Peningkatan hasil belajar IPS melalui model group investigation bagi siswa kelas IV SDN Soso 03 Gandusari Kabupaten Blitar / Murti Rahayu

Main Author: Rahayu, Murti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/103632/
ctrlnum 103632
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/103632/</relation><title>Peningkatan hasil belajar IPS melalui model group investigation bagi siswa kelas IV SDN Soso 03 Gandusari Kabupaten Blitar / Murti Rahayu</title><creator>Rahayu, Murti</creator><description>KataKuncihasilbelajarIPSmodelgroupinvestigationHasilobservasiyangpenelitilakukandiSDNSoso03didapatkankenyataanbahwakeberhasilansiswadalampembelajaranIPSdikelasIVmasihterdapatkekurangan.Kekurangannyaterletakdarigurudalampembelajarannyacenderungmenggunakanmetodeceramah.Selainitubukuyangseringdigunakandalampembelajaransiswayaitubukupaketsiswadisinidalammengerjakansoalmelihatjawabandaribukupaketsehinggasiswatidakmendapatpengembanganmateri.Halinimembuatsiswakurangaktifdanpembelajarantidakoptimalberdampakpadahasilbelajarsiswayangmasihdibawahnilaiketuntasanindividu(65%)dannilaiketuntasanklasikal(80%).Siswayangtuntassebanyak6siswadenganprosentase375%siswayangtidaktuntassebanyak10siswadenganprosentase625%.TujuandalampenelitianiniadalahmendeskripsikanpelaksanaanpembelajaranmodelgroupinvestigationdalampembelajaranIPSdanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswadalampembelajaranmodelgroupinvestigation.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakanduasiklus.Masing-masingsiklusmemilikitahapanpenyusunanrencanatindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PenelitiandilaksanakandiSDNSoso03GandusaridengansubyekpenelitianadalahsiswakelasIVTahunPelajaran2010/2011.Pengumpulandatadalampenelitianinidilakukandenganobservasidantes.Teknikanalisisdatadenganmenggunakanbatasketuntasanindividu65%danketuntasanklasikal80%.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelgroupinvestigationdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Dilihatdaripeningkatanyangdiperolehsiswapratindakanrata-ratanya612denganpersentase375%siklusIpertemuan1rata-ratanya63denganpersentase50%pertemuan2rata-ratanya67denganpersentase625%danpertemuan3rata-ratanya71denganpresentase6875%siklusIIpertemuan1rata-ratanya77denganpersentase75%pertemuan2rata-ratanya79denganpersentase825%danpertemuan3rata-ratanya92denganpersentase875%.DarisiklusIsampaidengansiklusIImencapaipeningkatansebesar13%dari16siswayangtuntas14siswadanyangbelumtuntas2siswaKarenamerekadarikeluargayangbrokenhomedanmemilikilatarbelakangkeluargayangtidakberpendidikansehinggakurangperhatiandalambelajar.selainitumotivasidankeinginanuntukberprestasikurang.KesimpulannyabahwadenganmenerapkanmodelgroupinvestigationpadapembelajaranIPSdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarmengenalperkembanganteknologiproduksitransportasidankomunikasisiswakelasIVSDNSoso03Gandusari.DisarankankepadaguruuntukmenerapkanmodelpembelajarangroupinvestigationbaikpadamatapelajaranIPSmaupunpadapembelajaranlainnyasehinggaakanmeningkatkanmutupembelajaran.</description><date>2011-05-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Rahayu, Murti (2011) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model group investigation bagi siswa kelas IV SDN Soso 03 Gandusari Kabupaten Blitar / Murti Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>103632</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Rahayu, Murti
title Peningkatan hasil belajar IPS melalui model group investigation bagi siswa kelas IV SDN Soso 03 Gandusari Kabupaten Blitar / Murti Rahayu
publishDate 2011
url http://repository.um.ac.id/103632/
contents KataKuncihasilbelajarIPSmodelgroupinvestigationHasilobservasiyangpenelitilakukandiSDNSoso03didapatkankenyataanbahwakeberhasilansiswadalampembelajaranIPSdikelasIVmasihterdapatkekurangan.Kekurangannyaterletakdarigurudalampembelajarannyacenderungmenggunakanmetodeceramah.Selainitubukuyangseringdigunakandalampembelajaransiswayaitubukupaketsiswadisinidalammengerjakansoalmelihatjawabandaribukupaketsehinggasiswatidakmendapatpengembanganmateri.Halinimembuatsiswakurangaktifdanpembelajarantidakoptimalberdampakpadahasilbelajarsiswayangmasihdibawahnilaiketuntasanindividu(65%)dannilaiketuntasanklasikal(80%).Siswayangtuntassebanyak6siswadenganprosentase375%siswayangtidaktuntassebanyak10siswadenganprosentase625%.TujuandalampenelitianiniadalahmendeskripsikanpelaksanaanpembelajaranmodelgroupinvestigationdalampembelajaranIPSdanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswadalampembelajaranmodelgroupinvestigation.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakanduasiklus.Masing-masingsiklusmemilikitahapanpenyusunanrencanatindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PenelitiandilaksanakandiSDNSoso03GandusaridengansubyekpenelitianadalahsiswakelasIVTahunPelajaran2010/2011.Pengumpulandatadalampenelitianinidilakukandenganobservasidantes.Teknikanalisisdatadenganmenggunakanbatasketuntasanindividu65%danketuntasanklasikal80%.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelgroupinvestigationdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Dilihatdaripeningkatanyangdiperolehsiswapratindakanrata-ratanya612denganpersentase375%siklusIpertemuan1rata-ratanya63denganpersentase50%pertemuan2rata-ratanya67denganpersentase625%danpertemuan3rata-ratanya71denganpresentase6875%siklusIIpertemuan1rata-ratanya77denganpersentase75%pertemuan2rata-ratanya79denganpersentase825%danpertemuan3rata-ratanya92denganpersentase875%.DarisiklusIsampaidengansiklusIImencapaipeningkatansebesar13%dari16siswayangtuntas14siswadanyangbelumtuntas2siswaKarenamerekadarikeluargayangbrokenhomedanmemilikilatarbelakangkeluargayangtidakberpendidikansehinggakurangperhatiandalambelajar.selainitumotivasidankeinginanuntukberprestasikurang.KesimpulannyabahwadenganmenerapkanmodelgroupinvestigationpadapembelajaranIPSdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarmengenalperkembanganteknologiproduksitransportasidankomunikasisiswakelasIVSDNSoso03Gandusari.DisarankankepadaguruuntukmenerapkanmodelpembelajarangroupinvestigationbaikpadamatapelajaranIPSmaupunpadapembelajaranlainnyasehinggaakanmeningkatkanmutupembelajaran.
id IOS13003.103632
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:16:37Z
last_indexed 2021-11-04T07:16:37Z
recordtype dc
_version_ 1752721309808197632
score 17.13294