Peningkatan hasil belajar IPS melalui model group investigation bagi siswa kelas IV SDN Soso 03 Gandusari Kabupaten Blitar / Murti Rahayu
Main Author: | Rahayu, Murti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/103632/ |
ctrlnum |
103632 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/103632/</relation><title>Peningkatan hasil belajar IPS melalui model group investigation bagi siswa kelas IV SDN Soso 03 Gandusari Kabupaten Blitar / Murti Rahayu</title><creator>Rahayu, Murti</creator><description>KataKuncihasilbelajarIPSmodelgroupinvestigationHasilobservasiyangpenelitilakukandiSDNSoso03didapatkankenyataanbahwakeberhasilansiswadalampembelajaranIPSdikelasIVmasihterdapatkekurangan.Kekurangannyaterletakdarigurudalampembelajarannyacenderungmenggunakanmetodeceramah.Selainitubukuyangseringdigunakandalampembelajaransiswayaitubukupaketsiswadisinidalammengerjakansoalmelihatjawabandaribukupaketsehinggasiswatidakmendapatpengembanganmateri.Halinimembuatsiswakurangaktifdanpembelajarantidakoptimalberdampakpadahasilbelajarsiswayangmasihdibawahnilaiketuntasanindividu(65%)dannilaiketuntasanklasikal(80%).Siswayangtuntassebanyak6siswadenganprosentase375%siswayangtidaktuntassebanyak10siswadenganprosentase625%.TujuandalampenelitianiniadalahmendeskripsikanpelaksanaanpembelajaranmodelgroupinvestigationdalampembelajaranIPSdanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswadalampembelajaranmodelgroupinvestigation.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakanduasiklus.Masing-masingsiklusmemilikitahapanpenyusunanrencanatindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PenelitiandilaksanakandiSDNSoso03GandusaridengansubyekpenelitianadalahsiswakelasIVTahunPelajaran2010/2011.Pengumpulandatadalampenelitianinidilakukandenganobservasidantes.Teknikanalisisdatadenganmenggunakanbatasketuntasanindividu65%danketuntasanklasikal80%.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelgroupinvestigationdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Dilihatdaripeningkatanyangdiperolehsiswapratindakanrata-ratanya612denganpersentase375%siklusIpertemuan1rata-ratanya63denganpersentase50%pertemuan2rata-ratanya67denganpersentase625%danpertemuan3rata-ratanya71denganpresentase6875%siklusIIpertemuan1rata-ratanya77denganpersentase75%pertemuan2rata-ratanya79denganpersentase825%danpertemuan3rata-ratanya92denganpersentase875%.DarisiklusIsampaidengansiklusIImencapaipeningkatansebesar13%dari16siswayangtuntas14siswadanyangbelumtuntas2siswaKarenamerekadarikeluargayangbrokenhomedanmemilikilatarbelakangkeluargayangtidakberpendidikansehinggakurangperhatiandalambelajar.selainitumotivasidankeinginanuntukberprestasikurang.KesimpulannyabahwadenganmenerapkanmodelgroupinvestigationpadapembelajaranIPSdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarmengenalperkembanganteknologiproduksitransportasidankomunikasisiswakelasIVSDNSoso03Gandusari.DisarankankepadaguruuntukmenerapkanmodelpembelajarangroupinvestigationbaikpadamatapelajaranIPSmaupunpadapembelajaranlainnyasehinggaakanmeningkatkanmutupembelajaran.</description><date>2011-05-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Rahayu, Murti (2011) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model group investigation bagi siswa kelas IV SDN Soso 03 Gandusari Kabupaten Blitar / Murti Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>103632</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Rahayu, Murti |
title |
Peningkatan hasil belajar IPS melalui model group investigation bagi siswa kelas IV SDN Soso 03 Gandusari Kabupaten Blitar / Murti Rahayu |
publishDate |
2011 |
url |
http://repository.um.ac.id/103632/ |
contents |
KataKuncihasilbelajarIPSmodelgroupinvestigationHasilobservasiyangpenelitilakukandiSDNSoso03didapatkankenyataanbahwakeberhasilansiswadalampembelajaranIPSdikelasIVmasihterdapatkekurangan.Kekurangannyaterletakdarigurudalampembelajarannyacenderungmenggunakanmetodeceramah.Selainitubukuyangseringdigunakandalampembelajaransiswayaitubukupaketsiswadisinidalammengerjakansoalmelihatjawabandaribukupaketsehinggasiswatidakmendapatpengembanganmateri.Halinimembuatsiswakurangaktifdanpembelajarantidakoptimalberdampakpadahasilbelajarsiswayangmasihdibawahnilaiketuntasanindividu(65%)dannilaiketuntasanklasikal(80%).Siswayangtuntassebanyak6siswadenganprosentase375%siswayangtidaktuntassebanyak10siswadenganprosentase625%.TujuandalampenelitianiniadalahmendeskripsikanpelaksanaanpembelajaranmodelgroupinvestigationdalampembelajaranIPSdanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswadalampembelajaranmodelgroupinvestigation.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakanduasiklus.Masing-masingsiklusmemilikitahapanpenyusunanrencanatindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PenelitiandilaksanakandiSDNSoso03GandusaridengansubyekpenelitianadalahsiswakelasIVTahunPelajaran2010/2011.Pengumpulandatadalampenelitianinidilakukandenganobservasidantes.Teknikanalisisdatadenganmenggunakanbatasketuntasanindividu65%danketuntasanklasikal80%.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelgroupinvestigationdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Dilihatdaripeningkatanyangdiperolehsiswapratindakanrata-ratanya612denganpersentase375%siklusIpertemuan1rata-ratanya63denganpersentase50%pertemuan2rata-ratanya67denganpersentase625%danpertemuan3rata-ratanya71denganpresentase6875%siklusIIpertemuan1rata-ratanya77denganpersentase75%pertemuan2rata-ratanya79denganpersentase825%danpertemuan3rata-ratanya92denganpersentase875%.DarisiklusIsampaidengansiklusIImencapaipeningkatansebesar13%dari16siswayangtuntas14siswadanyangbelumtuntas2siswaKarenamerekadarikeluargayangbrokenhomedanmemilikilatarbelakangkeluargayangtidakberpendidikansehinggakurangperhatiandalambelajar.selainitumotivasidankeinginanuntukberprestasikurang.KesimpulannyabahwadenganmenerapkanmodelgroupinvestigationpadapembelajaranIPSdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarmengenalperkembanganteknologiproduksitransportasidankomunikasisiswakelasIVSDNSoso03Gandusari.DisarankankepadaguruuntukmenerapkanmodelpembelajarangroupinvestigationbaikpadamatapelajaranIPSmaupunpadapembelajaranlainnyasehinggaakanmeningkatkanmutupembelajaran. |
id |
IOS13003.103632 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:16:37Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:16:37Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752721309808197632 |
score |
17.13294 |