Peningkatan hasil belajar IPS melalui model group investigation bagi siswa kelas IV SDN Soso 03 Gandusari Kabupaten Blitar / Murti Rahayu

Main Author: Rahayu, Murti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103632/
Daftar Isi:
  • KataKuncihasilbelajarIPSmodelgroupinvestigationHasilobservasiyangpenelitilakukandiSDNSoso03didapatkankenyataanbahwakeberhasilansiswadalampembelajaranIPSdikelasIVmasihterdapatkekurangan.Kekurangannyaterletakdarigurudalampembelajarannyacenderungmenggunakanmetodeceramah.Selainitubukuyangseringdigunakandalampembelajaransiswayaitubukupaketsiswadisinidalammengerjakansoalmelihatjawabandaribukupaketsehinggasiswatidakmendapatpengembanganmateri.Halinimembuatsiswakurangaktifdanpembelajarantidakoptimalberdampakpadahasilbelajarsiswayangmasihdibawahnilaiketuntasanindividu(65%)dannilaiketuntasanklasikal(80%).Siswayangtuntassebanyak6siswadenganprosentase375%siswayangtidaktuntassebanyak10siswadenganprosentase625%.TujuandalampenelitianiniadalahmendeskripsikanpelaksanaanpembelajaranmodelgroupinvestigationdalampembelajaranIPSdanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswadalampembelajaranmodelgroupinvestigation.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakanduasiklus.Masing-masingsiklusmemilikitahapanpenyusunanrencanatindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PenelitiandilaksanakandiSDNSoso03GandusaridengansubyekpenelitianadalahsiswakelasIVTahunPelajaran2010/2011.Pengumpulandatadalampenelitianinidilakukandenganobservasidantes.Teknikanalisisdatadenganmenggunakanbatasketuntasanindividu65%danketuntasanklasikal80%.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelgroupinvestigationdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Dilihatdaripeningkatanyangdiperolehsiswapratindakanrata-ratanya612denganpersentase375%siklusIpertemuan1rata-ratanya63denganpersentase50%pertemuan2rata-ratanya67denganpersentase625%danpertemuan3rata-ratanya71denganpresentase6875%siklusIIpertemuan1rata-ratanya77denganpersentase75%pertemuan2rata-ratanya79denganpersentase825%danpertemuan3rata-ratanya92denganpersentase875%.DarisiklusIsampaidengansiklusIImencapaipeningkatansebesar13%dari16siswayangtuntas14siswadanyangbelumtuntas2siswaKarenamerekadarikeluargayangbrokenhomedanmemilikilatarbelakangkeluargayangtidakberpendidikansehinggakurangperhatiandalambelajar.selainitumotivasidankeinginanuntukberprestasikurang.KesimpulannyabahwadenganmenerapkanmodelgroupinvestigationpadapembelajaranIPSdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarmengenalperkembanganteknologiproduksitransportasidankomunikasisiswakelasIVSDNSoso03Gandusari.DisarankankepadaguruuntukmenerapkanmodelpembelajarangroupinvestigationbaikpadamatapelajaranIPSmaupunpadapembelajaranlainnyasehinggaakanmeningkatkanmutupembelajaran.