13%dari16siswayangtuntas14siswadanyangbelumtuntas2siswaKarenamerekadarikeluargayangbrokenhomedanmemilikilatarbelakangkeluargayangtidakberpendidikansehinggakurangperhatiandalambelajar.selainitumotivasidankeinginanuntukberprestasikurang.KesimpulannyabahwadenganmenerapkanmodelgroupinvestigationpadapembelajaranIPSdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarmengenalperkembanganteknologiproduksitransportasidankomunikasisiswakelasIVSDNSoso03Gandusari.DisarankankepadaguruuntukmenerapkanmodelpembelajarangroupinvestigationbaikpadamatapelajaranIPSmaupunpadapembelajaranlainnyasehinggaakanmeningkatkanmutupembelajaran.